Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Strategi Paid Promote?

        Apa Itu Strategi Paid Promote? Kredit Foto: Unsplash/dole777
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemasaran melalui media sosial adalah suatu keharusan jika Anda ingin menjangkau audiens baru dengan cepat. Suka atau tidak, jangkauan menggunakan cara organik semakin sulit untuk  dicapai. Hari-hari menjadi viral tanpa sedikit dorongan mungkin akan berlalu selamanya.

        Tentu saja akan menjadi hal yang berat untuk beralih dari strategi media sosial organik ke strategi media sosial berbayar. Jadi, penting bagi Anda untuk memahami semua opsi. Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan kepada Anda apa itu paid promote dan bagaimana cara menggunakan berbagai jenis iklan media sosial untuk mencapai hasil bisnis yang maksimal.

        Mengenal Paid Promote Social Media

        Media sosial berbayar adalah metode pemasaran yang menampilkan iklan atau pesan pemasaran bersponsor di platform media sosial populer, serta menargetkan sub-audiens tertentu. Iklan Pay-Per-Click (PPC), konten review produk yang dihasilkan influencer media sosial, dan iklan bergambar adalah contoh media sosial berbayar.

        Setiap saluran media sosial memiliki karakteristik yang berbeda. Twitter menawarkan konten dalam jumlah yang terbatas, Instagram sangat berfokus pada konten berbasis visual, Facebook memiliki pasarnya sendiri, dan LinkedIn adalah rumah bagi para jaringan profesional. Dengan demikian, pemasaran media sosial berbayar di setiap platform berbeda satu sama lain, dan sangat bergantung pada jenis kampanye dan audiensnya.

        Beriklan di media sosial adalah cara langsung untuk menjangkau audiens yang Anda inginkan. Anda dapat menargetkan pelanggan baru atau pelanggan yang kembali membeli produk Anda. Ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan testing A / B secara langsung. Semua media sosial utama menawarkan opsi periklanan. Namun hal itu tidak berarti Anda harus menggunakan semuanya.

        Saat memilih tempat untuk menempatkan iklan Anda, ada gunanya juga untuk mengetahui jaringan mana yang paling populer dengan target audiens Anda. Di manakah kelompok sasaran Anda paling terlibat, paling terkonsentrasi, dan paling mudah diakses? Menargetkan remaja? TikTok adalah tempat untuk menemukannya. Sementara para orang tua lebih menyukai Facebook.

        Coba lihat media sosial mana yang berkinerja baik secara organik untuk merek Anda. Di mana konten Anda secara alami menarik perhatian pengguna? Ini adalah pilihan yang jelas untuk menjalankan kampanye pemasaran media sosial pertama Anda.

        Lanskap media sosial organik dan berbayar terus berkembang. Banyak media sosial baru yang menjadi terkenal, misalnya TikTok; teknologi baru yang dapat meningkatkan partisipasi pengguna dan konten waktu secara langsung, misalnya Periscope; dan media sosial yang dapat meningkatkan penjualan melalui platform mereka misalnya Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram. Jangkauan organik saat ini menjadi menyusut karena jaringan terkemuka meningkatkan saluran media sosial berbayar mereka untuk memonetisasi investasi platformnya.

        Jika saat era awal media sosial yang terpenting adalah engagement, maka di era baru ini adalah akuisisi dan konversi. Penjualan melalui media sosial telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, tetapi dalam iklim saat ini pertumbuhan itu telah meroket.

        Manfaat Paid Promote Bagi Bisnis Digital

        1. Memperkuat Jangkauan Anda

        Beriklan melalui media sosial memberi brand Anda visibilitas secara instan. Postingan dari teman dan keluarga memiliki pengaruh yang besar, jadi sebuah brand akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas di media sosial, terutama di Facebook. Volume postingan yang banyak akan membuat hubungan dengan audiens Anda menjadi lebih erat.

        Namun, iklan berbayar dijamin akan mendapat tempat di bagian feed media sosial pengguna. Hal ini memberi Anda insight untuk mengarahkan prospek, trafik situs web, serta penjualan bisnis Anda. Untuk mencapai jangkauan yang besar, temukan di mana audiens Anda menghabiskan waktu mereka secara online

        Untuk memaksimalkan strategi ini, selaraskan strategi periklanan media sosial Anda dengan pola perilaku audiens Anda.

        2. Menyesuaikan Anggaran Pemasaran

        Iklan media sosial berbayar adalah cara yang hemat biaya untuk mempromosikan bisnis Anda. Setiap platform menggunakan model Pay-Per-Click (PPC). Artinya, Anda hanya membayar jika pengguna melakukan tindakan yang Anda inginkan.

        Tidak seperti periklanan konvensional, cara ini memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pasar khusus dengan harga diskon. Setelah beberapa siklus iklan, Anda dapat menyempurnakan penargetan untuk mendorong hasil dan ROI yang lebih besar. 

        3. Meningkatkan Penargetan Anda

        Iklan berbayar di media sosial memberi Anda kendali penuh atas siapa yang melihat iklan Anda. Setiap platform menawarkan sejumlah besar parameter penargetan. Di luar aspek dasar demografi pengguna, Anda dapat memilih dari faktor psikologis mereka seperti minat, hobi, tipe kepribadian, dan masih banyak lagi.

        Facebook dapat membantu Anda untuk menargetkan ulang pengguna sosial yang pernah mengunjungi situs web Anda. Cukup install Facebook Pixel di situs Anda dan pengunjung sebelumnya akan melihat iklan perusahaan Anda di news feed mereka.

        4. Meningkatkan Brand Awareness

        Iklan media sosial adalah cara yang hemat biaya untuk menciptakan eksposur brand Anda. Jika bisnis Anda muncul di feed pengguna secara teratur, dengan cepat orang akan mulai mengenali bisnis Anda. Brand awareness akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, serta mendorong keterlibatan dan perilaku pembelian.

        Pertimbangkan kembali bahwa sekitar 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya akun brand terkenal. Dari kelompok mayoritas ini, setidaknya 30% pengguna telah membeli produk yang mereka temukan di Instagram.

        Saat Anda berusaha membangkitkan brand awareness, tayangkan iklan yang informatif dan berkesan kepada pengguna. 

        5. Memaksimalkan Upaya Content Marketing

        Media sosial adalah cara ideal untuk mendistribusikan konten terbaik Anda. Menurut Sprout Social, sebanyak 73,4% pengguna mengikuti suatu brand karena mereka tertarik dengan produk dan layanannya. Kembangkan rasa ingin tahu pengikut akun bisnis Anda dengan konten yang mendidik, sehingga akan mengubah mereka menjadi prospek yang berkualitas.

        Selain itu, konten media sosial akan membantu Anda untuk mengarahkan trafik situs web, meningkatkan engagement di media sosial, serta meningkatkan ROI content marketing Anda.

        Perpaduan garis diagonal, warna, dan citra yang relevan akan menarik perhatian dan mengkomunikasikan nilai yang dibawa bisnis Anda kepada pengguna media sosial. Berinvestasi dalam grafik kustom akan meningkatkan daya pikat aset konten Anda serta memaksimalkan strategi iklan media sosial berbayar Anda.

        Jenis-Jenis Paid Promote Media Sosial

        Strategi media sosial berbayar melibatkan penggunaan alat atau saluran media sosial untuk membuat, menjadwalkan, dan memposting iklan bertarget untuk mencapai pasar yang Anda tuju. Strategi ini mungkin terlihat sedikit berbeda, karena akan disesuaikan berdasarkan platform media sosial yang berbeda.

        Memiliki strategi media sosial berbayar dapat menghemat anggaran pemasaran, jadi kami telah mengumpulkan hal-hal penting yang perlu diketahui tentang penggunaan berbagai platform media sosial.

        Facebook

        Saat beriklan melalui Facebook, sebaiknya gunakan Facebook Ads. Fitur ini dijalankan menggunakan sistem penawaran, yaitu pengiklan menawar sejumlah iklan berdasarkan audiens target mereka. Kemudian, tawaran itu akan dimasukkan ke dalam undian agar mendapat kesempatan untuk dijalankan.

        Selain sistem diatas, Facebook Ads memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada pelanggan berdasarkan perilaku mereka. Ini akan menjadi sangat berguna karena Anda dapat terus beriklan kepada pelanggan Facebook berdasarkan apa yang diberitahukan Facebook tentang penggunaan aplikasi mereka.

        Menggunakan Facebook Ads membantu Anda untuk membangun prospek baru dan menghasilkan brand awareness. Analitik yang diberikan Facebook kepada Anda dapat membuka pintu untuk eksperimen, sehingga coba gunakan format iklan yang berbeda dan lihat apa yang paling menarik minat audiens Anda. Ini mungkin akan menjadi berbeda dari strategi media sosial lainnya.

        Twitter

        Banyak pengguna yang tidak menyadari kehadiran iklan berbayar Twitter. Tweet bersponsor terlihat sangat mirip dengan tweet biasa. Ini adalah hal yang baik; karena berarti iklan tersebut akan mendapatkan perhatian lebih dari pengguna karena iklan tersebut tidak terkesan mencolok seperti iklan di platform media sosial lainnya.

        Mengapa Anda harus menggunakan Twitter Ads? Twitter melaporkan bahwa 41% pengguna membeli suatu produk setelah melihat iklan dalam kurun waktu satu bulan, dan saat menggunakan software iklan mereka, Anda dapat menargetkan iklan ke demografis tertentu.

        Twitter menyediakan pengaturan iklan berdasarkan anggaran Anda, seperti seberapa sering iklan Anda akan dilihat, dan jenis iklan yang akan dijalankan. Twitter memiliki beberapa jenis iklan untuk Anda pilih berdasarkan tujuan pemasaran Anda. 

        Instagram

        Sebanyak 60% orang menemukan produk baru di Instagram, dan mungkin bukan ide yang buruk untuk segera menayangkan iklan di Instagram. Profil bisnis di Instagram berarti Anda dapat mengatur e-commerce dan menjalankan iklan dari akun Instagram Anda.

        Karena Facebook sudah membeli Instagram, jika Anda menjalankan iklan di kedua platform tersebut, maka iklan tersebut dapat dikelola di satu tempat saja (seperti di Facebook), sehingga kampanye pemasaran dapat dijalankan dan dianalisis secara bersamaan.

        Anda perlu menggunakan Instagram Ads karena Instagram menentang perubahan algoritma aplikasi. Jadi, ketika algoritma tersebut berubah dan beberapa postingan mungkin tidak muncul di feed pengguna, iklan Anda akan selalu muncul.

        Dengan menggunakan Instagram Ads, Anda juga dapat memilih anggaran pemasaran Anda, yang berkaitan dengan lamanya iklan tersebut berjalan. Analoginya seperti mengisi tangki bensin, Anda akan mendapatkan jumlah bahan bakar sesuai yang Anda bayarkan, dan di Instagram, iklan Anda dapat berjalan selama Anda membayarnya.

        Dengan begitu banyak gaya visual berbeda yang bisa Anda gunakan di Instagram, ada berbagai cara untuk memanfaatkan media sosial ini, seperti menggunakan gambar atau video.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: