Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Meningkatkan Visibilitas di Media Sosial

        Cara Meningkatkan Visibilitas di Media Sosial Kredit Foto: Unsplash/Rami
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Visibilitas menjadi hal yang sangat penting jika ingin bisnis Anda lebih mencolok di tengah pasar yang sangat kompetitif. Inilah alasannya, makin banyak orang yang mengetahui tentang Anda dan brand Anda, maka produk Anda berpotensi akan cepat laku. Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas Anda adalah dengan memanfaatkan kekuatan media sosial.

        Menurut perkiraan Statista, ada lebih dari 3 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia pada tahun 2021. Dengan jumlah yang begitu mengejutkan, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa brand Anda dapat terlihat? Lebih penting lagi, bagaimana Anda dapat melibatkan dan menarik perhatian orang yang tepat, yaitu calon pelanggan Anda?

        Baca Juga: Apa Itu Brand Visibility?

        Pada artikel ini, saya ingin menyajikan enam tips terbaik untuk meningkatkan visibilitas brand Anda di media sosial.

        1. Pilih platform media sosial yang tepat

        Ada banyak platform media sosial di luar sana yang dapat membantu Anda untuk bisa terhubung dengan target audiens Anda. Namun, tantangannya adalah menemukan platform yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Dalam hal pemasaran media sosial, "lebih" tidak selalu berarti lebih baik. Pilihlah platform yang tepat untuk membangun brand Anda.

        Untuk membantu Anda memulainya, pertama analisis kekuatan dan kelemahan setiap platform. Pertimbangkan demografi basis pengguna aktifnya dan seberapa mudah (atau sulit) untuk mendapatkan konten Anda di feed mereka. Putuskan mana yang dapat membantu Anda membangun komunitas pelanggan setia yang aktif. Jadikan itu titik awal Anda, kemudian terus kembangkan brand Anda dengan lebih aktif di beberapa platform media sosial lainnya.

        Berikut adalah lima platform media sosial yang paling populer:

        Facebook. Tidak dapat disangkal bahwa Facebook tetap menjadi salah satu platform media sosial terbesar dengan 2,23 miliar pengguna aktif setiap bulannya pada tahun 2018. Meskipun industri periklanan Facebook terus berkembang, harga sewa iklannya tetap terjangkau untuk Anda gunakan, menjadikannya titik awal yang menarik untuk membangun brand.

        Twitter. Twitter adalah platform yang bagus untuk berbagi konten yang dapat dikonsumsi dan memicu percakapan yang lebih "hidup". Pelanggan dapat dengan mudah terhubung dengan brand Anda dengan men-tweet tentang pengalaman mereka. Karena itu, Twitter adalah tempat yang nyaman untuk menyediakan layanan pelanggan yang selalu aktif karena dapat membalas tweet dan pesan pelanggan secepat mungkin.

        Instagram. Instagram adalah platform yang sedang populer dan salah satu yang paling menjanjikan, terutama untuk merek dan pemilik bisnis. Karena Instagram adalah platform visual, ini adalah cara kreatif untuk membangun kepribadian brand Anda, mempromosikan produk & layanan Anda, mendapatkan prospek yang tertarik dengan bisnis Anda, dan terhubung dengan pelanggan setia.

        Pinterest. Pinterest adalah perpustakaan visual tempat Anda dapat menemukan ide & inspirasi untuk hampir semua hal, seperti kerajinan DIY, mode, quotes, resep, desain, dekorasi rumah, dan masih banyak lagi. Pinterest bisa menjadi sangat efisien dalam meningkatkan brand visibility jika Anda membuat visual yang memukau untuk mendorong keterlibatan audiens.

        LinkedIn. LinkedIn adalah platform media sosial untuk membangun koneksi jaringan penting, terutama untuk brand yang bergerak di industri B2B. Konten di LinkedIn biasanya berpusat di lingkaran pekerjaan, seperti nasihat karier, kutipan dari pihak profesional, budaya perusahaan, dan banyak lagi.

        2. Buat konten autentik dan berkualitas tinggi

        Untuk berkembang di dunia pemasaran saat ini, harus terus memproduksi konten menarik dan berkualitas tinggi yang lebih mencolok dari yang lain. Dengan kata lain, buatlah sesuatu yang autentik sehingga akan beresonansi kuat dengan audiens Anda.

        Mulailah dengan berfokus pada topik yang berkaitan erat dengan bidang Anda. Gunakan visual yang menarik untuk menarik hati target audiens Anda. Ikuti panduan terbaru dalam mengukur gambar media sosial sehingga konten Anda dapat terlihat bagus di situs media sosial pilihan Anda.

        Anda juga dapat mengandalkan template media sosial yang telah diukur sebelumnya. Beberapa situs menyediakan sejumlah template untuk mempromosikan merek Anda di Facebook atau Instagram.

        3. Upayakan untuk mem-posting konten secara teratur

        Jadwal postingan yang tidak teratur dan tidak konsisten dapat mengakhiri upaya branding media sosial Anda. Jika Anda tidak aktif di media sosial, followers akun Anda berpotensi akan melupakan Anda. (Sebaliknya, ketidakhadiran dan kurangnya membuat postingan mungkin akan membuat mereka berpikir bahwa Anda telah melupakan followers media sosial Anda)

        Jika Anda tidak dapat mem-posting secara konsisten dan teratur, coba gunakan alat penjadwalan. Jadwalkan postingan Anda di waktu yang sesuai, yaitu saat followers Anda sedang sangat aktif. Ini akan memberikan peluang terbaik untuk mendapatkan visibilitas.

        Baca Juga: Apa Itu Branding?

        4. Berikan persona pada brand Anda

        Kepribadian brand Anda adalah bagian yang tidak terpisahkan dari strategi media sosial yang solid. Jadi, kembangkan brand voice Anda. Visualisasikan seperti apa brand Anda seharusnya. Setelah Anda menentukan siapa target audiens Anda, akan lebih mudah untuk mengembangkan persona brand yang sesuai dengan mereka.

        Namun, jika Anda memiliki banyak audiens, Anda harus mengembangkan brand voice yang lebih fleksibel yang dapat berbicara kepada mereka. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan saluran media sosial yang berbeda untuk menargetkan audiens yang berbeda.

        5. Berkolaborasi dengan influencer

        Untuk meningkatkan upaya branding media sosial Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam influencer marketing. Dalam bentuknya yang paling dasar, influencer marketing adalah ketika bisnis atau brand berkolaborasi dengan orang yang berpengaruh di media sosial untuk mempromosikan sebuah brand, produk, atau layanan tertentu.

        Instagram adalah platform yang paling populer untuk influencer media sosial saat ini. Faktanya, sebanyak 78% influencer mengidentifikasi Instagram sebagai platform terbaik untuk dapat berkolaborasi dengan berbagai brand.

        Tidak ada keraguan bahwa bermitra dengan influencer yang menarik akan meningkatkan reputasi brand Anda di dunia online. Ini juga memberi Anda peluang untuk dapat menjangkau lebih banyak prospek, memperoleh pelanggan baru, dan memperkuat rasio konversi Anda secara keseluruhan.

        6. Berinteraksi dengan audiens Anda

        Untuk membangun visibilitas, Anda juga harus berinteraksi secara teratur dengan audiens Anda. Mulailah berinteraksi dengan followers media sosial Anda. Jadilah pembicara yang hebat, jangan hanya menggunakan konten berbasis fakta saja. Sebaliknya, gunakan elemen emosional yang kuat dalam cerita Anda untuk menunjukkan kepada orang-orang tentang informasi seputar brand Anda dan apa yang sebenarnya brand tersebut bisa tawarkan.

        Jadilah pribadi yang menarik dengan memberikan sedikit kesenangan setiap kali Anda berinteraksi dengan pengikut Anda. Gunakan emoji, teks, tagar trending, dan bahasa yang populer di antara mereka. Anda juga dapat menyiapkan survei dan polling untuk mengumpulkan sejumlah informasi penting seperti preferensi, kesukaan, dan tidak sukaan audiens Anda. Ini tidak hanya menjadi hal yang menyenangkan, tetapi juga memberi Anda wawasan berharga tentang pelanggan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: