Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        PBB Akan Kirim Bantuan Ke Irak

        Warta Ekonomi -

        WE Online, AS-Perserikatan Bangsa Bangsa yang sedang menekankan konvoi bantuan lintas batas ke Suriah dari Turki dan Jordan kini meninjau rencana tersebut untuk mengirim bantuan dari Irak, kata pejabat bantuan PBB Rabu (31/7/2014).

        Dewan Keamanan PBB memutuskan bulan ini untuk mengatur pengiriman bantuan tanpa persetujuan pemerintah Suriah dari empat titik penyeberangan untuk membantu jutaan warga sipil di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

        Koordinator bantuan kemanusiaan PBB. Valerie Amos, mengatakan banyak truk-truk bantuan yang harus menyeberang ke Suriah "dalam beberapa hari mendatang" setelah yang pertama konvoi sembilan truk dari Turki menyerahkan bantuan makanan, tempat penampungan, air dan sanitasi pada 24 Juli.

        "Mengingat situasi yang mudah berubah di dekat perbatasan Irak, kami akan meninjau ketika kita dapat mulai menggunakan titik penyeberangan Al-Yarubiyah," kata Amos kepada Dewan Keamanan PBB, seperti yang dilansir dari AFP.

        Para pejuang Negara Islam (IS), yang melancarkan serangan bulan lalu di Irak, kini menguasai pos pemeriksaan perbatasan Al-Yarubiyah.

        Amos mengatakan kepada Dewan bahwa serangan-serangan terhadap warga sipil di Suriah terus melakukan "pelanggaran mencolok dari prinsip-prinsip paling dasar hukum kemanusiaan internasional dan undang-undang hak asasi manusia." Serangan terhadap rumah sakit dan fasilitas medis lainnya pada tingkat tertinggi sejak Desember 2012, katanya.

        Pengiriman bantuan turun pada Juli dengan kedua pemerintah Suriah dan beberapa kelompok oposisi menerapkan pembatasan pada daerah yang mereka kontrol, jelas Amos.

        Lebih dari 10,8 juta warga Suriah membutuhkan bantuan dari total penduduk 22 juta, menurut pejabat PBB, yang telah berulang kali menuduh Damaskus menghambat pengiriman pasokan untuk menyelamatkan nyawa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Annisa Nurfitri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: