Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Merek-Merek Ternama, Raih Penghargaan Brand Choice Award 2021

        Merek-Merek Ternama, Raih Penghargaan Brand Choice Award 2021 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menjadi pilihan konsumen tentu diinginkan oleh setiap brand di Indonesia. Namun perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam aktivitas branding. Kehadiran teknologi digital memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan secara akurat, serta lengkap dengan informasi pembanding antara satu brand dengan lainnya dalam waktu singkat di ranah online. 

        Karena itu penting bagi sebuah brand untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace, mesin pencari, bahkan media sosial untuk menjadi brand pilihan dan direkomendasi oleh konsumennya.  Baca Juga: Kecolongan Dicuri Karyawan Rp2 M, Pendiri Top Brand Lokal Ini Selalu Percaya Rencana Tuhan

        Rawenda, Head of Life Solutions Sales & Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia mengungkapkan, perkembangan digital marketing yang hebat selama 10 tahun terakhir telah menjadi prioritas bagi Panasonic khususnya Pompa Air. Dengan bekerjasama dengan online shop seperti blibli.com, jualelektronik.com, rumahpompaofficial, JD.ID dan beragam online shop membuat Pompa air Pansonic semakin dikenal dan tetap menjadi pilihan untuk konsumen. Baca Juga: Ikut Meriahkan Shopee Brand Day 2021, Enesis Group Bagi-Bagi Diskon Cihuy...

        “Selain itu konten yang informatif dan promo yang menarik lewat social media (Instagram, twitter, facebook, youtube bahkan tiktok) yang kami punya menjadi referensi agar konsumen dapat memilih pompa Panasonic sebagai pilihan utama untuk kebutuhan di rumah,” jelas Rawenda. 

        Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya sebuah brand perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat, kini membangun brand equity bisa menjadi lebih cepat. 

        Kondisi tersebut semakin lengkap dengan kehadiran marketplace yang tidak hanya menyajikan kelengkapan produk, tapi juga memanjakan konsumen melalui tools, seperti pencarian produk, pemberian rating hingga review. Pilihan dan informasi yang disajikan membuat konsumen menjadi lebih mudah menemukan suatu produk dan memilih sebuah brand

        “Harga, review atau ratting serta informasi yang akurat terkait produk adalah velue yang bisa menjadi faktor utama pendorong konsumen untuk memilih dan membeli bahkan merekomendasikan sebuah produk di dunia digital, khususnya e-commerce,” jelas Tri, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/4/2021).

        Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus digital brand monitoring, menginisiasi survei Brand Choice Index, riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan survey digital melalui platform marketplace atau e-commerce.

        Survei Brand Choice Index berdasarkan 3 (tiga) Aspek Penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Survei dilakukan pada bulan Desember 2020 – Februari 2021, terhadap 70 kategori produk dengan lebih dari 500-an brand tersurvei. Selanjutnya, Brand-brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, berhak meraih penghargaan BRAND CHOICE AWARD 2021. 

        Dari hasil survei untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang di survei menunjukkan, 10 kategori dari produk paling banyak dicari di internet adalah; AC dengan (119,6 ribu) pencarian, Bedak Wajah (114,4 ribu), Hand Sanitizer (96,7 ribu), Blender (96,4 ribu), Laptop (86,7 ribu), Micellar Water (74,9 ribu), Mesin Cuci (62,8 ribu), Shampoo (55,3 ribu), Facial Wash (48,7 ribu), dan Printer (47,9 ribu).

        Sementara 10 kategori dengan transaksi terbanyak untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang di survei berdasarkan data official store di dua marketplace adalah; Body Lotion sebanyak (2,03 juta) transaksi, Shampoo (1,3 juta), Sabun Mandi Cair (999,3 ribu), Facial Wash (952,7 ribu), Pasta Gigi (906,1 ribu), Detergen (751,1 ribu), Micellar Water (742,8 ribu), Facial Foam (675,8 ribu), Deodorant (647,2 ribu), dan Bedak Wajah (630,8 ribu). 

        Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain; Panasonic untuk kategori (Pompa Air), Gree (AC), Senka (Facial Foam dan Facial Wash), Miranda (Vitamin Rambut), Blackmores (Vitamin C), Herborist (Face & Body Scrub), VEGER (Power Bank), OXONE (Oven & Microwave), Modena (Water Heater), SHARP (Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Dispenser, Lemari Es, AC, Oven & Microwave, Air Purifier, dan Air Cooler). Selain itu masih ada lagi ratusan brand lainnya yang namanya menjadi pilihan konsumen.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: