Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        HUT Ke-14, Minahasa Tenggara Buktikan Berkembang Pesat

        Warta Ekonomi, Minahasa -

        Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-14 pada 23 Mei 2021. Kabupaten ini adalah salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki perkembangan sangat cepat. Perkembangannya pun masih terjadi meski saat ini di hadapkan dengan bencana non-alam pandemi Covid-19.

        Bupati Kabupaten Mitra, James Sumendap mengungkapkan memasuki usia Ke-14 pada 23 Mei 2021 nanti, sejumlah prestasi berhasil di capai, diantaranya penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan dari pemerintah pusat yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada (22/9/20) diberikan berdasarkan keberhasilan Pemkab Mitra atas Opini Wajar Tanpa Pengucualian (WTP) 5 kali berturut-turut dari BPK dalam pelaporan keuangan tahun 2015-2019.

        Menurut Bupati yang di juluki oleh warga Mitra sebagai Bapak Pembangunan, penghargaan yang diberikan langsung oleh Menkeu Sri Mulyani adalah bukti konsistensi dan kerja keras semua pihak. Penghargaan yang diberikan pemerintah pusat atas keberhasilan 5 kali WTP berturut-turut semua untuk rakyat Mitra.

        “Terima kasih kepada seluruh pejabat, pegawai serta pihak legislative yang sudah bekerja keras mempertahankan keberhasilan dalam system pengelolaan keuangan daerah,” ungkap Bupati Mitra pada (22/9/2020).

        Tidak berhenti disitu, pada 4 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten Mitra kembali meraih penghargaan dari BPK RI atas Opini Wajar Tanpa Pengucualian (WTP). Artinya, jumlah opini WTP untuk Kabupaten Mitra saat ini sebanyak enam kali.

        Terkait turunya angka kemiskinan di Kabupaten Mitra, Kemeterian Dalam Negeri melalui Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, pada Rabu (17/3/2021), menyampaikan apresiasinya jika ada kabupaten atau kota mampu menekan angka kemiskinan di tengah situasi pandemi Covid-19.

        “Sangat luar biasa jika ada Kabupaten atau Kota di Indonesia mampu menekan angka kemiskinan di tengah situasi pandemi Covid-19, Minahasa Tenggara sudah membuktikannya. Pemerintah pusat berharap pengelolaan birokrasi saat ini harus lebih inovatif, efisien dan produktif,” ungkap Akmal kepada media. 

        Khusus Kabupaten Mitra pada 2021 ini, menurut mantan legislator fraksi PDI Perjuagan Provinsi Sulut ini, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dari 6,03 menjadi -0,64. Sedangkan angka pengangguran naik sedikit, dari 13,18 menjadi 13,31, dan angka kemiskinan mengalami penurunan dari 12,78 persen menjadi 12,30 persen.

        “Ini situasi yang cukup berat, pemerintah terus berupaya mendorang semua lapisan untuk bekerjasama untuk keluar dari situasi sulit pandemi Covid-19. Kolaborasi, kerja keras dan tanggung jawab bersama adalah kunci,” ungkap pria kelahiran Minahasa, 4 Januari 1969 ini. 

        James Sumendap juga dikenal sebagai anak dari keluarga petani Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan. Bagi Masyarakat setempat, James Sumendap sukses membawa Minahasa Tenggara sejajar dengan kabupaten dan kota, khususnya di daerah Sulawesi Utara.

        Mantan Duta Besar untuk Filipina Letjen (Purn) Johny Lumintang, Minahasa Tenggara banyak mengalami perkembangan daerah ini sangat luar biasa. Hal yang sama juga disampaikan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

        “Peningkatan infrastruktur di Minahasa Tenggara benar-benar nyata. Lanjutnya, ini kemajuan yang signifikan, Bupati James komitmen atas kemajuan yang terus berjalan ini,” ujar Olly.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: