Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kategori Home and Living Jadi Primadona, UMKM di Tokopedia Sebut Untung Hingga...

        Kategori Home and Living Jadi Primadona, UMKM di Tokopedia Sebut Untung Hingga... Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Selama kuartal I 2021, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibanding kuartal I 2020.

        "Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari," ungkap Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti, Senin (31/5/2021).

        Baca Juga: Muantap! Tokopedia Duduki Posisi Puncak Pemain Retail Terbaik di Indonesia Hinga Asia Tenggara

        Menurutnya, perusahaan menerima permintaan yang cukup tinggi pada kategori tersebut dan berniat menjalin kerja sama dengan UMKM untuk pemenuhan produk.

        "Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong kami terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal-yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur, hingga pertukangan-melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021," lanjutnya.

        Home Living SALEbrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia.

        Setelah mengawali bisnis sebagai reseller, Indah Catur Agustin akhirnya mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 yang menjual beragam produk seprai berkualitas dengan harga terjangkau. Indah mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada 2017.

        "Kini 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp900 juta," klaim Indah.

        Didirikan pada 2018 oleh Giovanno Warli, Dekornata merupakan bisnis lokal yang berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel, dan dekorasi rumah.

        Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan. "Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat," tambah Giovanno.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: