Perekonomian Nasional Mulai Bangkit, Pengamat: Swasta dan Komunitas Juga Harus Berpartisipasi
Aktivitas perekonomian Indonesia mulai kembali bergerak setelah sebelumnya terpuruk akibat serangan pandemi. Pemerintah gencar menerapkan berbagai kebijakan yang akan meningkatkan kondisi perekonomian nasional termasuk upaya membangkitkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Namun, Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Zakir Machmud, mengatakan bahwa pelaku swasta dan komunitas juga harus berpartisipasi dalam upaya membangkitkan UMKM.
Baca Juga: Jabar-Shopee Bangun UMKM Center di 5.312 Desa
"Jangan terlalu mengandalkan pemerintah karena kapasitas pemerintah juga terbatas. Jadi ada partisipasi juga dari pihak lain, dalam hal ini swasta dan komunitas," jelas Zakir saat dihubungi Warta Ekonomi, Jumat (4/6/2021).
Partisipasi swasta dan komunitas dapat dilakukan dengan beragam cara. Misalnya, kolaborasi atau kemitraan antara pelaku swasta dan UMKM. Dalam hal ini, UMKM dapat membantu production network supply chain pelaku swasta. Kemudian, perusahaan bisa menyediakan tempat berjualan di kantin untuk diisi oleh UMKM. Kolaborasi ini juga memberikan kemungkinan UMKM bertindak sebagai supplier atau retailer.
"Jadi bisa si perusahaan butuh supplier dari UMKM atau produk perusahaan besar dipasarkan melalui UMKM," kata Zakir.
Berikutnya, hal yang mungkin untuk dilakukan oleh pelaku swasta adalah dengan menciptakan program-program yang akan mendukung pengembangan UMKM seperti program Corporate Social Responsibility (CSR) atau pelatihan kemampuan digital untuk para pelaku UMKM. Mengingat situasi pandemi yang makin mempercepat proses digitalisasi, Zakir menilai pelaku swasta dapat membantu UMKM dari aspek tersebut.
Akan tetapi, Zakir menyadari bahwa situasi pandemi ini pun juga menyulitkan para pelaku swasta. "Saya sadar swasta juga sedang sulit. Jadi, yang menurut saya bisa dilakukan adalah kolaborasi dalam bentuk kemitraan," ujar Zakir.
Kemudian, cara lain yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan UMKM adalah dengan menciptakan pasar atau market. Saat ini, perekonomian nasional mulai kembali bergerak sehingga yang dibutuhkan oleh UMKM adalah pasar bagi bisnis mereka.
Zakir menekankan, hal ini tidak hanya dapat dilakukan oleh swasta, tetapi juga komunitas. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu menciptakan pasar untuk produk-produk UMKM.
"Misalnya melalui gerakan-gerakan seperti bangga buatan nasional atau bisa juga bantu produk teman dan beli produk lokal. Itu membantu menciptakan pasar untuk UMKM," tuturnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum