Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Drip Marketing?

        Apa Itu Drip Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Serangkaian email otomatis bisa dikirim ke sejumlah pengguna yang telah melakukan tindakan tertentu. Untuk segala tindakan apa pun, Anda dapat memilih berapa banyak email yang akan dikirim dan begitu pula dengan tingkat pengirimannya. Email ini dapat dipersonalisasi dengan data pendukung seperti nama kontak dan referensi spesifik untuk setiap tindakan yang mereka ambil.

        Anda bisa menggunakan kampanye drip marketing ke seseorang yang mendaftar untuk layanan online yang Anda sediakan, misalnya. Atau, Anda dapat mengirim kampanye drip marketing kepada orang-orang yang menambahkan item ke keranjang online mereka tanpa membelinya. Kali ini, kita akan membahas mengenai drip marketing beserta cara menggunakannya bagi bisnis Anda.

        Baca Juga: Apa Itu Display Advertising?

        Definisi Drip Marketing

        Drip marketing, seperti yang telah disebutkan di atas, adalah kumpulan email otomatis yang keluar berdasarkan garis waktu atau tindakan pengguna tertentu. Metode ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan sekelompok orang berdasarkan peristiwa, seperti ketika pengguna mendaftar untuk sebuah akun e-commerce atau seberapa sering pengguna itu mengunjungi situs web milik Anda.

        Setiap kali drip email dikirim, itu berasal dari antrean email yang sudah ditulis sebelumnya, jadi Anda tidak perlu menulis dan mengirim email satu per satu secara manual. Email ini bahkan dapat dipersonalisasi dengan nama kontak Anda, info perusahaan, dan masih banyak lagi.

        Sederhananya, drip marketing adalah bagaimana caranya memberi orang informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Jika seseorang baru saja berlangganan buletin blog Anda, misalnya, kampanye drip marketing dapat langsung mengirim email selamat datang, dan dua hari kemudian, email ini bisa menunjukkan beberapa konten Anda yang paling banyak dibaca.

        Atau jika calon pelanggan telah melihat-lihat halaman "peningkatan akun versi premium" Anda selama beberapa minggu, tetapi belum mulai berlangganan, kampanye drip marketing dapat mengirimi mereka email seperti lima alasan dan manfaat untuk membeli paket premium dari Anda. Keberhasilan drip email bisa terjadi secara otomatis berdasarkan pemicu dan segmen pengguna yang Anda tentukan.

        Apa Peran Drip Marketing bagi Bisnis?

        Kampanye drip marketing dirancang untuk dapat menjangkau dengan pesan yang telah ditargetkan untuk seseorang pada waktu yang tepat. Karena ini adalah email otomatis—seperti pesan selamat datang, ucapan selamat ulang tahun, dan pemberitahuan pesanan—email ini dapat bekerja untuk bisnis Anda, sementara Anda bisa fokus untuk mengerjakan hal lain.

        Kampanye drip marketing secara otomatis memudahkan Anda untuk terhubung dengan orang yang tepat pada saat yang tepat—tanpa harus melakukan pekerjaan setiap saat. Dengan dipicu oleh tanggal atau tindakan, ada banyak contoh kampanye drip marketing yang dapat berhasil untuk bisnis Anda.

        Drip email ini dapat menemani setiap pelanggan potensial melalui jalur penjualan Anda. Mulai dari email sambutan, kampanye pemeliharaan prospek, dan saat pengguna memasukkan item ke keranjang belanja hingga menawarkan rekomendasi produk terbaru milik Anda.

        Cara Mengatur Kampanye Drip Marketing

        Drip marketing adalah teknik pemasaran yang selalu aktif dan terus mempertahankan pemasaran, pemeliharaan, dan penjualan yang penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Ikuti 5 langkah berikut untuk menyiapkan dan mengelola kampanye drip marketing Anda:

        1. Pilih pemicu Anda. Tindakan atau tanggal spesifik apa yang akan menjadi dasar kampanye drip marketing Anda?

        2. Identifikasi audiens Anda. Misalnya, apakah kampanye drip marketing seputar "pembelian pertama" Anda akan ditujukan kepada semua anggota audiens baru, atau hanya mereka yang pembeliannya telah berakhir;

        3. Buat pesan Anda untuk setiap email. Email kampanye drip marketing Anda tidak perlu panjang, tetapi pasti harus konsisten dengan brand Anda;

        4. Ukur dan sesuaikan berdasarkan kinerja. Pengukuran yang tepat untuk setiap kampanye Anda akan didasarkan pada jenis email yang Anda kirim, audiensnya, dan faktor lainnya. Pantau cara kerja berbagai email Anda, rasio klik dan rasio konversinya, dan bersiaplah untuk membuat penyesuaian berdasarkan apa yang Anda pelajari;

        5. Pertahankan drip email Anda. Salinan yang Anda gunakan mungkin suda kedaluwarsa saat penawaran Anda berkembang; tinjau kembali semua kampanye drip marketing Anda secara berkala untuk memastikannya tidak basi dan tetap relevan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: