Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Negara Lain Bisa Tengok! Barbados Tawarkan Pelajaran Penghapusan Utang dalam Krisis, Caranya...

        Negara Lain Bisa Tengok! Barbados Tawarkan Pelajaran Penghapusan Utang dalam Krisis, Caranya... Kredit Foto: Wikimedia Commons/CaribDigita
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tidak akan lagi. Itulah pentingnya bahwa pada bulan Juli 1944 mengirim delegasi dari 44 negara untuk bertemu di Bretton Woods, New Hampshire, untuk merombak sistem ekonomi internasional pascaperang.

        Karena krisis virus corona, kita sekali lagi berada pada titik ketika para pemimpin global harus bertanya apa yang dapat mereka lakukan untuk memastikan bahwa kita tidak akan pernah lagi menderita kehilangan nyawa dan mata pencaharian yang sama dari bencana global. Satu proposal yang hilang dari tabel adalah untuk peredam kejut yang sangat dibutuhkan karena risiko seperti perubahan iklim dan penurunan keanekaragaman hayati semakin meningkat.

        Baca Juga: Bikin Geleng Kepala! Negara Ini Catatkan Rasio Utang Tertinggi Ketiga di Dunia, Persentasenya...

        Ketika pandemi pertama kali melanda, para Pemimpin G20, yang mewakili beberapa ekonomi terbesar, dengan cepat muncul dengan inisiatif penangguhan layanan utang (Debt Service Suspension Initiative/DSSI), untuk menutupi utang resmi negara-negara miskin.

        Di bawah aturan Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) yang diikuti oleh Bank Dunia dan anggota OECD, negara-negara miskin dengan produk domestik bruto per kapita kurang dari $1.185 per tahun memenuhi syarat untuk mendapatkan pembiayaan konsesional —pinjaman yang diberikan dengan persyaratan yang lebih lunak daripada oleh pasar.

        DSSI dengan cepat menyetujuinya, tetapi tidak memadai untuk skala dan jangkauan krisis. Globalisasi telah berkontribusi pada konvergensi pendapatan antar negara tetapi perbedaan di dalamnya.

        Saat ini, lebih dari 75 persen orang miskin dunia tinggal di negara-negara dengan PDB per kapita di atas $1.185, sehingga tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dana konsesi. Namun negara-negara bagian ini tidak memiliki ruang fiskal atau moneter untuk mengatasi pandemi atau bencana alam dan melindungi orang miskin mereka. Ancaman bencana terhadap solvabilitas mereka mempersempit ruang itu lebih jauh.

        Dari 20 negara dengan kontraksi PDB paling signifikan selama tahun 2020, hanya Kirgistan yang memenuhi syarat untuk DSSI. Inisiatif ini menawarkan likuiditas hingga $12 miliar ke negara-negara termiskin, tetapi negara-negara berkembang yang tidak memenuhi syarat harus memenuhi lebih dari $1 triliun pembayaran utang pada akhir tahun 2021, hampir dua pertiganya ditujukan kepada kreditur swasta.

        Perbedaan antara bantuan yang ditawarkan dan likuiditas yang dibutuhkan di negara-negara ini harus diatasi agar dunia lebih tangguh ketika bencana berikutnya melanda.

        Selama restrukturisasi utang pada 2018-2019, Barbados menukar utang lama dengan sekitar $5 miliar obligasi negara dengan klausul bencana alam dan sekarang menjadi penerbit terbesar obligasi tersebut.

        Di bawah gaya klausul ini, ketika sebuah organisasi independen, seperti Organisasi Kesehatan Dunia atau badan meteorologi, menyatakan bahwa bencana alam telah terjadi, pembayaran utang segera ditangguhkan selama dua tahun, dengan pembayaran ditambahkan kembali pada akhir jangka waktu. dari pinjaman atau obligasi.

        Jika semua peminjam telah menerbitkan obligasi dengan klausul gaya Barbados selama pandemi, maka lebih dari $1 triliun dalam pembayaran utang akan tersedia bagi negara-negara berkembang untuk memerangi Covid-19.

        Obligasi domestik Barbados telah diperdagangkan selama kurang lebih dua tahun dan obligasi internasional selama dua belas bulan. Tidak ada bukti bahwa utangnya diperdagangkan dengan diskon dibandingkan dengan negara-negara dengan peringkat kredit serupa yang tidak memiliki klausul ini —beberapa tanda sebaliknya.

        Tetapi bagi sebagian besar negara berkembang, alternatif untuk pengaturan likuiditas otomatis, dapat diprediksi, dan ditentukan sebelumnya dalam pergolakan bencana yang menghancurkan PDB adalah penjadwalan ulang pembayaran utang yang berantakan.

        Tiga penyesuaian diperlukan untuk memaksimalkan manfaat klausa bencana dan mendukung adopsi universalnya.

        Pertama, mereka harus “NPV (net present value)-netral”. Waktu memiliki nilai, yang tercermin dalam tingkat bunga, dan ketika debitur melakukan pembayaran yang hilang nanti, mereka perlu disesuaikan dengan tingkat bunga untuk memastikan bahwa kreditur tidak lebih buruk. Jika tidak, mereka secara implisit akan menulis asuransi terhadap bencana. Dan ketika perubahan iklim meningkat, mereka tidak akan mau melakukan itu.

        Kedua, klausa harus “strip-able”, menciptakan pasar dalam transformasi kedewasaan. Jika bank tidak ingin mengalami kerugian likuiditas dalam suatu bencana, bank dapat menukar klausulnya dengan asuransi jiwa atau dana pensiun yang memiliki likuiditas jangka pendek tetapi menginginkan aset jangka panjang.

        Akhirnya, pandemi perlu dimasukkan secara eksplisit. Klausa bergaya barbados hanya mencakup peristiwa di luar kendali negara yang dapat diumumkan dalam beberapa jam —atau bahkan sebelum— mereka terkena.

        Jika negara-negara G20 berkomitmen untuk mengadopsi klausul bencana alam ala Barbados, otomatis akan ada seratus kali lebih banyak likuiditas untuk menghadapi krisis global berikutnya, memberi negara-negara berkembang kemampuan untuk bernapas.

        Ini tidak hanya akan cocok dengan skala dan kecepatan bencana di masa depan, tetapi tidak akan ada cara yang lebih baik untuk memaksimalkan skala partisipasi dalam respons krisis.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: