Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Senjata Termobarik, Cara Mengerikan Rusia yang Bisa Melelehkan Tentara dalam Perang

        Senjata Termobarik, Cara Mengerikan Rusia yang Bisa Melelehkan Tentara dalam Perang Kredit Foto: 19FortyFive
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        TOS-1 Buratino adalah sistem peluncur roket multipel self-propelled Rusia (MRLS) unik yang telah beraksi di titik-titik global seperti Afghanistan, Chechnya, Irak, dan Suriah. Seperti mortar, self-propelled 2S4 240-milimeter yang sangat besar, spesialisasi TOS-1 adalah melenyapkan posisi yang dijaga ketat.

        Meskipun beberapa di antaranya dapat ditemukan di benteng pemberontak pedesaan dan gua-gua yang dibentengi, mereka sering digunakan di lingkungan perkotaan yang padat. Ini mendapatkan reputasi buruk yang unik karena efek mengerikan dari hulu ledak bahan bakar-udara.

        Baca Juga: Militer Amerika Tidak Siap dengan Serangan Perang 'Swarm' Rezim Kim Jong-un, Apa Maksudnya?

        Singkatnya, ini adalah salah satu senjata peledak paling dahsyat selain senjata nuklir taktis, sebagaimana dilansir 19FortyFive.com, Jumat (2/7/2021).

        Bahan Peledak Udara-Bahan Bakar

        TOS singkatan dari "heavy flame thrower," yang hanya akurat dalam arti harfiah: alih-alih memproyeksikan aliran bensin kental, TOS-1 meluncurkan roket yang membawa bahan peledak udara-bahan bakar (FAE).

        Ini pertama kali digunakan oleh Amerika Serikat (AS) dalam Perang Vietnam karena napalm tidak cukup merusak. Amunisi napalm menyebarkan cairan lengket dan menyala di area yang luas.

        Sebaliknya, bahan peledak bahan bakar-udara meledakkan udara itu sendiri: bahan peledak kecil di dalam amunisi FAE menyebarkan awan kimia di udara melalui efek aerosol. Awan gas merembes dengan mudah ke dalam bangunan dan gua, dan turun ke parit celah. Sebuah ledakan sekunder kemudian menyulut awan, menyebabkan ledakan besar dan tahan lama.

        Sementara panas yang dihasilkan oleh FAE menyebabkan luka bakar mematikan dalam radius yang luas (kira-kira dua ratus kali tiga ratus meter), tekanan berlebih yang diciptakan oleh pembakaran udara secara tiba-tiba bahkan lebih mematikan. Ledakan api menciptakan vakum oksigen parsial yang membunuh dan melukai dalam berbagai cara aneh dan tidak dapat dikurangi dengan pelindung tubuh atau penutup keras.

        Tekanan yang dihasilkan oleh ledakan TOS-1 berjumlah 427 pon per inci persegi—sebagai perbandingan, sebagian besar ledakan bom konvensional menghasilkan kira-kira setengah dari jumlah itu, dan tekanan udara biasa adalah empat belas pon per inci persegi. Korban di dekat pusat radius ledakan TOS-1 dihancurkan sampai mati.

        Lebih jauh, tekanan berlebih dapat mematahkan tulang, terkilir mata, menyebabkan pendarahan internal, dan pecahnya gendang telinga, usus dan organ dalam lainnya. Itu juga menyedot udara dari paru-paru korban, mungkin menyebabkan mereka pingsan, menyebabkan kematian karena mati lemas.

        AS adalah yang pertama menggunakan bahan peledak bahan bakar-udara dalam Perang Vietnam, menjatuhkannya melalui udara untuk membersihkan zona pendaratan helikopter dan ladang ranjau, dan kemudian menyebarkannya sebagai senjata ofensif.

        Pada tahun 2002, mencoba untuk memburu Osama bin Laden di pegunungan terjal Tora Bora, pesawat AS mengerahkan hulu ledak termobarik pada peluru kendali presisi. Hulu ledak akan menyedot oksigen keluar dari gua tempat para pejuang Taliban bersembunyi.

        Uni Soviet mengadopsi senjata tak lama setelah AS melakukannya, menggunakannya dalam pertempuran perbatasan melawan Cina pada tahun 1969, dan menggunakan FAE baik yang dijatuhkan dari udara maupun yang diluncurkan dari darat dalam skala besar dalam perang di Chechnya. Proliferasi sistem TOS-1 melalui zona konflik global (rinci di bawah) memastikan mereka akan terus digunakan dalam pertempuran.

        Tank Peluncur Roket

        Sebagian besar senjata artileri Rusia menggunakan sasis kendaraan lapis baja ringan seperti kapal induk lapis baja MTLB. TOS-1 berbobot empat puluh enam ton, di sisi lain, menggunakan lambung tank T-72 yang jauh lebih berat.

        Ada alasan bagus: model TOS-1 asli hanya memiliki jangkauan sekitar tiga kilometer, yang berarti harus menahan tembakan musuh dari semua jenis sistem senjata musuh.

        TOS-1 memasang unit peluncuran dengan tiga puluh tabung roket berdiameter 230 milimeter. Keunggulan unit peluncuran inilah yang membuatnya diberi nama Buratino, karakter mirip Pinokio berhidung panjang dalam cerita anak-anak.

        Roket dapat ditembakkan secara individual atau ditembakkan secara massal dalam waktu enam hingga dua belas detik. Kendaraan ini juga memasang komputer penargetan dan pencari jarak laser.

        Dua jenis roket dilengkapi: roket dengan hulu ledak pembakar konvensional, dan bahan peledak udara yang dibahas di atas. Ukuran roket yang tipis berarti bahwa TOS-1 tidak memerlukan satu tetapi dua kendaraan reload TZM-T—truk segala medan yang dilengkapi derek—masing-masing membawa muatan roket tambahan penuh.

        Kendaraan TOS-1 tidak memiliki tandingan nyata yang digunakan oleh militer Barat. Meskipun ada semua jenis sistem peluncuran roket ganda yang digunakan, seperti M142 HIMARS yang digunakan oleh Angkatan Darat AS untuk membombardir ISIS di Irak, semuanya adalah senjata lapis baja ringan yang ditujukan untuk tembakan tidak langsung jarak jauh.

        Lebih jauh lagi, artileri roket semacam itu biasanya bergantung pada munisi tandan atau hulu ledak berdaya ledak tinggi konvensional, bukan amunisi pembakar. Angkatan Darat Rusia, bagaimanapun, memiliki Sistem Roket Peluncuran Berganda jarak jauh seperti Smerch dan Uragan, yang mampu menggunakan hulu ledak pembakar. AS menggunakan hulu ledak termobarik dalam sistem portabel-manusia yang lebih kecil serta amunisi yang diluncurkan dari udara yang lebih besar.

        Mulai tahun 2001, kendaraan TOS-1A Solntsepek (Burning Sun) baru mulai beroperasi, dengan jangkauan enam kilometer. Ini adalah jarak yang cukup jauh untuk memungkinkannya menembak di luar tembakan pembalasan dari sebagian besar senjata antitank.

        Kendaraan baru ini juga dilengkapi dengan komputer balistik yang ditingkatkan. Karena menembakkan roket sembilan puluh kilogram yang lebih berat, jumlah tabung peluncuran dikurangi menjadi dua puluh empat.

        TOS-1 dan -1A diintegrasikan ke dalam batalyon Nuclear Biological Chemical (NBC) Rusia. Unit-unit ini juga menggunakan peluncur roket portabel portabel RPO-A Shmel' (Bumblebee) yang menembakkan muatan termobarik sembilan puluh milimeter yang lebih kecil hingga jangkauan 1.000 meter, atau 1.700 meter menggunakan tipe terbaru. Ini dimaksudkan sebagai senjata penghancur bunker, karena hulu ledak termobarik sangat efektif terhadap struktur dan penghuninya.

        Jejak Kehancuran

        Penggunaan tempur pertama dari TOS-1 Buratino tercatat antara 1988 dan 1989 melawan pemberontak Afghanistan di medan kasar Lembah Panjshir. Namun, pada tahun 1999, tahun yang sama ketika TOS-1 pertama kali diungkapkan kepada publik, TOS-1 pertama kali membuat nama untuk dirinya sendiri dalam pengepungan ibukota Chechnya, Grozny.

        Setelah mengalami kerugian yang mengerikan mencoba menyerang pusat Grozny selama Perang Chechnya pertama, untuk perang kedua Tentara Rusia mengepung kota dengan artileri berat dan tank. Kemudian mengirim tim infanteri kecil untuk menyelidiki bek Chechnya.

        Begitu orang-orang Chechen melepaskan tembakan, artileri yang mengelilingi kota akan menghancurkan blok-blok kota tempat api berasal. TOS-1 memainkan peran utama dalam pemboman ini, dan juga dihargai karena menciptakan ledakan yang dapat meledakkan ranjau dan jebakan yang ditinggalkan oleh para pejuang Chechnya.

        Penggunaan TOS-1 untuk membasmi blok-blok kota di Grozny menimbulkan sejumlah keluhan tentang kerusakan jaminan. Dalam satu insiden, serangan menewaskan tiga puluh tujuh penduduk setempat dan melukai lebih dari dua ratus orang. Pada saat pertempuran berakhir, kota itu telah menjadi gurun.

        Setidaknya empat TOS-1 dijual ke Irak pada tahun 2014, dan mereka pertama kali terlihat memasuki aksi melawan ISIS dalam pertempuran untuk Jurf al-Sakhar pada tahun 2014. Pertempuran itu merupakan kemenangan bagi milisi Syiah Irak, meskipun berapa banyak TOS- 1s berkontribusi untuk itu tidak jelas. Rekaman video kemudian menunjukkan roket TOS-1 yang menembakkan riak pada sasaran di dekat Baiji, Irak.

        TOS-1A juga diberikan kepada Tentara Arab Suriah, yang mengerahkan mereka melawan berbagai pemberontak Suriah. Sebagian besar rekaman yang dirilis tampaknya menggambarkan pemboman daerah pedesaan seperti pegunungan di sekitar Latakia, daripada lokasi dalam kota.

        Namun, unit TOS-1 tercatat digunakan dalam persiapan untuk serangan terhadap kota Hama, dan Juni ini, pejuang oposisi memposting video yang tampaknya menunjukkan penghancuran TOS-1 di dekat Hama oleh rudal antitank jarak jauh. Ini menyoroti bagaimana kebutuhan untuk menyebarkan TOS-1 jarak pendek lebih dekat ke garis depan membuatnya rentan terhadap senjata semacam itu.

        TOS-1 juga terlihat oleh OSCE yang beroperasi di area pelatihan pemberontak di Luhansk di Ukraina timur pada tahun 2015. Ukraina tidak mengoperasikan TOS-1, jadi kendaraan tersebut harus berasal dari Rusia.

        Tidak ada rekaman TOS-1 yang benar-benar menembakkan roket di Ukraina, tetapi pemerintah Ukraina mengklaim mereka digunakan dalam pemboman artileri yang meratakan Bandara Internasional Donetsk, memaksa pasukan Ukraina untuk mundur pada Januari 2015. Namun, sistem artileri kuat lainnya, termasuk Mortir 2S4, diketahui telah digunakan dalam pengepungan itu.

        Salah satu zona perang yang kurang dikenal yang melibatkan TOS-1 adalah konflik jangka panjang antara Azerbaijan dan Armenia atas Nagorno-Karabakh. Rusia telah menjual TOS-1A ke kedua belah pihak dalam konflik: Azerbaijan memiliki delapan belas dan Armenia dijual dalam jumlah yang tidak ditentukan.

        Media Armenia melaporkan tahun ini bahwa TOS-1A Azerbaijan hancur dalam pertempuran pada bulan April setelah menembakkan roket ke posisi separatis Karabakh. Kedua belah pihak mengklaim yang lain memprakarsai pertempuran.

        Apakah senjata yang menyebarkan amunisi bahan bakar-udara secara inheren tidak manusiawi? Sementara ada perdebatan apakah satu cara membunuh dan melukai manusia dalam perang secara inheren lebih tidak dapat diterima daripada yang lain dan harus dilarang, kekhawatiran yang lebih dekat dengan senjata FAE yang lebih berat yang menciptakan ledakan sangat besar adalah bahwa senjata itu secara inheren tidak pandang bulu.

        Sebuah rentetan roket TOS-1 akan memusnahkan segala sesuatu di dalam zona ledakan berukuran dua ratus kali tiga ratus meter. Ini bermasalah ketika senjata digunakan terhadap sasaran di tengah populasi sipil perkotaan — khas dari sebagian besar pertempuran di Irak, Suriah, dan Ukraina.

        Sébastien Roblin meraih gelar Master dalam Resolusi Konflik dari Universitas Georgetown dan menjabat sebagai instruktur universitas untuk Peace Corps di China. Ia juga bekerja di bidang pendidikan, penyuntingan, dan pemukiman kembali pengungsi di Prancis dan Amerika Serikat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: