Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berani Laporkan Pria yang Pakai Cadar dan Palsukan Hasil PCR, Aksi Pramugari Citilink Diapresiasi

        Berani Laporkan Pria yang Pakai Cadar dan Palsukan Hasil PCR, Aksi Pramugari Citilink Diapresiasi Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ternate, melaporkan adanya penumpang maskapai berinisial DW melakukan perjalanan tujuan Jakarta-Ternate, Maluku Utara (Malut), yang positif Covid-19.

        DW diduga memalsukan dokumen hasil tes PCR, berhasil lolos dari pemeriksaan petugas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan menggunakan data sang istri yang negatif, serta memakai pakaian cadar. Baca Juga: Jumlah Orang Divaksinasi Meningkat Tajam, Ikhtiar Bersama Lawan Pandemi Covid-19

        Kasus ini mendapat respons pengamat penerbangan Alvin Lie. Menurutnya, petugas Aviation Security (avsec) atau petugas keamanan yang bertugas menjaga dan menjamin keselamatan pengguna jasa penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma lalai dalam menjalankan tugas.

        Alvin mengatakan, seharusnya kasus seperti ini tidak perlu terjadi karena sistem keamanan yang dijalankan avsec berlapis, seperti pemeriksaan (verifikasi) dokumen, barang bawaan dan lainnya di bandar udara keberangkatan. Baca Juga: Citilink Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Penumpang Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta

        "Kok bisa kebobolan. Bandara Halim Perdanakusuma perlu melalukan audit sistem pemeriksaan dan kompetensi personel avsec," kata Alvin, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (19/7).

        Lanjutnya, beruntung pramugari Citilink menjalankan tugas dengan baik, sigap sehingga kejadian ini bisa diketahui. 

        "Saya memberikan apresiasi kepada pramugari Citilink yang menjalankan tugas dengan baik," tambahnya.

        Lebih lanjut, ia juga memberikan respons terkait kasus ini dalam akun twitter pribadinya @alvinlie21.

        "Well done FA Citilink ???????? Tapi bgmn AvSec @HLP_AP2 berlapis kok bisa kebobolan @djpu151," cuit @alvinlie21.

        Sebelumnya, Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani mengatakan, DW berhasil mengelabui petugas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan memakai data diri istri-nya dan memakai pakaian cadar karena tes PCR milik istri-nya hasil negatif.

        Namun saat tiba di Bandara Baabullah Ternate, ia kemudian dilaporkan pramugari setelah kedapatan membuka cadar dan menggantikan pakaian kemeja di dalam toilet pesawat.

        Ia mengatakan pramugari tersebut langsung menghubungi pihak Bandara Sultan Baabullah Ternate, untuk melakukan penahanan, karena alasannya mencurigakan.

        DW kemudian diminta melakukan tes usap antigen oleh petugas bandara dan hasilnya positif Covid-19.

        "Setelah hasil positif Covid-19 pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ternate, untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD), kemudian dibawa menggunakan mobil ambulans menuju rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan akan diawasi oleh petugas Satgas," ujarnya.

        Kekinian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ternate akan melakukan koordinasi dengan pihak bandara serta instansi terkait untuk memperketat pengawasan di bandara.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: