Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Al Azhar Memorial Garden Kurban 10 Sapi dan 144 Domba

        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Momentum perayaan Idul Adha 1442 Hijriah yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 mendatangkan berkah bagi ratusan warga Telukjambe Timur, Karawang.

        Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden (AMG) menggelar penyembelihan 10 ekor sapi dan 144 domba yang seluruh dagingnya dibagikan kepada warga desa setempat.

        Kegiatan pemotongan hewan kurban pada Hari Kedua Idul Adha (11 Dzulhijah), Rabu, dilakukan dengan prosedur kesehatan yang ketat.

        Penyembelihan hewan kurban itu dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban dan disaksikan hanya oleh panitia. 

        “Ini untuk menjaga jarak atau social distancing. Semua panitia wajib memakai masker,”  kata Ketua Panitia Harry Efriyal yang menjabat GM Agency Development Al Azhar Memorial Garden, Rabu (21/7/2021). 

        Untuk mencegah antrian dan kerumunan, lanjut Harry, pendistribusian daging kurban dilakukan langsung oleh panitia kepada warga dengan meminimalkan kontak fisik.

        Daging kurban juga dibagikan melalui Kantor Desa Pinayungan dan masjid-mesjid di sekitar Telukjambe

        “Kita betul-betul ingin aman,” tegasnya.

        Harry mengatakan dalam situasi negeri yang sedang menghadapi pandemi Covid-19, perayaan Idul Adha dan pembagian hewan kurban menjadi sangat bermakna untuk masyarakat.

        Tidak sedikit warga yang terdampak dan mengalami penurunan pendapatan sampai harus kehilangan pekerjaan.

        Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan masyarakat terdampak, namun tetap perlu dukungan dari pihak yang memiliki kesadaran untuk saling berbagi.

        “Pembagian hewan kurban ini merupakan bentuk gotong royong. Kami ingin berbagi dengan warga di sekitar lingkungan kami,” ujar Harry lagi.

        Menariknya lagi, jumlah sapi dan domba yang dipotong tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, atau naik hampir 5 kali lipat.

        Dengan demikian AMG bisa berbagi daging kurban le lebih banyak lagi warga di sekitar pemakaman.

        Cicih, salah seorang warga desa Pinayungan, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas pembagian daging kurban tersebut. Dikatakan, dia dan keluarga bisa makan enak dengan sate dan gule kambing. 

        Mumun warga yang lain juga terlihat senang mendapat pembagian daging kurban. Diakui di tengah pandemi covid-19, ada berkah tersendiri berkat perayaan kurban. 

        “Ada yang bilang daging bisa meningkatkan imunitas tubuh. Insya Allah terhindar dari bahaya Covid,” kata Mumun.

        Sementara itu, taman pemakaman Islam Al Azhar di Karawang kini makin menjadi pilihan masyarakat yang ingin menguburkan jenazah keluarganya, termasuk yang wafat akibat Covid-19.

        Tempat pemakaman di DKI Jakarta dan kawasan sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, kewalahan untuk menguburkan jenazah korban Covid-19.

        Oleh karena Tempat Pemakaman Umum (TPU) nyaris kelebihan kapasitas, masyakakat menoleh kepada pemakaman swasta seperti Al Azhar yang berlokasi di Karawang, tepatnya di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek. 

        Sejumlah tokoh, artis selebriti, bahkan diplomat yang wafat akibat Covid-19 dimakamkan di sana.

        Mantan gitaris band GIGI Aria Baron akhir Juni 2021 dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden, Diplomat yang wafat akibat Covid dan dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden.

        Kedua orang tua ustadz Solmed, Hj.Salmah Lubis, yang meninggal dunia pada Minggu (11/7)  juga dimakamkan di sana. Ustadz Solmed mengatakan komplek pemakaman Islam itu istimewa.

        ”Semua tertata rapih, makamnya, batu nisannya, jalanan tapaknya, tendanya, bahkan suasananya adem banget. Betah ziarah dan itu yang paling penting. Ziarahnya jadi tak terburu-buru, bacaan doanya gak terburu-buru, duduk gak terburu-buru, karena ini adem enak” ujarnya tentang komplek makam yang ditata bak taman itu.

        Harry Efriyal, GM Agency Development Al-Azhar Memorial Garden menyatakan pihaknya menerima korban Covid-19 untuk dimakamkan selama 24 jam.

        Pihaknya membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pemakaman jenazah korban Covid-19. 

        Dikatakan, kompleks pemakaman seluas 25 hektare ini terdiri dari 30 ribu unit kavling pemakaman, rest area, taman, dan masjid untuk pemulasaran atau pengurusan jenazah.

        Tempat ini diklaim sebagai area pemakaman khusus muslim satu-satunya di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: