Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Taliban 2.0: Media Sosial, Hukum Syariah dan Kebijakan Luar Negeri yang 'Bersahabat'

        Taliban 2.0: Media Sosial, Hukum Syariah dan Kebijakan Luar Negeri yang 'Bersahabat' Kredit Foto: AP Photo/Zabi Karimi
        Warta Ekonomi, Kabul -

        Ketika mereka menyelesaikan pengambilalihan Afghanistan, Taliban bersikeras bahwa mereka tidak akan kembali ke aturan abad pertengahan yang brutal yang mengubah kelompok Islam garis keras menjadi paria internasional pada akhir 1990-an.

        Dijuluki Taliban 2.0 karena terampil menggunakan media sosial, perubahan citra militan disambut oleh skeptisisme yang mendalam.

        Baca Juga: Perlu Jadi Perhatian Global! Taliban Telah Ambil Alih Perangkat Biometri Militer Amerika

        Dua hari setelah jatuhnya Kabul, pemirsa TV di Afghanistan menyaksikan pemandangan yang tidak akan pernah terpikirkan di bawah rezim Taliban sebelumnya (1996-2001).  Seorang presenter wanita Afghanistan untuk saluran berita Tolo mewawancarai seorang pejabat Taliban.

        Tuan rumah, Beheshta Arghand, yang duduk 2,5 meter darinya, bertanya tentang situasi keamanan di ibukota Afghanistan. Saluran berita milik swasta juga memposting video jurnalis wanita lain yang melaporkan dari jalan-jalan Kabul.

        Siaran itu datang ketika para pemimpin Taliban mengulangi pesan mereka bahwa para pejuang disiplin mereka tidak akan melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap mantan musuh-musuhnya.

        Dalam konferensi pers pada 17 Agustus, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menunjukkan wajah berdamai, membenarkan amnesti bagi mantan anggota tentara dan polisi Afghanistan. Dia juga mengatakan bahwa perempuan akan diizinkan untuk bekerja dan belajar dan aktif dalam masyarakat "tetapi dalam kerangka Islam".

        Meskipun skeptisisme meluas, kelompok Islam garis keras bekerja keras untuk menyebarkan gagasan bahwa mereka tidak akan kembali ke praktik sebelumnya. Ketika Taliban memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001, perempuan dilarang mengambil sebagian besar pekerjaan dan pendidikan anak perempuan terbatas pada sekolah dasar. Menonton TV dan mendengarkan musik dilarang, dan pezina bisa dirajam sampai mati.

        "Ideologi inti Taliban tetap sama. Mereka masih ingin memaksakan semacam 'over-Syariah', versi hukum Islam yang ekstrem dan lebih ketat daripada yang diterapkan di negara lain," Sébastien Boussois, peneliti Afghanistan di Université Libre de Bruxelles (ULB), mengatakan kepada FRANCE 24.

        Perubahan citra Taliban

        Dalam pernyataan resmi pertamanya selama jatuhnya Kabul, biro politik Taliban mengatakan bahwa ujian sebenarnya adalah "melayani bangsa kita dan memastikan keamanan dan kenyamanan hidup". Kelompok pemberontak dengan demikian mengisyaratkan bahwa mereka siap untuk melakukan berbagai fungsi pemerintahan untuk meningkatkan kehidupan penduduk, alih-alih hanya memberlakukan larangan yang diilhami agama.

        FRANCE24 menulis, perubahan citra ini telah memfasilitasi penaklukan Taliban atas Afghanistan, menurut para ahli. Ada sedikit laporan tentang oposisi populer terhadap kemajuan militan dan Kabul jatuh tanpa pertumpahan darah yang dikhawatirkan banyak orang.

        "Taliban telah membangun narasi yang sangat berbeda dari geng sampah yang menyerbu Afghanistan antara tahun 1996 dan 2001. Mereka mengatakan 'Kami membebaskan Anda dari Amerika dan para penjahat, orang-orang Afghanistan yang korup yang melarikan diri ke Abu Dhabi atau di tempat lain dengan uang yang seharusnya menstabilkan negara'. Mereka dapat menggambarkan diri mereka sebagai pembebas, dan bukan hanya orang-orang yang akan mengunci Afghanistan," kata Boussois.

        "Taliban akan mengatakan bahwa hukum Islam adalah sarana untuk menciptakan pemerintahan yang kuat dan keras setelah bertahun-tahun korupsi dan delik," tambahnya, dikutip laman FRANCE24, Rabu (18/8/2021).

        Mencari pengakuan global

        Sebagai gerakan pemberontak yang memerangi negara adidaya nomor satu dunia, Taliban telah mengembangkan keterampilan adaptif yang kuat selama dua dekade terakhir.

        Kebijakan mereka didorong oleh kebutuhan militer dan politik, bukan agama, menurut sebuah makalah penelitian yang diterbitkan pada Maret 2021 oleh CTC di West Point, akademi militer AS.

        Penulisnya, Thomas Ruttig, menulis bahwa "adaptasi kebijakan yang awalnya hanya bersifat taktis [bisa] berkembang menjadi perubahan yang nyata".

        Hal ini tampaknya menjadi kasus perubahan paling menonjol kelompok sejak 2001: upaya untuk meningkatkan hubungannya dengan negara-negara asing untuk pengakuan global. Sementara rezim Taliban pertama hanya diakui oleh tiga negara pada puncaknya (Pakistan, Arab Saudi, dan UEA), sekarang hubungan baik dengan sebagian besar tetangganya.

        Baik Moskow dan Beijing telah membeli narasi Taliban 2.0, yang terakhir bahkan menyerukan hubungan "persahabatan" dengan penguasa baru Kabul hanya beberapa jam setelah pejuang Islam memasuki ibukota Afghanistan.

        Apa yang dipelajari Taliban dari kekalahan mereka tahun 2001

        Taliban mendambakan pengakuan internasional karena mereka belajar dengan cara yang sulit bahwa menjadi paria internasional yang menampung teroris adalah cara pasti untuk menarik intervensi militer asing.

        Para pemimpin gerakan sangat menyadari bahwa AS menginvasi Afghanistan setelah penolakan mereka untuk menyerahkan dalang serangan 9/11, Osama Bin Laden, dan bukan atas pelanggaran hak asasi manusia yang telah terjadi selama beberapa tahun sebelumnya.

        Sementara Taliban tidak mungkin berkompromi dengan ideologi Islam ultra-konservatif di dalam negeri, mereka akan memastikan bahwa Afghanistan tidak lagi digunakan sebagai basis serangan al-Qaeda di negara-negara asing, menurut Wassim Nasr, pakar jihadis FRANCE 24. gerakan.

        "Taliban jelas lebih kuat daripada tahun 1990-an. Mereka memiliki lebih banyak pengalaman militer dan politik. Itu tidak membuat mereka lebih berpikiran terbuka. Tapi mereka tidak akan mengambil risiko digulingkan untuk kedua kalinya karena al- Provokasi Qaeda. Mereka akan mengendalikan mereka," kata Nasr.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: