Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Veteran Perang Amerika Ketahuan Gunakan Intel hingga Citra Satelit buat Dapatkan Informasi Ini

        Veteran Perang Amerika Ketahuan Gunakan Intel hingga Citra Satelit buat Dapatkan Informasi Ini Kredit Foto: Getty Images/AFP/Tauseef Mustafa
        Warta Ekonomi, Washington -

        Seorang veteran perang Afghanistan pada Minggu (22/8/2021) mengatakan kepada Fox News, bahwa sebuah jaringan "ratusan ribu" orang, termasuk analis yang menggunakan citra satelit untuk menemukan pos pemeriksaan Taliban di sekitar bandara Kabul. Mereka sedang berkoordinasi untuk mengevakuasi penerjemah Afghanistan dari negara itu.

        Para penerjemah, yang sekarang menjadi sasaran Taliban, adalah sekutu penting AS selama perang Afghanistan dan memainkan peran yang jauh lebih besar daripada sekadar bertindak sebagai penerjemah, menurut Matt Zeller. Pemerintahan Biden telah menghadapi kritik keras bahwa AS tidak menjadikan evakuasi mereka lebih sebagai prioritas.

        Baca Juga: Gawat! Taliban Bilang Ratusan Pejuangnya Bergerak Menuju Lembah Panjshir

        "Orang-orang yang kita bicarakan ini ... mereka adalah mata dan telinga kita di medan perang," kata Zeller kepada Fox News, dikutip Senin (23/8/2021).

        Dia mengatakan mereka akan mendengar komunikasi Taliban yang memerintahkan para pejuang untuk menembak penerjemah terlebih dahulu.

        "Dari perspektif Taliban, mereka menang," lanjut Zeller, mantan analis CIA. Penerjemah Afghanistan "adalah orang-orang yang telah membantu kami untuk membunuh mereka selama 20 tahun terakhir."

        "Mereka ingin balas dendam, mereka ingin pembalasan," katanya. "Tidak ada tempat bagi orang-orang ini di Afghanistan."

        Diperkirakan setidaknya ada 20.000 penerjemah Afghanistan dan anggota keluarga yang terjebak di Afghanistan.

        Zeller menggambarkan kampanye "Dunkirk digital" yang bekerja untuk mengevakuasi para penerjemah Afghanistan. Dia mengatakan "ratusan ribu" orang bergabung dengan gerakan itu setelah hanya beberapa minggu, tetapi gerakan itu bisa tumbuh menjadi jutaan pada saat itu berakhir.

        "Jika Anda bertugas di perang Afghanistan dan Anda masih peduli dengan orang-orang ini, kemungkinan Anda adalah bagian dari Dunkirk digital," kata Zeller kepada Fox News.

        Dia mengatakan itu dimulai sebagai "pasukan veteran" yang di-ping oleh warga Afghanistan, tetapi jaringan tersebut telah berkembang hingga mencakup organisasi untuk hak asasi manusia, agama dan advokasi politik.

        "Luar biasa," kata Zeller. "Ini bukan hanya veteran. Secara harfiah itu adalah pendeta, ini ibu saya, kerabat saya, orang-orang yang tidak pernah melayani di Afghanistan ... janda, duda, anak-anak dari orang yang melayani."

        "Kami memiliki analis intel yang datang dan mulai melakukan analisis citra satelit dan benar-benar menyusun produk untuk orang-orang di mana mereka memetakan pos pemeriksaan Taliban secara real time menggunakan data media sosial" untuk menyediakan rute yang aman ke bandara, Zeller mengatakan kepada Fox News.

        Taliban mengatakan akan memaafkan setiap warga Afghanistan yang membantu AS selama perang. Tetapi kelompok ekstremis telah mendirikan pos pemeriksaan yang menghalangi jalan ke bandara di Kabul, dan banyak laporan mengindikasikan bahwa mereka merekam atau membunuh siapa pun yang mereka temukan yang bersekutu dengan mereka.

        Warga Afghanistan yang memiliki hubungan langsung atau keluarga dengan pasukan AS "akan dilenyapkan" oleh Taliban, saudara dari seorang penerjemah sebelumnya mengatakan kepada Fox News.

        "Jika Anda memiliki dokumen bahasa Inggris di pos pemeriksaan itu, mereka mengambil dokumen itu," kata Zeller kepada Fox News. "Dan mereka mencatat bahwa Anda sekarang ada di daftar mereka."

        Segera setelah Zeller bergabung dengan Fox News melalui panggilan Zoom, dia meminta untuk menunda wawancara dan mulai mengetuk teleponnya. Dia meminta maaf dan mengatakan dia membantu seseorang "menjauh dari Taliban."

        "Saya menghabiskan sebagian besar waktu malam saya untuk mengirim SMS dengan orang Afghanistan, memberi tahu mereka 'tidak, ini adalah gerbang yang sekarang harus Anda coba dan capai. Oh, di sinilah pos pemeriksaan Taliban ini, Anda harus mengambil jalan ini untuk benar-benar berkeliling. mereka,'" kata Zeller.

        Tetapi perjuangan warga Afghanistan terus berlanjut bahkan setelah mereka berhasil melewati Taliban dan masuk ke bandara.

        "Jika Anda mendapatkan orang yang sampai di sana, mereka harus bersiap untuk menunggu hingga sembilan, 10 jam, dalam kondisi yang sangat panas, lembab, tanpa air, tanpa makanan, tanpa kamar mandi," kata Zeller kepada Fox News. "Hanya kondisi terburuk yang bisa Anda pikirkan."

        “Karena di atas itu, Taliban menembak tanpa pandang bulu ke kerumunan dan di atas kepala semua orang,” lanjutnya. "Ini hanya kekacauan total dan lengkap."

        Zeller menggambarkan satu contoh di mana dia berhasil mendapatkan seorang warga AS melalui gerbang di bandara Kabul setelah berbicara dengan seorang Marinir melalui telepon pengeras suara.

        "Sisa keluarganya ada di belakangnya," kata Zeller kepada Fox News. "Mereka belum menjadi warga negara AS, dan mereka tidak diizinkan masuk."

        "Dia harus membuat keputusan yang memilukan untuk meninggalkan keluarganya," lanjutnya. "Itu dimainkan berulang-ulang."

        "Saya punya teman yang memberi tahu saya bahwa mereka benar-benar memiliki warga AS yang berdiri di kerumunan sambil melambaikan paspor biru mereka sambil berteriak 'Saya warga negara AS', dan Marinir tidak bisa datang menjemput mereka," kata Zeller.

        Zeller mengatakan AS memiliki tanggung jawab untuk mengevakuasi penerjemah Afghanistan.

        Jika mereka tidak dievakuasi sekarang, maka "mereka akan mati, dan kami akan menyesal seumur hidup kami karena telah mengecewakan mereka," kata Zeller kepada Fox News.

        Dia menjelaskan betapa pentingnya mereka bagi pasukan AS.

        "Kami akan berperan di sebuah desa dan [penerjemah kami] akan menepuk pundak saya dan mengatakan 'ada yang tidak beres di sini,'" kata Zeller.

        "'Biasanya ketika kita datang ke sini, pria itu keluar dengan teh, dan anak-anak itu di sana bermain bola, dan tidak ada seorang pun di sekitar. Ini hal yang buruk. Kami biasanya diserang saat seperti ini,'" katanya.

        "Dan lima menit kemudian, kita tertembak," lanjut Zeller.

        "Jenis wawasan itu menyelamatkan nyawa," katanya. "Konteks budaya itu tidak akan pernah bisa digantikan selain dengan berdiri di samping seseorang yang datang dari sana."

        Zeller mengatakan dia berjanji suatu hari nanti akan membayar penerjemahnya karena telah menyelamatkan nyawa Marinir. Dia bisa membantu mengeluarkan penerjemah dari Afghanistan.

        "Saya bersyukur saya harus memenuhinya untuknya, tetapi sekarang ada ribuan orang lain, yang dibuat oleh orang Amerika sama dan sama pentingnya dengan janji, yang dikhianati dan ditinggalkan," kata Zeller kepada Fox News.

        Dia mengatakan AS menghadapi cedera moral jika gagal mengevakuasi penerjemah Afghanistan.

        "Saya sudah tahu setidaknya satu veteran bunuh diri karena ini," kata Zeller kepada Fox News.

        "Saya ingin seseorang menelepon dan mengatakan 'Mayor Zeller, Anda harus mengenakan seragam Anda, Anda sedang dikirim ke Afghanistan untuk membantu kami,'" kata Zeller. "Saya tidak tahu satu pun veteran yang saya ajak bicara yang merasa berbeda."

        Dia mengatakan dia tidak bisa membayangkan seperti apa pasukan AS di bandara Kabul "yang harus berdiri 50 meter dari Taliban dan melihat mereka menjadi preman dan tidak bisa berbuat apa-apa."

        Tembakan bisa terdengar di seluruh memo suara seorang jurnalis wanita yang berusaha meninggalkan Afghanistan yang dikirim Fox News. Berdasarkan lokasinya, pasukan AS di bandara Kabul kemungkinan bisa mendengar tembakan.

        Zeller mengatakan kampanye untuk mengevakuasi para penerjemah "adalah seluruh upaya Amerika ... tanpa satu orang, satu-satunya orang, yang dapat memberi perintah untuk benar-benar menyelamatkan orang-orang ini," merujuk pada Presiden Biden.

        "Saya terkejut bahwa menteri pertahanan mengatakan dia tidak memiliki kemampuan untuk menjamin pergerakan aman orang Amerika ke bandara di Kabul," kata Zeller kepada Fox News. "Dia benar-benar melakukannya."

        "Dia memiliki militer Amerika Serikat," lanjutnya. "Apa yang tidak dia miliki adalah perintah untuk memindahkan orang-orang itu."

        "Di akhir perang, ada dua pertanyaan besar yang membayangi," kata Zeller. "Apakah itu sepadan, dan bagaimana Anda mengakhirinya?"

        "Sejarah akan memutuskan yang pertama, kita yang memutuskan yang terakhir," katanya kepada Fox News. "Saat ini, kami telah memilih untuk mengakhirinya dengan rasa malu yang mendalam."

        Sebelum dipublikasikan, Fox News memutuskan bahwa cerita ini tidak akan membawa bahaya tambahan bagi para penerjemah Afghanistan, karena Taliban sudah menyadari upaya mereka untuk melarikan diri.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: