Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Accounting Software: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

        Accounting Software: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Keberadaan accounting software terbukti menjadi solusi bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan atau manajemen keuangan dengan baik. Ya, proses akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah, cepat dan akurat dengan mengandalkan software canggih itu.

        Seperti diketahui, setiap perusahaan/bisnis pasti menginginkan pengelolaan keuangan dengan baik. Segala proses akuntansi harus tercatat dengan baik dan akurat agar terhindar dari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

        Baca Juga: Ambisi Telkom Berkongsi dengan Microsoft: Menjelma Perusahaan Digital Telco yang Terdepan!

        Namun, masih banyak perusahaan/pebisnis di Indonesia yang menggunakan cara manual dalam melakukan proses akuntansi. Padahal, di era teknologi saat ini, cara yang lebih banyak mengandalkan tenaga manusia itu tidak disarankan lagi karena memiliki sejumlah kelemahan yang dapat merugikan perusahaan. Di antaranya human error, proses tidak cepat, beberapa pencatatan keuangan berpeluang tidak akurat dan lainnya.

        Jadi, jika Anda masih menganggap proses akuntansi yang dikerjakan secara manual adalah cara terbaik, mulai sekarang kuburlah pemikiran semacam itu. Dan, segeralah bermigrasi ke accounting software yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan.

        Nah, di bawah ini kami hendak membagikan rekomendasi accounting software terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan pengertian dan manfaat software accounting, berikut tips memilih yang terbaik. Yuk simak dengan saksama!

        Pengertian Accounting Software

        Accounting software atau software akuntansi adalah program yang secara khusus dirancang sebagai untuk kegiatan pencatatan transaksi bisnis. Software akuntansi biasanya digunakan para akuntan di perusahaan untuk membantu pengelolaan semua data transaksi.

        Adapun bentuk data yang biasa didokumentasikan di dalam software akuntansi di antaranya data penjualan, pembayaran gaji, pembelian, laporan dan data penting lain yang berhubungan dengan pelaporan semua transaksi keuangan perusahaan.

        Keberadaan software akuntansi, tentu saja, memudahkan sekaligus meringankan pekerjaan akuntan di perusahaan. Tidak saja itu, software akuntansi juga mampu menyuguhkan data dan informasi yang akurat karena ‘dikendalikan’ oleh sistem pintar. Ini berbeda dengan pengelolaan akuntansi manual yang masih memiliki peluang tinggi terjadinya human error.

        Jadi, menggunakan software akuntansi di era serba canggih saat ini adalah keputusan yang bijak. Sebagai tips, sebaiknya gunakan software akuntansi yang mumpuni dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan/bisnis Anda.

        Manfaat Accounting Software

        Secara garis besar, ada empat manfaat accounting software bagi perusahaan/bisnis. Di antaranya sebagai berikut:

        1. Produktivitas Meningkat

        Akuntan perusahaan tidak akan lagi kesusahan dalam menjalankan kegiatan pengelolaan keuangan dengan menggunakan accounting software. Kegiatan yang ‘rumit’ itu pun dapat dilakukan dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas bagi perusahaan.

        Ya, dengan menggunakan software akuntansi, akuntan tidak perlu lagi mengandalkan tumpukan buku untuk pengelolaan keuangan. Cukup buka perangkat PC atau perangkat mobile dan melakukan beberapa ‘klik’, data keuangan akan tercatat dengan baik.

        2. Meminimalisir Pengeluaran Perusahaan

        Apa kaitannya software akuntansi dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan? Ketahuilah, perusahaan yang masih mengandalkan cara manual dalam melakukan pengelolaan keuangan biasanya membutuhkan cukup banyak akuntan. Perusahaan, tentunya, harus menggaji mereka setiap bulannya.

        Nah, dengan mengandalkan software akuntansi, perusahaan bisa meminimalisir jumlah akuntan. Cukup mempekerjakan satu atau dua akuntan sudah cukup untuk mengurus semua hal terkait keuangan perusahaan. Ini-lah alasan software akuntansi dapat dikatakan sebagai ‘sistem pintar’.

        3. Meminimalisir Kesalahan

        Setiap perusahaan/bisnis, sudah pasti, ingin menghindari berbagai kesalahan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Ya, kesalahan pengelolaan keuangan memang bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan perusahaan/bisnis merugi.

        Mengingat software akuntansi merupakan sistem pintar maka berbagai kesalahan pengelolaan keuangan dapat dihindari atau diminimalisir. Tidak perlu lagi khawatir dengan hitung-hitungan yang salah karena software akuntansi akan ‘bekerja’ dengan akurat. 

        4. Data Dijamin Aman

        Keamanan data perusahaan merupakan hal yang wajib untuk dijaga. Kebocoran beberapa data perusahaan terutama dalam hal keuangan sedikit banyak tentu akan merugikan perusahaan itu sendiri.

        Nah, dengan menggunakan accounting software, keamanan data perusahaan akan terjamin. Semua data  keuangan, data penjualan, riwayat transaksi hingga data karyawan bisa Anda kelola dan jaga kerahasiaannya dengan baik. Data-data tersebut tidak akan tersebar ke publik yang tidak memiliki kepentingan dengan perusahaan/bisnis Anda.

        Tips Memilih Accounting Software Terbaik

        Ada lima hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih accounting software. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

        1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

        Pertama, Anda harus menyesuaikan software akuntansi dengan kebutuhan perusahaan/bisnis Anda. Jika perusahaan Anda berskala besar maka software akuntansi harus memiliki fitur yang kompleks. Seperti, fitur untuk pembuatan faktur berulang, pajak otomatis, pelacakan penjualan produk, pengelolaan aset, pemantaun saldo pelanggan, penghitungan laporan keuangan yang lengkap hingga berbasis penyimpanan cloud.

        Tentunya, dengan ragam fitur yang kompleks, proses akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan segala aktivitas pengelolaan keuangan dapat terfasilitasi dengan baik oleh sistem pintar itu.

        2. Pilih yang User Friendly

        Percuma perusahaan berlangganan software akuntansi tetapi akuntan di dalamnya merasa kesulitan mengoperasikannya karena memang tidak user friendly. Ya, tampilan yang user friendly, sederhana dan efisien memang menjadi salah satu hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi.

        Tampilan yang user friendly dapat memudahkan akuntan atau pihak lainnya dalam mengoperasikan software akuntansi tersebut. Tidak saja itu, perusahaan juga bisa menghemat biaya pelatihan lho. Bukan begitu?

        3. Pastikan Terintegrasi dengan Software Lainnya

        Perusahaan memang harus memiliki sejumlah software atau aplikasi (selain accounting software) guna memudahkan segala aktivitas yang dijalankannya. Seperti, software pembukuan, aplikasi stok gudang, software HRIS, aplikasi payroll dan lain.

        Nah, software akuntansi yang bagus adalah yang dapat diintegrasikan dengan software atau aplikasi lainnya. Integrasi software akan semakin memudahkan akuntan dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

        4. Pastikan Ada Customer Support

        Tidak hanya memastikan terintegrasi dengan software lainnya, Anda juga perlu memastikan software akuntansi pilihan Anda memiliki customer support yang fast response. Hal ini sangat penting karena ada masanya software akuntansi akan mengalami bug atau masalah.

        Ya, meski software akuntansi tertentu digadang-gadang memiliki performa yang baik, tetap saja tidak akan terhindar dari masalah yang menghampirinya. Perlu diingat! Sebaiknya Anda memilih yang mempekerjakan customer support ramah dan mampu memberikan solusi terbaik dari suatu masalah yang Anda alami.

        Rekomendasi Aplikasi Accounting Software Terbaik

        Tiba saatnya Anda mengetahui sejumlah rekomendasi accounting software terbaik untuk perusahaan/bisnis segala sektor. Berikut di antaranya:

        1. Jurnal by Mekari

        Rekomendasi accounting software terbaik yang pertama adalah Jurnal by Mekari. Ya, software akuntansi adalah salah satu dari sejumlah software yang ditawarkan Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan/bisnis di segala sektor.

        Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua software yang ditawarkannya, termasuk software akuntansi, dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan software karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.

        Selain itu, sedikitnya ada enam keunggulan yang akan Anda peroleh jika menggunakan software akuntansi Jurnal, di antaranya: bisa diakses di perangkat yang berbeda karena berbasis cloud, cek laporan keuangan secara real-time kapan dan di mana saja, ada 11 jenis faktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek jumlah inventory secara real-time kapan dan di mana saja, mudah dalam pencatatan bukti transaksi dan tersedia modul manajemen aset yang mumpuni.

        Dijamin deh, urusan akuntansi bakal lebih mudah dengan software terbaik di Indonesia besutan Mekari ini. Bagi Anda yang belum menggunakan software akuntansi, yuk migrasi ke Jurnal by Mekari.

        2. Hashmicro

        Rekomendasi software akuntansi berikutnya adalah Hashmicro. Software ini dibuat di Singapura pada tahun 2006 silam. Seiring berjalannya waktu, Hashmicro mendapatkan sentuhan perkembangan yang kini lebih memudahkan akuntan dalam menjalankan pekerjaannya.

        Hashmicro didukung dengan sejumlah modul terpisah, seperti modul accounting, HRM, inventor, CRM hingga manufacturing. Nah, modul-modul itu dapat diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan/bisnis.

        Satu hal yang dapat diunggulkan dari software Hashmicro, yakni tidak ada biaya tambahan untuk penambahan pengguna (user). Ini cukup menguntungkan, bukan?

        3. Epicor

        Accounting software besutan Epicor juga bisa diandalkan untuk proses akuntansi yang lebih mudah, cepat dan akurat. Software asal Amerika Serikat ini diketahui telah memiliki 20 ribu pelanggan yang tersebar di lebih dari 120 negara di dunia.

        Lantas, apa sih keunggulan dari yang ditawarkan Epicor dalam software akuntansi buatannya? Sedikitnya ada lima keunggulan yang akan diperoleh pengguna Epicor, di antaranya: bisa kolaborasi antar user, tampilan yang responsif, user friendly dan sederhana, memiliki berbagai pilihan lokasi server dan tersedia customer support.

        Perlu diingat kembali, software akuntansi yang baik adalah memiliki customer support. Tentunya, customer support yang dimaksud ialah yang ramah dan fast response.

        3. SAP

        Rekomendasi software akuntansi yang ketiga adalah SAP atau System Application and Processing. Sama seperti Epicor, SAP merupakan software bikinan luar negeri, tepatnya perusahaan di Jerman (dan berkantor pusat di sana). SAP memiliki fitur unggulan bernama SAP S/4 HANA Finance. Fitur apa itu?

        Jelasnya, fitur SAP S/4 HANA Finance dapat membantu pengguna membuat laporan keuangan secara real-time, perencanaan keuangan (financial planner), manajemen utang dan piutang dan lainnya.

        Mengingat fitur yang terdapat pada software akuntansi SAP sangat kompleks, sejatinya ini lebih direkomendasikan untuk perusahaan atau bisnis berskala besar yang aktivitas keuangannya sangat kompleks. Dengan kata lain, perusahaan atau bisnis yang masih berskala kecil kurang disarankan menggunakan software ini.

        4. MYOB

        MYOB atau Mind Your Own Business berada di urutan terakhir dalam rekomendasi software akuntansi yang kami suguhkan. Software ini merupakan produk dari perusahaan di Australia.

        Tidak saja untuk perusahaan/bisnis berskala besar sebagaimana SAP, MYOB juga menyediakan paket accounting software untuk perusahaan/bisnis berskala kecil dan menengah.

        Hanya, MYOB masih belum didukung perpajakan Indonesia dan PSAK sehingga saat Anda ingin menggunakan layanannya masih harus melakukan penyesuaian dengan perpajakan dan laporan keuangan perusahaan/bisnis Anda. Ini menjadi salah satu kekurangan dari MYOB.

        Itulah pembahasan tentang accounting software, mulai dari pengertian, manfaat, tips memilih dan rekomendasi aplikasi terbaik. Ingat! Proses akuntansi harus dilakukan dengan akurat, lebih-lebih cepat dan mudah. Solusinya adalah menggunakan accounting software yang mumpuni seperti Jurnal by Mekari.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: