Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kompetisi Kreativitas Komunikasi untuk Kawal Eksistensi Brand

        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Untuk pertama kalinya Majalah MIX-MarComm menggelar program “Indonesia Brand Communication Championship 2021”. Program ini adalah kompetisi kreativitas komunikasi dalam rangka mengawal eksistensi brand yang diikuti oleh perusahaan pemilik brand, leader dan/atau tim brand guardian di perusahaan, dan agensi yang membantu komunikasi brand. 

        Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX-MarComm, dalam siaran media, Kamis (16/9/2021) mengatakan, rekognisi tersebut diselenggarakan guna menunjukkan kepada investor bahwa brand yang di-support-nya dikelola dan dikawal dengan baik oleh para wali merek (brand guardian) di perusahaan.

        Diharapkan melalui program tersebut, para pemilik merek dapat menjadikan kampanye brand ini sebagai brand credential yang dapat menambah kepercayaan konsumen. 

        “Sementara itu, bagi agensi branding-nya, rekognisi ini diharapkan dapat menunjukkan level of service mereka dalam mengawal komunikasi brand kliennya,” papar Lis Hendriani. 

        Lebih jauh Lis menjelaskan, program “Indonesia Brand Communication Championship 2021” dibagi ke dalam tiga kategori besar, yaitu kreativitas brand campaign (CREATIVE BRAND CAMPAIGN), perwalian dan pengawalan eksistensi brand (BRAND GUARDIANSHIP), dan keandalan agensi dalam membantu komunikasi brand (BRANDING AGENCY).  

        “Masing-masing kategori lalu dibagi ke dalam beberapa sub kategori. CREATIVE BRAND CAMPAIGN dibagi menjadi TV Commercial, Brand Activation, Digital Brand Campaign, dan Integrated Brand Campaign. BRAND GUARDIANSHIP dibagi ke dalam dua kategori, yakni Top Leader of Brand Guardian dan  Brand Guardian Team. Terakhir, BRANDING  AGENCY hanya satu kategori,” lanjutnya.

        Untuk menentukan pemenang, proses penjurian dilakukan selama empat hari, yakni 15, 19, 26, dan 27 Juli 2021, oleh tim juri yang terdiri dari pakar di bidang masing-masing, media, dan akademisi. Proses penjurian digelar secara virtual melalui zoom meeting.

        “Penjurian secara virtual ini dilakukan setelah materi terlebih dahulu dievaluasi dan dilihat oleh Dewan Juri,” ujar Lis.

        Adapun sembilan juri yang terlibat dalam championship ini adalah Hasnul Suhaimi, dosen, komisaris perusahaan, dan business coach yang berpengalaman mengawal brand telekomunikasi selama lebih dari 30 tahun; Yuswohady, Managing Partner Inventure Indonesia dan penulis buku-buku best seller marketing; Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media Group; Wisnu Satya Putra, Managing Director Isobar & DX Digital Content;

        Ada juga, Djito Kasilo, dosen dan praktisi periklanan dan komunikasi marketing; Dyah Hasto Palupi, Senior Editor Majalah SWA; Elvera N. Makki, President IABC (International Association of Business Communicators) Indonesia Chapter & founder VMCS Communications and Social Impact Advisor; Amalia E. Maulana PhD, Branding Consultant & Ethnogrpher, founder of Etnomark Consulting; serta A. Edhy Aruman, dosen dan Senior Editor Majalah MIX MarComm.

        Sementara itu, untuk kriteria penilaian, tentu saja disesuaikan dengan masing-masing kategori. Ada lima kriteria penilaian untuk Creative Brand Campaign, yaitu formulasi pesan yang disampaikan (message) dalam rangka mencapai objektif brand, strategi atau ide besar dari kampanye, eksekusi ide besar ke dalam berbagai channel, dan hasil kampanye. 

        Selanjutnya, kriteria penilaian  untuk Brand Guardianship adalah pemahaman para guardian tentang brand essence, penjelasan tentang tonggak-tonggak bersejarah (milestone) dan pencapaian-pencapaian brand selama dikawal oleh para guardian ini, dan organisasi brand guardianship. 

        Adapun kriteria penilaian untuk Branding Agency dititkberatkan pada service blueprinting-nya, bagaimana agensi melibatkan klien sebagai co-producer, bagaimana menciptakan client loyalty dan lain-lain. 

        Dalam rangkaian program ini, dipaparkan Lis, Majalah MIX juga menggelar webinar sekaligus awarding pada 16 September 2021. Webinar akan dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama, tema yang disajikan adalah “Brand Guardianship in Triple Disruption”.

        Pada sesi ini, akan dihadirkan sejumlah pembicara, yakni Janoe Arijanto, Senior Advisor Dentsu Indonesia dan Ketua PPPI; Simon Jonatan, President Director Bintang Toedjoe; dan Ivan Ally, SVP Marketing Communications Bank Syariah.

        Pada sesi kedua, tema yang disajikan adalah “Challenges & Opportunities for Brand Comm in Pandemic Era”. Adapun para pembicaranya adalah Max Roza Natadjaya, Creative Director FINCH Agency; Redy Pramanjaya, Creative Director H-Three; David Christ, CEO Argo Asia Network; dan Muhamad Firdaus Andjar, Brand Strategy Head Bank CIMB Niaga.

        Adapun para pemenang Indonesia Brand Communicatin Champhionship 2021 antara lain: 

        The Best Brand Guardian Category Top Leader; Fenny Kusnaidy - Marketing Director Brand Communication Sasa Inti, Ainul Yaqin - Chief Marketing Officer Gojek, Simon Jonatan - Chief Executive Officer Bintang Toedjoe, Triono Saputro - Direktur Eksekutif PPM Manajemen, Anie Rachmayani - Brand Director Personal Healthcare P&G Health Indonesia. 

        The Best Brand Guardian untuk kategori Branding Team; Gojek, Sasa Inti, Antis, Soffell, dan Bank Syariah Indonesia. 

        The Best Branding Agency; Fortuna, Imogen PR, Hakuhodo Digital/IDAC, Argo Asia Network, Agrakom Pr, dan P&R PR. 

        The Most Creative Brand Communication kategori Digital Campaign; H-THREE - Mr. Sprei Epic – Traveloka, FINCH Agenc - From Sasa to The World, Bank CIMB Niaga - CIMB Niaga Forum Indonesia Bangkit. 

        The Most Creative Brand Communication kategori TV Commercial, H-Three – TVC Serbuan Air – Aquaproof. 

        The Most Creative Brand Communication kategori Brand Activation; Sharp Electronic Indonesia - Sharp Bersedekah, FINCH Agency - We are MSG, Sinar Sosro - Fruit Tea World Festival. 

        The Most Creative Brand Communication kategori Integrated Brand Campaign; Bank BTPN-Jenius - #LakukanDenganCaramu, FINCH Agency - We are MSG, Sinar Sosro - Fruit Tea World Festival, Telkom IndiHome - IndiHome Wonderful Papua, Bank DBS Indonesia - Heart Work(s).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: