Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        ASEAN Didesak untuk Melihat ke Luar China untuk Investasi, Ini Alasannya

        ASEAN Didesak untuk Melihat ke Luar China untuk Investasi, Ini Alasannya Kredit Foto: Antara/Setpres/Muchlis Jr
        Warta Ekonomi, Phnom Penh, Kamboja -

        Negara-negara Asia Tenggara yang kekurangan uang harus melihat ke luar China dan Inisiatif Sabuk dan Jalannya untuk bantuan ekonomi karena Beijing terlihat lebih fokus di dalam negeri, kata para analis.

        Pemerintah daerah telah melihat BRI untuk meningkatkan ekonomi mereka di tahun-tahun mendatang, tetapi para analis mengatakan kepada VOA bahwa kemurahan hati China dan investasi asing memiliki batas dan bahwa Beijing lebih peduli dengan menopang ekonominya sendiri daripada dengan inisiatif baru untuk mempromosikan pertumbuhan pasca-pandemi di tempat lain.

        Baca Juga: Gagalnya Kerja Sama Myanmar Bikin Komandan Junta Sulit Hadir di KTT ASEAN

        “Dalam beberapa tahun terakhir kita harus mengatakan bahwa perkembangan BRI, misalnya perdagangan seperti investasi, sedang melambat. Ini tidak sekuat, katakanlah, lima tahun yang lalu,” Kaho Yu, analis utama dalam politik dan energi Asia di Verisk Maplecroft di Singapura, mengatakan, dikutip laman VOA, Senin (4/10/2021).

        Dia mengatakan penguncian pandemi telah memperburuk penundaan yang sudah signifikan dalam membangun proyek infrastruktur, dengan ketegangan geopolitik dan sentimen anti-China juga mempengaruhi investasi.

        BRI

        Diluncurkan pada tahun 2013 oleh Presiden China Xi Jinping, BRI adalah inti dari kebijakan luar negeri China, dengan investasi di 70 negara serta di organisasi internasional.

        Menurut American Enterprise Institute, kontrak BRI yang ditandatangani mencapai $46,54 miliar pada tahun lalu – dengan negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara mengambil bagian terbesar dari 36% – untuk dibelanjakan pada proyek infrastruktur mulai dari jalan raya dan pelabuhan hingga rel kereta api dan bendungan.

        Namun, beberapa dekade pertumbuhan yang kuat berakhir dengan pandemi, dan semua negara mengalami kontraksi ekonomi yang tajam pada tahun 2020. Rebound yang banyak digembar-gemborkan gagal terwujud tahun ini karena varian delta bertahan.

        Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan tur ke Indochina bulan lalu setelah para menteri negara ASEAN mengadakan pertemuan puncak BRI online untuk membahas inisiatif baru yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan pascapandemi.

        Analis Yu mengatakan BRI akan tetap menjadi landasan kebijakan luar negeri Beijing untuk masa mendatang dan ASEAN, mengingat kedekatannya dengan China, berada pada posisi yang lebih baik untuk memenangkan dolar investasi daripada negara-negara di bagian lain dunia.

        “Namun, meskipun demikian, tidak mungkin untuk melihat megaproyek yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir,” katanya.

        Masalah di rumah

        Masalah Beijing di dalam negeri telah disorot oleh kasus China Evergrande, yang memiliki kewajiban senilai $ 305 miliar, dan regulator memperingatkan risiko sistemik terhadap ekonomi China jika pengembang properti terbesar kedua gagal memenuhi kewajiban utang.

        David Totten, direktur pelaksana Emerging Markets Consulting, mengatakan pandemi telah mengakibatkan perusahaan-perusahaan China mendapat “pukulan besar dalam hal penundaan implementasi mereka” dari proyek-proyek yang direncanakan dan dalam hal situasi keuangan mereka.

        “Jadi mungkin waktu yang sangat tepat untuk mengkonsolidasikan, fokus pada apa yang mereka miliki, melaksanakan, membuat proyek mereka sukses, dan memperluas ke lebih jauh, lebih banyak lokasi periferal dalam proyek baru mungkin harus mengambil kursi belakang untuk saat ini,” katanya.

        Beijing juga telah mengumumkan akan berhenti membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri. Keputusan itu dapat mempengaruhi 44 pembangkit listrik batu bara dengan total $50 miliar yang dialokasikan untuk pembiayaan negara China, Global Energy Monitor, sebuah think tank AS, mengatakan kepada Reuters.

        "Saya pikir Anda akan melihat beberapa periode sulit ke depan karena perkembangan industri China, pembangunan ekonomi, diperlengkapi kembali," kata analis Keith Loveard.

        “Pernyataan bahwa mereka tidak akan mendanai pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri,” katanya, “cukup mengubah permainan bagi Indonesia,” negara di mana batu bara tetap menjadi penghasil devisa utama.

        Perlu diversifikasi

        Pada bulan Agustus, ASEAN memberikan status "mitra dialog" - yang berarti akses tingkat tinggi ke pertemuan puncak kelompok - ke Inggris, yang mendefinisikan ulang dirinya sendiri setelah Brexit. Inggris adalah negara pertama yang diberikan hak istimewa itu dalam 25 tahun, bergabung dengan 10 negara lainnya, termasuk Australia, Cina, Rusia, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

        Pemerintahan Biden telah mendukung upaya AS di Asia Tenggara, sebagian, sebagai cara untuk melawan China, dan dapat bergerak maju dalam Inisiatif Keterlibatan Ekonomi yang Diperluas AS-ASEAN untuk mempromosikan peningkatan perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi.

        Awalnya diluncurkan di Kamboja pada tahun 2012, itu adalah bagian dari AS saat itu. Kebijakan “poros ke Asia” Presiden Barack Obama, saat ia berusaha menjadikan kawasan ini sebagai prioritas strategis yang lebih tinggi.

        “Hal yang masuk akal bagi ASEAN mungkin adalah mendiversifikasi hubungan internasional mereka, mungkin berharap bahwa perubahan baru-baru ini di Gedung Putih di Amerika membuka peluang lebih lanjut bagi mereka untuk membangun kemitraan tersebut,” kata Totten.

        Namun, relevansi blok itu ditantang oleh aliansi luar ketika hubungan antara China dan negara-negara Barat mencapai titik terendah sejak Perang Dingin di tengah klaim Beijing atas Laut China Selatan.

        Itu termasuk strategi Indo-Pasifik yang direvisi dengan kelompok-kelompok seperti Quad – Australia, India, Jepang, dan AS – muncul untuk melawan lebih lanjut perluasan kepentingan China, yang ingin dilihat Beijing dilindungi oleh sekutu utamanya di ASEAN, Kamboja, ketika Phnom Penh mengasumsikan ketua ASEAN tahun depan.

        Analis mengatakan itu menempatkan negara-negara ASEAN dalam posisi yang sulit di mana mereka harus menyeimbangkan kepentingan mereka sendiri antara China dan Barat ketika semua orang keluar dari pandemi.

        “Jelas ASEAN telah terpukul besar dengan COVID, tetapi saya pikir secara umum semua orang menantikan penyelesaian situasi itu, tetapi sementara itu, secara ekonomi sangat mahal bagi mereka semua,” kata Totten.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: