Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apakah Amerika dan China Benar-benar Menyepakati Perjanjian Taiwan? Sepertinya Tidak Semudah Itu

        Apakah Amerika dan China Benar-benar Menyepakati Perjanjian Taiwan? Sepertinya Tidak Semudah Itu Kredit Foto: Getty Images/Xinhua
        Warta Ekonomi, Taipei -

        Apakah Amerika Serikat dan China memiliki kesepakatan tentang status politik Taiwan? Pertanyaan itu muncul pada Selasa (5/10/2021) ketika Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan mitranya dari China, Xi Jinping, telah setuju untuk "mematuhi perjanjian Taiwan", membuat banyak orang di seluruh dunia menggaruk-garuk kepala.

        Mengutip laman Al Jazeera, Jumat (8/10/2021) Biden membuat pernyataan di Gedung Putih sebagai tanggapan atas pertanyaan wartawan tentang meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan, dengan Beijing mengirim lebih dari 150 pesawat militer ke Taiwan selama tiga hari berturut-turut di tengah perayaan berdirinya China.

        Baca Juga: Waspada, Aksi Pasukan Khusus Amerika di Taiwan Bisa Bikin China Murka

        Pada Senin (4/10/2021) saja, ia mengirim rekor 56 jet tempur ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ), memaksa angkatan udara Taiwan untuk mengacak-acak jetnya sebagai tanggapan.

        “Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan,” kata Biden kepada wartawan ketika ditanya tentang tindakan provokatif China.

        “Kami setuju kami – kami akan mematuhi perjanjian Taiwan. Di situlah kita berada. Dan kami menjelaskan bahwa saya tidak berpikir dia harus melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian,” tambahnya.

        Presiden AS tampaknya merujuk pada percakapan 90 menit yang dia lakukan dengan Xi pada 9 September. Dan sementara pernyataannya tampaknya ditujukan untuk menenangkan ketakutan, itu hanya menyebabkan kebingungan.

        Karena tidak ada kesepakatan resmi antara Beijing dan Washington tentang Taiwan.

        Dikenal secara resmi sebagai Republik Tiongkok (ROC), Taiwan adalah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang terletak sekitar 161 kilometer (100 mil) di lepas pantai daratan China. Ini adalah demokrasi dengan pemerintah dan militer yang terpisah. Namun terlepas dari kemerdekaan de facto, sebagian besar negara tidak menganggap Taiwan sebagai negara terpisah karena klaim China atas wilayah tersebut.

        Setelah terpencil dari Imperial China, Taiwan dijajah oleh Jepang selama Perang Dunia. Pada tahun 1949, kaum nasionalis Tiongkok melarikan diri ke sana setelah kalah perang saudara berdarah melawan komunis yang mendirikan Republik Rakyat Tiongkok (RRC) dengan pemerintahnya di Beijing.

        Di Taipei, pemerintah ROC nasionalis terus mengklaim mewakili seluruh China dan bahkan menduduki kursi di Dewan Keamanan PBB. Tetapi sejak tahun 1971 dan seterusnya, sebagian besar negara –termasuk AS– mulai menjatuhkan pengakuan diplomatik ROC di Taipei demi RRC di Beijing.

        Perselisihan historis ini merupakan inti dari prinsip “Satu China” yang banyak digembar-gemborkan Beijing.

        Sementara Beijing telah berulang kali mengancam akan menggunakan kekuatan jika Taiwan pernah secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan, keributan pedang telah meningkat di bawah Xi, yang melihat penyatuan kembali Taiwan dengan China daratan sebagai masalah warisan.

        Ketakutan akan konflik habis-habisan kini tumbuh.

        Pejabat pertahanan Taiwan mengatakan Beijing dapat memiliki kemampuan untuk melakukan invasi skala penuh ke Taiwan pada tahun 2025.

        Lev Nachman, seorang peneliti postdoctoral di Harvard's Fairbanks Center di AS, mengatakan pemerintahan Biden tampaknya menganggap serius ketegangan di Selat Taiwan. Tetapi dalam mengacu pada perjanjian Taiwan, kemungkinan presiden AS hanya salah bicara, katanya.

        Baca Juga: Sebelum Akhir Tahun, Joe Biden Pastikan Termui Xi Jinping dalam Suasana Resmi

        "Kebingungannya adalah tidak ada yang namanya 'perjanjian Taiwan' apalagi kesepakatan apa pun yang terkait dengan Taiwan," kata Nachman. Tetapi “rasa frustasi melihat bahasa tidak tepat pada saat yang seharusnya,” tambahnya.

        Ambiguitas Strategis

        Ini menandai kedua kalinya Biden menyebabkan kebingungan tentang kebijakan AS terhadap Taiwan.

        Pada bulan Maret, ketika ditanya tentang komitmen AS kepada sekutunya di Asia Pasifik setelah keputusan untuk menarik pasukan dari Afghanistan, Biden tampaknya menyarankan AS akan membela Taiwan jika diserang dari China.

        “Mereka adalah … entitas yang telah kami sepakati berdasarkan bukan perang saudara yang mereka alami di pulau itu atau di Korea Selatan, tetapi pada kesepakatan di mana mereka memiliki pemerintah persatuan yang, pada kenyataannya, berusaha untuk menahan orang jahat. dari melakukan hal-hal buruk kepada mereka,” katanya.

        “Kami telah membuat, menepati setiap komitmen. Kami membuat komitmen suci pada pasal 5 bahwa jika memang ada orang yang menyerang atau mengambil tindakan terhadap sekutu NATO kami, kami akan merespons. Sama dengan Jepang, sama dengan Korea Selatan, sama dengan Taiwan. Itu bahkan tidak sebanding dengan membicarakan hal itu.”

        Pejabat Gedung Putih kemudian harus mengklarifikasi bahwa AS tidak memiliki perjanjian pertahanan formal dengan Taiwan, meskipun dengan Korea Selatan dan Jepang.

        Apa yang dimiliki AS adalah kebijakan “ambiguitas strategis” dan Undang-Undang Hubungan Taiwan tahun 1979.

        Disahkan setelah Washington menarik pengakuan diplomatiknya atas ROC demi RRC, undang-undang tersebut tetap mengamanatkan AS untuk “melestarikan dan mempromosikan hubungan komersial, budaya, dan hubungan lain yang luas, dekat dan bersahabat antara rakyat Amerika Serikat dan orang Taiwan”.

        Disebutkan bahwa keputusan AS untuk menjalin hubungan diplomatik dengan RRT “bergantung pada harapan bahwa masa depan Taiwan akan ditentukan dengan cara damai” dan bahwa AS akan mempertimbangkan segala upaya untuk menentukan masa depan Taiwan dengan “selain cara damai. , termasuk dengan boikot atau embargo” sebagai ancaman terhadap perdamaian dan keamanan kawasan Pasifik Barat.

        Undang-undang tersebut selanjutnya mewajibkan AS untuk membuat “tersedia bagi Taiwan artikel pertahanan dan layanan pertahanan dalam jumlah yang mungkin diperlukan untuk memungkinkan Taiwan mempertahankan kapasitas pertahanan diri yang memadai”.

        Dalam tarian hubungan diplomatik yang kompleks yang melibatkan China, Taiwan, dan AS, bahkan tindakan atau pilihan kata terkecil pun dapat membawa makna yang signifikan.

        Ambil contoh 'One China', yang artinya berbeda bagi Beijing dan Washington.

        Untuk yang pertama hanya ada 'Satu China' dan itu diperintah oleh Beijing - itu adalah dalih untuk klaimnya bahwa Taiwan hanyalah sebuah provinsi di daratan dan bukan negara merdeka.

        Namun, bagi AS, 'Satu China' lebih ambigu.

        “Kebijakan “Satu China” kami *bukan* Prinsip “Satu China” Beijing, terlepas dari desakan Beijing bahwa memang demikian,” Jessica Drun, pakar hubungan lintas selat dan non-penduduk di think-tank yang berbasis di Arlington, Project 49 Institute, tulis di Twitter minggu ini. “Posisi resmi AS adalah bahwa status Taiwan belum ditentukan.”

        Satu China dan Satu China

        Setelah Undang-Undang Hubungan Taiwan disahkan, AS melarang kontak tingkat tinggi antara kedua pemerintah dan membatasi dukungannya ke Taiwan untuk penjualan senjata berkala.

        Tetapi karena ketegangan dengan China telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, pemerintahan mantan Presiden Donald Trump meningkatkan dukungan untuk Taiwan, menyetujui sekitar $5,1 miliar dalam penjualan senjata pada tahun 2020 saja dan mengizinkan kunjungan resmi tingkat tinggi ke Taipei.

        Baca Juga: LCS Panas, Pengamat Blak-blakan Bagikan Citra Satelit Manuver China Dekat Kapal Induk Amerika

        Pemerintahan Biden melanjutkan dan meningkatkan kebijakan era Trump.

        The Wall Street Journal pada Kamis (7/10/2021) melaporkan bahwa sekitar dua lusin anggota layanan AS telah melatih pasukan darat dan maritim Taiwan "setidaknya selama satu tahun".

        Pentagon tidak mengkonfirmasi atau menyangkal laporan tersebut.

        “Dukungan dan hubungan pertahanan kami dengan Taiwan tetap selaras melawan ancaman saat ini yang ditimbulkan oleh Republik Rakyat China,” kata Juru Bicara Pentagon John Supple dalam sebuah pernyataan.

        Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, sementara itu, pada Kamis (7/10/2021) mengatakan kepada wartawan bahwa komitmen AS untuk Taiwan adalah "kokoh".

        Banyak komentator berasumsi bahwa AS akan secara otomatis membela Taiwan jika pulau itu diserang oleh China, bahkan jika itu tidak secara resmi dijabarkan dalam perjanjian apa pun.

        Austin Wang, asisten profesor Ilmu Politik di Universitas Nevada, Las Vegas, mengatakan orang-orang di Taiwan tampak terpecah atas pernyataan Biden tentang “perjanjian Taiwan” tergantung pada kecenderungan politik mereka terhadap Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa, yang mendukung visi Taiwan yang berbeda dari China, atau Kuomintang (KMT) yang lebih bersahabat dengan China.

        KMT dikenal untuk membina hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan China dan didukung oleh kepentingan bisnis besar di Taiwan. Faksi KMT yang lebih konservatif, bagaimanapun, terus menyerukan penyatuan meskipun pandangan itu sekarang bertentangan dengan masyarakat Taiwan arus utama.

        Wang mengatakan pendukung pro-DPP tampak tidak terganggu oleh Biden, sementara mereka yang condong ke tengah atau kanan ke arah KMT lebih skeptis terhadap niat presiden AS terhadap Taiwan.

        "Mereka berpikir bahwa 'perjanjian Taiwan' Biden adalah bukti lain bahwa Taiwan hanyalah bidak catur di papan catur, menunjukkan bahwa Taiwan tidak memiliki suara di masa depannya sendiri karena perjanjian itu hanya dibuat antara Xi dan Biden," katanya.

        “Selain itu, Biden menyebutkan bahwa pembicaraannya dengan Xi terjadi bulan lalu, tetapi semua orang Taiwan menyaksikan peningkatan tajam serangan minggu ini. Jadi, tampaknya pembicaraan itu tidak berdampak negatif terhadap stabilitas Selat Taiwan,” pungkas dia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: