Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Orang Taiwan Curhat Rasanya Menjadi Penduduk yang Hidup di Tempat Paling Berbahaya di Bumi

        Orang Taiwan Curhat Rasanya Menjadi Penduduk yang Hidup di Tempat Paling Berbahaya di Bumi Kredit Foto: Reuters/Ann Wang
        Warta Ekonomi, Taipei -

        Taiwan mendapat sorotan awal tahun ini ketika The Economist menyebut pulau itu sebagai "tempat paling berbahaya di bumi." Banyak penduduk Taiwan memutar mata mereka pada karakterisasi itu, tetapi itu mengejutkan pembaca yang terbiasa mendengar Taiwan disebut sebagai "titik nyala" dan tempat "yang paling mungkin memicu perang antara Amerika Serikat dan China."

        Gagasan bahwa Taiwan berada di ambang konflik militer dengan Republik Rakyat China (RRC) tersebar luas. Pada bulan Maret, Laksamana Phil Davidson, komandan keluar pasukan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), mengatakan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat bahwa RRC kemungkinan akan menyerang Taiwan dalam waktu enam tahun.

        Baca Juga: Bagaimana Amerika Melindungi Taiwan Tanpa Berperang dengan China?

        Alasan kondisi berbahaya Taiwan biasanya disebabkan oleh dua faktor. Pertama, tekad pemerintah RRC untuk menyatukan—atau mencaplok, jika Anda mau—Taiwan dan menggabungkannya ke RRC, dan kedua, keengganan rakyat Taiwan untuk bersatu—atau dianeksasi.

        Sebuah survei baru-baru ini, melansir Brookings.edu, Kamis (14/10/2021) menunjukkan bahwa orang Amerika jelas khawatir tentang ancaman terhadap Taiwan. Namun diskusi strategis tentang potensi konflik mengabaikan suara-suara penting dalam masalah ini: apakah orang-orang di Taiwan berbagi kekhawatiran tentang konflik militer yang akan segera terjadi?

        Banyak pejabat AS cenderung berpikir bahwa penduduk Taiwan terlalu acuh tak acuh terhadap ancaman yang mengancam ini. Kebijaksanaan umum sering memiliki dua penjelasan yang terhubung.

        Yang pertama adalah bahwa setelah 70 tahun, ancaman militer begitu rutin sehingga kebanyakan orang Taiwan tidak lagi memperhatikan atau bereaksi terhadapnya. Penjelasan kedua adalah bahwa orang Taiwan percaya serangan itu tidak rasional, dan dengan demikian tidak mungkin.

        Tapi selain kebijaksanaan umum, bagaimana orang-orang di Taiwan benar-benar melihat taktik intimidasi militer RRC?

        Baca Juga: Putin Ingatkan China Jangan Lebay Gunakan Kekuatan Besar pada Taiwan

        Apakah mereka percaya konflik militer adalah suatu kemungkinan? Bagaimana pandangan mereka sejalan dengan kebijaksanaan konvensional pejabat Amerika?

        Pada Mei 2021, kami mensurvei 1000 penduduk Taiwan dan menemukan bahwa, bertentangan dengan kepercayaan populer, orang Taiwan tidak hanya jauh lebih sadar akan aktivitas militer daripada yang mungkin kita pikirkan, tetapi kekhawatiran mereka tentang potensi konflik juga lebih kuat daripada yang biasanya kita rasakan.

        Orang Taiwan tidak kebal terhadap ancaman perang

        Meskipun benar bahwa orang Taiwan menjalani hidup mereka sebagian besar tanpa hambatan oleh ancaman perang yang menjulang, mereka sama sekali tidak menyadari ancaman itu. Dalam penelitian kami, 57,6% responden mengatakan mereka khawatir bahwa perang adalah kemungkinan yang berbeda.

        Ketika dirinci berdasarkan identifikasi partai, kami menemukan mayoritas responden DPP dan KMT mengkhawatirkan kemungkinan perang.

        Baca Juga: Dahsyat! Pakar Militer Tahu Taiwan Tidak Bisa Berbuat Apa-apa atas China, Bahayanya Adalah...

        Namun responden KMT lebih khawatir tentang perang daripada responden DPP, tetapi responden kedua belah pihak memiliki kekhawatiran yang sama, menunjukkan bahwa ketakutan akan konflik militer menjangkau lorong politik Taiwan meskipun biasanya tingkat keberpihakan tinggi.

        Ketakutan akan konflik tidak hanya terbatas pada orang Taiwan yang lebih tua yang mengingat ketika kedua sisi Selat tidak memiliki kontak langsung dan bahkan menganggap diri mereka berperang.

        Memecah respons berdasarkan usia, kami menemukan konsistensi yang mencolok dalam respons di seluruh kelompok usia. Sementara responden di atas 50 tahun sedikit lebih khawatir tentang kemungkinan perang, semua generasi muda mempertahankan tingkat kekhawatiran yang sama.

        Temuan ini menentang penggambaran pemuda Taiwan sebagai naif atau kurang menyadari realitas politik Taiwan.

        Tekanan militer dan kekhawatiran meningkat, tapi tidak ada tanda kepanikan

        Kami juga menanyakan apakah responden merasa ancaman militer dari China meningkat dalam enam bulan sebelumnya.

        Contoh intimidasi militer — intrusi ke wilayah udara Taiwan, latihan militer di wilayah Taiwan — sebenarnya meningkat pada periode itu, tetapi kami ingin tahu apakah orang Taiwan memperhatikan atau merasakan peningkatan jumlah mereka. Mereka lakukan.

        Sebagian besar – 79% – responden kami mengakui bahwa frekuensi aksi militer China yang ditujukan ke Taiwan telah meningkat dalam enam bulan sebelumnya. Temuan ini menunjukkan bahwa masyarakat Taiwan dapat merasakan perbedaan tingkat perdamaian relatif di Selat Taiwan dari sebelum eskalasi dimulai hingga saat ini.

        Meskipun tidak sering ada reaksi besar dari masyarakat sipil ketika RRC menerbangkan pesawat tempur melalui Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ), kejadian ini tentu diperhatikan oleh audiens domestik Taiwan.

        Memperhatikan bahwa RRC telah meningkatkan tekanan militernya tidak membuat sebagian besar orang Taiwan takut bahwa serangan akan segera terjadi. Ketika ditanya apakah mereka lebih khawatir daripada enam bulan lalu, hanya 30% responden yang menjawab ya.

        Ditanya apakah menurut mereka Xi Jinping lebih mungkin atau lebih kecil kemungkinannya untuk menyerang Taiwan daripada dia lima tahun lalu, 46% responden mengatakan dia lebih mungkin, sementara 45% mengatakan kemungkinannya tidak berubah.

        Baca Juga: Gawat! Jika Perang Amerika vs China Pecah, Pakar Khawatir Peristiwa Tahun 1996 di Taiwan Bisa...

        Hasil ini menunjukkan bahwa penduduk Taiwan sadar, tetapi tidak perlu khawatir tentang konflik militer langsung dengan RRC. Mereka juga jauh lebih sadar akan tekanan militer yang meningkat dari PLA daripada yang tampaknya disadari oleh banyak pembuat kebijakan AS.

        Namun, tidak semua orang Taiwan menginternalisasikan ancaman ini sebagai hal yang mengerikan. Mereka khawatir, tetapi mayoritas tidak berpikir sudah waktunya untuk panik.

        Karena RRC telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan dalam beberapa tahun terakhir baik melalui retorikanya maupun dalam aktivitas militernya, pemerintah Tsai Ing-wen telah menanggapi dengan berupaya meningkatkan kemampuan militer Taiwan dan untuk mengumpulkan lebih banyak dukungan masyarakat sipil untuk angkatan bersenjata.

        Hasil kami menawarkan tinjauan yang beragam. Terlepas dari upaya Presiden Tsai, orang Taiwan tidak melihat peningkatan kemampuan pertahanan pulau itu. Ketika ditanya bagaimana perasaan mereka tentang kemampuan pemerintah mereka sendiri untuk membela Taiwan sehubungan dengan meningkatnya intimidasi Beijing, responden pesimis.

        Hampir seperempat – 25,8% – melihat peningkatan kapasitas pertahanan Taiwan, sementara 35% percaya Taiwan kurang mampu mempertahankan diri daripada sebelumnya, dan 40% mengatakan tidak ada perubahan dalam kemampuan pertahanan Taiwan. Jelas, upaya lebih lanjut diperlukan untuk meyakinkan penduduk Taiwan bahwa militer mereka sepenuhnya mampu melindungi mereka.

        Mengurangi faktor AS

        Studi sebelumnya telah menemukan bahwa faktor kunci apakah orang Taiwan percaya bahwa mereka dapat berhasil dipertahankan adalah apakah mereka berpikir AS akan turun tangan untuk membantu.

        Media dan laporan ahli yang menyamakan antara Afghanistan dan Taiwan telah memunculkan kembali perdebatan mengenai apakah AS dapat dan akan membantu Taiwan jika terjadi konflik militer.

        Presiden Tsai telah menjawab pertanyaan itu secara langsung. Alih-alih mendorong orang-orangnya untuk mengandalkan pelindung dari luar, dia menekankan bahwa orang Taiwan harus dapat melindungi diri mereka sendiri.

        Untuk melakukannya, dia menganjurkan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk pertahanan dan juga mendorong militer untuk menunjukkan kepada penduduk Taiwan bahwa mereka mampu membela mereka.

        Baca Juga: Haruskah Amerika Membuka Perang dengan China untuk Membela Taiwan? Pakar Bongkar Kemungkinan...

        “Ini bukan pilihan bagi Taiwan untuk tidak mengambil tindakan sendiri dan hanya mengandalkan orang lain untuk melindungi kami,” tulis Tsai dalam posting Facebook 18 Agustus. Dia menambahkan, “Satu-satunya pilihan Taiwan adalah membuat dirinya lebih kuat, lebih bersatu, dan lebih bertekad untuk mempertahankan diri.”

        Orang Taiwan mengakui RRC sebagai ancaman. Tetapi mereka tidak memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap angkatan bersenjata mereka sendiri. Namun, pesimisme mereka tidak mencegah mereka, misalnya, menginvestasikan miliaran dalam kapasitas manufaktur semikonduktor baru.

        Bagi orang Amerika yang melihat Taiwan melalui lensa konflik strategis, ini sulit dimengerti. Mengapa orang Taiwan tidak mengkhawatirkan keamanan mereka seperti kita?

        Penelitian kami menunjukkan bahwa sementara konflik di Selat Taiwan mungkin terjadi, hanya sedikit orang Taiwan yang percaya bahwa itu sudah dekat atau tak terhindarkan. Meskipun demikian, itu ada di benak pemerintah Taiwan dan rakyat Taiwan.

        Garis perak bagi pemerintah Tsai adalah bahwa kekhawatiran tentang ancaman militer dibagi di seluruh garis partai dan kelompok umur. Jarang sekali masyarakat sipil bersatu dalam demografi ini. Temuan itu merupakan tanda positif bahwa mungkin ada dukungan politik untuk memperkuat kesiapsiagaan militer.

        Membujuk penduduk Taiwan untuk mendukung militer, bagaimanapun, tetap menjadi tantangan penting bagi pemerintahan Tsai dan penerusnya.

        Baca Juga: Mata Dunia Tertuju ke Taiwan, India Mulai Pasang Badan Ingat Perbatasannya dengan China

        Singkatnya, penduduk Taiwan mungkin tidak bereaksi sekuat orang Amerika terhadap intimidasi yang meningkat dari Beijing, tetapi itu bukan karena mereka tidak menyadarinya.

        Sementara orang Taiwan mungkin tidak panik, mereka jauh lebih sadar akan lingkungan geopolitik mereka daripada yang dihargai oleh pengamat Amerika. Stereotip orang Taiwan dengan riang mengabaikan ancaman eksistensial sama sekali tidak akurat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: