Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Bisnis Anda

        Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Bisnis Anda Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kepercayaan konsumen merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan suatu bisnis. Untuk dapat menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis yang berbasis secara online atau offline. Sudah sepatutnya kepercayaan dari pelanggan adalah poin utama yang menjadi kunci kesuksesan bisnis.

        Oleh karena itu, tidak usah merasa heran lagi jika sekarang sudah banyak pelaku usaha bisnis digital yang memanfaatkan sistem online dalam meningkatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap bisnis mereka. Baca Juga: Ini Tantangan UMKM di Era Digital

        Padahal sejatinya, untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan adalah suatu hal yang harus diraih tidak dengan cara yang instan atau terbilang mudah. Sebab, para pelaku usaha harus bisa membuat strategi yang sesuai agar menjangkau semua kalangan.

        Dampak Positif dari Membangun Kepercayaan Konsumen

        Apabila Anda membandingkan dengan jumlah penjualan dan pelanggan baru, maka kebanyakan perusahaan akan lebih memilih untuk menjaga hubungan dengan konsumen lama. Hal ini karena berdasarkan keuntungan yang didapatkan akan jauh lebih besar.

        Baca Juga: Mobilitas Dilonggarkan, Keyakinan Konsumen Menguat Drastis

        Jadi dengan kata lain, menjaga suatu hubungan dan kepercayaan dari pelanggan akan membuat peningkatan keuntungan yang perusahaan peroleh. Jika Anda masih tidak percaya, berikut dampak positif dari membangun kepercayaan para pelanggan, seperti dirangkum, Jumat (22/10/2021).

        1. Membangun Loyalitas Kepercayaan Konsumen Terhadap Suatu Merek

        Ketika Anda memiliki pelanggan yang loyal, maka berapapun harga yang Anda tawarkan kepada mereka akan tetap terjual. Tidak hanya itu saja, ketika Anda membuat suatu produk premium dan mereka membeli. Maka, Anda akan menghasilkan keuntungan yang banyak.

        2. Tidak Perlu Takut Jika Ingin Menaikkan Harga

        Berapapun harga yang Anda tawarkan, pelanggan loyal akan tetap menerima produk tersebut. Mengapa demikian? Sebab mereka sudah sangat memahami kualitas produk dan kinerja pelayanan yang Anda berikan terhadap pelanggan, 

        Sebaliknya dengan pelanggan baru, Anda harus bisa untuk membuat mereka yakin dengan produk yang Anda tawarkan terlebih dahulu. Jadi hal ini akan menjadi tantangan Anda untuk menarik konsumen baru agar membeli produk.

        3. Dapat Meningkatkan Pembelian Produk

        Jika pelanggan yang sudah merasa puas dengan layanan produk yang Anda berikan kepada mereka, maka mereka akan dengan senang hati untuk menambah pesanan produk mereka pada bisnis Anda. 

        Jadi, hal itu akan membantu Anda dalam meningkatkan pembelian produk. Jika mereka sudah membeli banyak produk, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa melebihi dari keuntungan konsumen baru. Sebab, konsumen baru cenderung tidak yakin untuk membeli banyak produk sekaligus.

        Berikut strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen:

        1. Komunikasi dengan Konsumen

        Dengan melakukan komunikasi yang aktif kepada konsumen, maka kepercayaan mereka pun akan semakin meningkat terhadap bisnis dan produk Anda. Anda bisa melakukan komunikasi secara langsung maupun hanya melalui media sosial tertentu. 

        Anda juga jangan ragu dalam menawarkan produk dan memastikan komunikasi telah berjalan dengan lancar. Berikan jawaban dan respon yang sesuai dan juga tepat agar membuat konsumen menjadi lebih aman dalam melakukan transaksi pembelian produk Anda.

        2. Berikan Informasi yang Jelas

        Anda harus memberikan deskripsi lengkap mengenai produk yang akan diperjual belikan. Namun untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, maka tidak ada salahnya Anda berikan informasi tambahan yang jelas dan bisa menarik pelanggan agar semakin ingin membeli produk Anda.

        3. Buatlah Website dengan Nama Domain yang Terpercaya

        Menjual suatu produk dengan menggunakan website adalah cara yang tepat. Sebab, pada zaman sekarang memang bisnis online sangat diminati oleh banyak orang. 

        Website dapat digunakan sebagai portofolio untuk membangun kepercayaan dari pelanggan, namun tentu saja harus menggunakan domain yang friendly dan bagus untuk membuat website tetap terlihat profesional.

        Anda bisa membeli domain di Niagahoster untuk kebutuhan pembuatan website agar membangun kepercayaan konsumen yang lebih mendalam.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: