Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Panglima Militer Sudan Bilang Kudeta Dilakukan buat Menghindari Perang Sipil

        Panglima Militer Sudan Bilang Kudeta Dilakukan buat Menghindari Perang Sipil Kredit Foto: AP Photo/Sudan TV
        Warta Ekonomi, Khartoum -

        Panglima angkatan bersenjata Sudan membela perebutan kekuasaan oleh militer, dengan mengatakan dia telah menggulingkan pemerintah untuk menghindari perang saudara.

        Berbicara pada konferensi pers pertamanya sejak mengumumkan pengambilalihan, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mengatakan tentara tidak punya pilihan selain mengesampingkan politisi yang menghasut melawan angkatan bersenjata. Dia mengatakan tindakan militer tidak berarti kudeta.

        Baca Juga: Sudan Kudeta, Pemerintahan Bubar Usai PM Ditangkap, Kepala Militer: Angkatan Bersenjata Bereskan...

        "Bahaya yang kita saksikan minggu lalu bisa membawa negara itu ke dalam perang saudara," katanya, merujuk pada demonstrasi menentang kemungkinan kudeta, melansir Reuters, Rabu (27/10/2021).

        Pengambilalihan militer atas pemerintah berkuasa pada Senin (25/10/2021) menghentikan transisi Sudan ke demokrasi, dua tahun setelah pemberontakan rakyat menggulingkan otokrat Islam lama yang berkuasa Omar al-Bashir.

        Burhan telah muncul di TV pada Senin untuk mengumumkan pembubaran Dewan Berdaulat, sebuah badan yang dibentuk setelah penggulingan Bashir untuk berbagi kekuasaan antara militer dan warga sipil dan memimpin Sudan menuju pemilihan umum yang bebas.

        Laman Facebook kantor Perdana Menteri Abdalla Hamdok, yang tampaknya masih dikuasai loyalis Hamdok, menyebutkan sejumlah menteri dan politisi sipil masih ditahan di lokasi yang tidak diketahui. Saksi mata mengatakan orang tak dikenal menangkap Faiz al-Salik, mantan penasihat media Hamdok.

        Hamdok, yang ditangkap pada Senin bersama dengan anggota kabinetnya yang lain, tidak dilukai dan telah dibawa ke rumah Burhan sendiri. Siddig Alsadig Almahdi dari Partai Umma, yang memiliki perwakilan di Dewan Berdaulat, juga ditangkap di rumahnya, dan aktivis Ismail Al-Tag, seorang pengacara yang aktif dalam protes anti-Bashir 2019, juga ditangkap, Menteri Luar Negeri Mariam Al-Sadiq Al-Mahdi mengatakan kepada Al Jazeera TV.

        Kemudian pada Selasa (26/10/2021), sumber yang dekat dengan Hamdok mengatakan dia dan istrinya berada di rumah mereka dan di bawah pengamanan yang ketat. Sumber keluarga mengatakan mereka tidak dapat menghubungi Hamdok atau istrinya melalui telepon.

        Baca Juga: Panglima Militer Sudan: PM Abdalla Hamdok di Rumah Saya

        “Perdana menteri ada di rumahnya. Namun, kami takut dia dalam bahaya sehingga dia ditempatkan bersama saya di rumah saya," kata sang jenderal.

        Hamdok tetap menjadi "otoritas eksekutif yang diakui oleh rakyat Sudan dan dunia", kata posting Facebook, menambahkan bahwa tidak ada alternatif selain protes, pemogokan dan pembangkangan sipil.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: