Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Luncurkan Gerakan #BangkitBersama, GoTo Telah Hadir di Surabaya

        Luncurkan Gerakan #BangkitBersama, GoTo Telah Hadir di Surabaya Kredit Foto: GoTo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Setelah meluncurkan Gerakan #BangkitBersama secara nasional pada akhir September 2021 lalu, GoTo kembali menghadirkan gerakan #BangkitBersama di Surabaya, agar UMKM lokal mampu bangkit setelah sempat meredup di tengah pandemi dan produknya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

        Gerakan #BangkitBersama di Surabaya, Jawa Timur, hadir dengan sederet program yang melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver. Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia - Leontinus A. Edison mengatakan hal ini agar tercipta hubungan selaras dan bisa memberikan manfaat kepada satu sama lain dengan dukungan teknologi dan non-teknologi bagi para UMKM agar dapat beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, beragam program untuk mendorong daya beli konsumen, hingga membantu mitra driver supaya tetap produktif, sehat, dan aman. 

        “UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia harus bisa beradaptasi dan menciptakan peluang agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, terutama di tengah persaingan yang ketat,” katanya melalui sebuah pers rilis, Selasa (09/11).

        Baca Juga: Valuasi GoTo Tembus USD30 Miliar, Investor Lokal Untung Besar

        Ia juga menjelaskan sebagai karya anak bangsa, ekosistem GoTo - yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna mendorong kapasitas pegiat UMKM lokal serta mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat agar lebih efisien.

        “Melalui berbagai inisiatif hyperlocal serta kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya lewat rangkaian kegiatan #BangkitBersama, GoTo berharap dapat menawarkan solusi menyeluruh bagi UMKM lokal, konsumen, mitra driver dan masyarakat sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah hingga nasional yang terdampak pandemi. Dengan UMKM berjaya, Indonesia bisa sejahtera.”

        Salah satu bentuk dukungan GoTo kepada UMKM di Surabaya, Jawa Timur, adalah dengan menghadirkan program promosi GoFood, bagi para pedagang yang tergabung di Sentra Wisata Kuliner Surabaya pada akhir Oktober 2021 lalu. Lewat program ini, para mitra GoFood berhasil memperoleh kenaikan nilai transaksi hingga 28%.

        Selain itu Tokopedia juga mendukung pameran UMKM dan produk unggulan tahunan Jawa Timur, Jatim Fair Hybrid 2021, yang diselenggarakan secara online lewat Tokopedia dan berhasil mendorong peningkatan transaksi para UMKM lokal yang mengikuti kegiatan ini dengan nilai paling tinggi mencapai 13x lipat.

        Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan Surabaya dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner karena banyaknya industri rumahan kuliner yang terkenal sampai ke kota-kota lain. Terlebih data dari Gojek juga mencatat anggota Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya mencapai lebih dari 5000 UMKM dan merupakan kota dengan basis anggota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bandung.

        “Fokus GoTo adalah untuk memberdayakan berbagai UMKM di Surabaya agar dapat tumbuh kembang. Dengan dukungan solusi digital dari GoTo bersama inisiatif seperti Sentra Wisata Kuliner dari Pemerintah Kota Surabaya, Kami percaya UMKM di Surabaya akan #BangkitBersama, makin berkembang dan tidak kalah saing dengan produk-produk brand besar,” ujarnya.

        Tidak hanya melalui program yang bersifat promosi, GoTo juga berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya juga melalui beragam program pengembangan skill bagi para pelaku UMKM lewat Kelas Maju Digital Pemula. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 11 dan 19 November 2021 mendatang dengan peserta ribuan UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya, baik kuliner dan non kuliner. 

        “Tidak akan terjadi pergerakan UMKM kalau kita tidak berkolaborasi. Hal ini sendiri dibuktikan dengan kisah bagaimana Gojek GoPay Tokopedia ini jadi GoTo, jadi satu dan mengembangkan UMKM seperti di Sentra Wisata Kuliner ini. Ada orang pesan jadi tidak harus datang karena bisa melalui digital, jadi bisa berjualan dari rumah. Pada saat itu Pemerintah harus jadi fasilitator, dan harus bangkit bersama,” ungkap Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

        Untuk diketahui, secara berkelanjutan GoTo melalui GoTo Financial, dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur, akan mendorong pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di Surabaya untuk mendorong tumbuhnya literasi keuangan, serta mendorong UMKM Surabaya go-digital lewat GoFood dan Tokopedia.

        Baca Juga: Tokopedia Klaim Selama Kuartal III Transaksi Alami Lonjakan. Ini Penjelasannya...

        Lalu beberapa inisiatif utama dalam #BangkitBersama secara nasional mencakup hyperlocal untuk mendekatkan masyarakat dengan produk UMKM setempat melalui teknologi geo-tagging serta tingkatkan skala bisnis penjual dengan TokoCabang. Serta untuk menjawab keterbatasan sumber daya dan pengetahuan bisnis Gijek mengatakan akan memanfaatkan platform digital, GoTo juga menghadirkan infrastruktur pemberdayaan UMKM berorientasi lapangan kerja, seperti Akademi Mitra Usaha Gojek (KAMUS), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Konferensi Maju Digital dan GoTo UMKM Center. 

        Selain itu GoTo juga mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan memfasilitasi pemberian vaksinasi 400 ribu mitra Gojek di 75 kabupaten dan kota di Indonesia, menginisiasi pendirian Rumah Oksigen Gotong Royong di Jakarta, serta mendonasikan 600 alat konsentrator oksigen kepada 53 kabupaten dan kota di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nuzulia Nur Rahma
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: