Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        China Jalani Proyek Besar-besaran di Wilayah Tibet, Angkatan Darat India Teringat Situasi Tahun 1962

        China Jalani Proyek Besar-besaran di Wilayah Tibet, Angkatan Darat India Teringat Situasi Tahun 1962 Kredit Foto: AFP
        Warta Ekonomi, New Delhi -

        The Centre pada Selasa (9/11/2021) mengatakan kepada Mahkamah Agung bahwa China telah membuat pembangunan besar-besaran di wilayah Tibet. Angkatan Darat membutuhkan jalan yang lebih luas untuk memindahkan kendaraan berat ke perbatasan India-China untuk menghindari situasi seperti perang 1962.

        Ini memberitahu pengadilan tinggi bahwa jalan-jalan pengumpan seperti dari Rishikesh ke Gangotri, Rishikesh ke Mana, dan Tanakpur ke Pithoragarh yang mengarah ke perbatasan utara dengan China menghubungkan kamp-kamp Angkatan Darat di Dehradun dan Meerut yang memiliki pangkalan peluncur rudal dan artileri berat.

        Baca Juga: India Waswas, Kapal Perang Terbesar dan Tercanggih Milik China Akhirnya Tiba di Pakistan

        "Pusat mengatakan bahwa Angkatan Darat harus siap untuk keadaan darurat apa pun dan tidak boleh ketahuan tidur siang seperti yang terjadi pada tahun 1962," tulis Deccan Herald, Rabu (10/11/2021).

        Mahkamah Agung berpendapat bahwa semua pembangunan harus berkelanjutan dan seimbang dengan pertahanan negara dan perlindungan lingkungan dan pengadilan tidak bisa menebak-nebak kebutuhan pertahanan negara.

        Seorang hakim agung D Y Chandrachud, Surya Kant dan Vikram Nath diberitahu oleh Jaksa Agung KK Venugopal, yang muncul di Pusat, bahwa Angkatan Darat membutuhkan jalan yang lebih baik karena perkembangan terakhir di perbatasan India-Cina.

        “Telah terjadi pembangunan yang luar biasa di sisi lain perbatasan. Mereka (China) telah meningkatkan infrastruktur dan membangun landasan terbang, helipad, jalan, jaringan jalur kereta api yang dilanjutkan dengan asumsi bahwa mereka akan berada di sana secara permanen,” dia berkata.

        Dia meminta modifikasi perintah 8 September 2020 yang telah meminta Kementerian Transportasi Jalan dan Jalan Raya (Kemenhub) untuk mengikuti edaran 2018 yang menetapkan lebar jalur lalu lintas 5,5 meter pada proyek jalan raya Chardham yang ambisius yang naik ke perbatasan China.

        Proyek strategis sepanjang 900 km ini bertujuan untuk menyediakan konektivitas segala cuaca ke empat kota suci - Yamunotri, Gangotri, Kedarnath dan Badrinath - di Uttarakhand.

        Venugopal mengatakan, “Masalah Angkatan Darat adalah bahwa mereka perlu memindahkan pasukan, tank, artileri berat dan mesin. Seharusnya tidak seperti pada tahun 1962 pasokan jatah dibuat dengan berjalan kaki ke perbatasan Cina.

        Jika jalan tersebut bukan dua lajur maka tujuan dibuatnya jalan menjadi batal. Oleh karena itu, jalur ganda harus diizinkan dengan lebar 7 meter (atau 7,5 meter jika ada trotoar yang ditinggikan)."

        Pengadilan tinggi mengatakan bahwa ia tidak dapat mengabaikan fakta bahwa ada musuh yang telah mengembangkan infrastruktur di perbatasan sampai ke pangkal dan Angkatan Darat membutuhkan jalan yang lebih baik ke perbatasan yang belum melihat perubahan radikal sejak perang 1962.

        Ketika advokat senior Collin Gonsalves, yang muncul untuk LSM Warga untuk Green Doon mengatakan bahwa Panglima Angkatan Darat saat itu mengatakan bahwa tidak perlu jalan yang lebih luas dan pasukan dapat diangkut melalui udara, bangku itu mengatakan pernyataan itu tidak sepenuhnya benar.

        “Kami tahu situasi di Himalaya. Pasukan tidak dapat diterbangkan, katakan langsung dari Chandigarh ke perbatasan sekaligus. Mereka perlu diaklimatisasi di antaranya jika tidak, tingkat gesekan akan sangat tinggi. Hari ini kita mungkin memiliki pesawat angkut berat seperti Hercules C130 tapi masih butuh waktu untuk mobilisasi pasukan. Bahkan orang yang melakukan trekking diminta untuk melakukan aklimatisasi sebelum naik ke gunung itu, "kata bangku itu.

        Dikatakan bahwa Angkatan Darat perlu memindahkan truk Tatra dan mesin-mesin berat lainnya dan tidak lupa bahwa jalan-jalan pengumpan strategis yang menuju ke perbatasan China ini belum melihat perubahan radikal sejak tahun 1962.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: