Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sukses Di GIIAS 2021, Hyundai Creta Bidik Pasar SUV Bandung

        Sukses Di GIIAS 2021, Hyundai Creta Bidik Pasar SUV Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Setelah sukses menjadi produk paling laris di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Hyundai Creta mulai menggebrak pasar Bandung dan Jawa Barat umumnya.

        Kehadiran Hyundai Creta di Bandung bersamaan dengan pameran produk lain Hyundai di Trans Studio Mall (TSM) mulai tanggal 1-5 Desember 2021 mendatang.

        Seperti diketahui, dalam ajang motorshow terbesar di Indonesia tersebut, setidaknya tercatat ada 1.477 surat pemesanan kendaraan (SPK). Dari angka tersebut, SPK Hyundai Creta meraup hampir 50 persen.

        Baca Juga: Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar Guna Tekan Harga Minyak Goreng Yang Melambung Tinggi

        "Hadirnya mobil mobil jenis sport utility vehicle (SUV) ini diyakini bakal menggebrak pasar otomotif Bandung dan Jabar umumnya pada 2022 mendatang,"kata Head Of Marketing Departement PT Hyundai Motors Indonesia, Astrid Ariani Wijana kepada wartawan di Bandung, Sabtu (4/12/2021)

        Astrid menyebutkan, Hyundai Creta merupakan mobil pertama Hyundai yang dirancang dan diproduksi total di Indonesia. Bahkan, dari aspek bentuk dan desain, Hyundai Creta disesuaikan dengan minat dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

        Hyundai Creta memiliki empat varian Active, Trend, Style, dan Prime ini dibangun dengan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari desain, mesin, hingga teknologi terbaru yang membuatnya semakin berkualitas.

        Hyundai Creta menghadirkan fitur serta desain yang belum pernah ada pada produk Hyundai sebelumnya. Apalagi, Hyundai Creta akan diproyeksikan untuk memenuhi pasar Asean.

        "Kita pakai teknologi terkini dari Hyundai, semua aspek technical dan juga alih teknologi dilakukan tidak hanya dengan manusia, tapi juga robot, jadi jangan khawatir terkait dengan kualitas,” katanya

        Hyundai Creta juga memiliki fitur bluelink dan my own Creta sebagai sebuah inovasi yang memberikan daya pikat tersendiri.

        Sedangkan, Bluelink merupakan aplikasi mobile yang mampu menyambungkan smarphone dengan Hyundai Creta, sementera my own Creta merupakan fitur personalisasi yang mencakup ubahan eksterior maupun interior.

        Baca Juga: Deretan Mobil Mewah Habib Bahar, Pelatnya Gokil Spesial Abis!

        "Kedua hal itu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama dalam hal keamanan dan kustomisasi. Melalui bluelink, pengendara dapat mengetahui kondisi kendaraan, membuka kunci pintu, menyalakan atau mematikan lampu, hingga menyalakan mobil dan mengetahui posisi parkir," jelasnya

        Bahkan, kedua fitur itu juga dapat mengidentifikasi apabila mobil terindikasi mengalami upaya pencurian, sehigga pemilik dapat menghubungi call center melalui bluelink untuk meminta penguncian mesin apabila mobil dicuri.

        Berkenaan dengan kualitas, ia menuturkan meskipun, Hyundai Creta yang diproduksi di dalam negeri secara kualitas tidak perlu diragukan lagi.

        "Pabrik kami di Delta Mas dilengkapi teknologi terkini dari Hyundai dan dibangun di lahan seluas 77.000 hektare. Ini sudah dipersiapkan semua, seperti aspek teknikal dan alih teknologi. Jadi, jangan khawatir dengan kualitas karena ada beberapa komponen yang diimpor dari Korea," jelasnya

        Astrid menambahkan selain pasar lokal, Creta juga akan diproduksi lebih banyak untuk menyasar pasar ekspor, terutama untuk negara-negara Asean.

        "Creta ini tidak hanya dijual di domestik saja, tapi akan menjadi salah satu basis untuk ekspor. Menurut saya tidak perlu khawatir karena semuanya sudah dipersiapkan," katanya.

        Saat ini, kapasitas pabrik Hyundai Indonesia mampu memproduksi 150.000 unit dan kapasitas maksimumnya yakni hingga 25.000 unit.

        Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jabar

        Adapun, Head of Regional Sales Departmen PT Hyundai Motors Indonesia, Budi Darmawan Jantania mengatakan bahwa minat terhadap produk Hyundai terus mengalami peningkatan, khususnya di Jabar. Sehingga, pihaknya optimis dapat meraup penjualan hingga 16 persen dari total penjualan nasional di kelas SUV B.

        "Creta itu masuk di SUV B yang total kontribusinya 14-15 persen, di Bandung sendiri kontribusinya tahun 2021 mencapai 16 persen, jadi kita akan menyasar di segmen tersebut dengan target yang sama,” ungkapnya

        "Di tahun 2021 kita sangat gembira, karena di atas target di awal tahun, target 2022 di kisaran 68-70.000 unit," sambungnya.

        Dia menyebutkan, setidaknya ada dua daerah yang menjadi sasaran penjualan Hyundai Creta. Dari data yang dimiliki, dua daerah tersebut menjadi peminat utama dari produk Hyundai. Untuk harga Hyundai Creta sendiri dibanderol mulai dari Rp280-Rp400 juta (OTR Jabar).

        "Tentunya Bandung (Bandung Raya), lalu Cirebon karena kota itu yang paling banyak kontribusinya,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: