Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jajaran Perusahaan Peraih Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives & Warriors 2021

        Jajaran Perusahaan Peraih Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives & Warriors 2021 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Majalah MIX Marketing & Communication kembali menggelar INDONESIA'S BEST CORPORATE SUSTAINABILITY INITIATIVES.

        Program yang memasuki tahun ke-6 ini merupakan sebuah rekognisi bagi dunia usaha di Indonesia yang berhasil menjalankan program-program keberlanjutan perusahaan (atau populer disebut program CSR/CorporateSocialResponsibility).

        Sementara itu, anugerah INDONESIA CORPORATE SUSTAINABILITY WARRIORS pada tahun ini memasuki tahun kedua. 

        Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX Marketing & Communication, mengungkapkan bahwa rekognisi ini menjadi penting, karena dapat mendorong dunia usaha untuk berbuat lebih banyak bagi kemaslahatan umat dan secara spesifik dapat mendorong mereka untuk lebih banyak lagi terlibat dalam mendukung tercapainya Sustainability Development Goals (SDGs), yang menjadi agenda dunia untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia dan melindungi bumi dari kerusakan.

        Agenda PBB untuk mendukung keberlanjutan kehidupan umat manusia dan ekosistemnya ini telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia pada 2015. 

        Berbeda dengan penyelenggaraan rekognisi untuk CSR pada umumnya, ditambahkan Lis, Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives yang diselenggarakan Majalah MIX MarComm  (SWA Media Group) menggunakan pendekatan SOCIAL MARKETING.

        "Ini untuk mendorong dunia usaha menularkan inisiatif keberlanjutan mereka secara lebih luas, lebih kreatif, innovatif, dan relevan  dengan bisnis mereka,” tandasnya.

        Program ini dibagi dalam delapan kategori, dengan merujuk pada prinsip-prinsip Marketing & Corporate Social Initiatives (MCSI) yang diperkenalkan bapak ilmu Marketing Philip Kotler dan pakar SocialMarketing Nancy Lee pada 2005; sertakonsep Creating Shared Value (CSV) yang dikembangkan Michael Porter dan Mark Kramer pada 2011.

        Ke-8 kategori itu adalah PHILANTROPHY, program kontribusi langsung kepada sebuah gerakan amal; EMPLOYEE VOLUNTEERING, program yang mendukung dan mendorong karyawan untuk berkontribusi kepada sebuah gerakan kebaikan (cause); CAUSE PROMOTION, program yang mendukung sebuah gerakan (cause) melalui peningkatan awareness dan kepedulian masyarakat; CORPORATE SOCIAL MARKETING, program yang mengkampanyekan perubahan perilaku dan memastikan perubahan perilaku tersebut dengan sumberdaya yang dimiliki perusahaan; RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICES, praktik bisnis dan investasi perusahaan yang mendukung cause tertentu, termasuk kategori ini adalah penerapan CircularEconomy atau Zero Waste; CAUSE- RELATED MARKETING (CRM), program yang mendukung sebuah gerakan lewat sumbangan keuntungan penjualan produk yang diatasnamakan konsumen; CREATING SHARED VALUE, program yang menciptakan kebijakan baru atau prosedur operasi yang memungkinkan perusahaan memaksimalkan pendapatannya serta menawarkan manfaat tambahan bagi komunitas lokal; dan PANDEMIC INITIATIVES.

        Selain rekognisi Corporate Sustainability Initiatives, sejak tahun lalu MIX MarComm memperluas anugerah ini ke kategori people dengan meluncurkan Corporate Sustainability Warrior yang terdiri dari dua kategori, yaitu Sustainability Team dan Sustainability Top Leader.

        “Corporate Sustainability Warrior adalah tokoh di dunia usaha yang mengkampanyekan dan mendorong perusahaannya untuk selalu berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih baik melalui berbagai inisiatif sosialnya,” papar Lis.

        Terkait penjurian, ada tiga tahap penjurian untuk menentukan pemenang pada program kali ini. Penjurian tahap I dilakukan dengan mengevaluasi materi yang disubmit oleh partisipan maupun berasal dari hasil riset Redaksi.

        Penjurian tahap II dilakukan melalui wawancara tatap muka melalui platform Zoom (untuk Corporate Sustainability Warriors) dan melalui Focus Group Discussion (untuk Corporate Sustainability Initiatives). Selanjutnya, pada seleksi Tahap III dilakukan finalisasi dengan mengevaluasi hasil penjurian Tahap II dua.

        “Kriteria penilaian program mencakup KONSEP, yakni objektif program dalam mendukung komitmen SDGs, kreativitas, dan inovasi; EKSEKUSI terkait penetapan target penerima manfaat tepat, organisasi penyelenggarasolid, mitra pelaksana kredibel; dan DAMPAK, dalam hal ini seberapa besarkontribusi program terhadap perbaikan kehidupan penerima benefit, banyaknya penerima benefit, dan multi-flyer effect program,” Lis menjelaskan.

        Sementara itu, ditambahkan Lis, untuk kriteria Penilaian SUSTAINABILITY WARRIORS, mencakup visi jangka panjang dan roadmap CSR perusahaan, visi korporasi dalam mendukung SDGs, Peran top leader dalam perencanaan program, dan organisasi yang mendukung eksekusi program.

        Pada kesempatan ini, ada tujuh orang dewan juri yang terlibat di Indonesia's Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2021. Mereka adalah pakar Corporate Social Responsibility (CSR), akademisi yang concern dengan isu sustanability, aktivis sustainability, dan media.

        Ketujuh orang dewan juri tersebut adalah Mas Achmad Daniri, Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governansi, dan Ketua Umum Asosiasi Governansi, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan/Compliance (GRC); Indah Budiani, Executive Director Indonesia Business Council for Sustainable Development; Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media; Dr. Emilia Bassar, aktivis Edukasi ClimateChange, Dosen Prodi Komunikasi Universitas Mercubuana;Dr. A. Edhy Aruman, Senior Editor Majalah MIX MarComm, dosen ilmu Komunikasi LSPR Business & Communications; Dyah Hasto Palupi, Senior Editor Majalah SWA  dan MIX MarComm; dan Dede Suryadi, Editor Majalah SWA.

        “Sebagai catatan, untuk fairness, juri yang terkait dengan program yang dinilai (memiliki conflict of interest) tidak diperkenankan untuk memberikan penilaian, sehingga total poin yang diperoleh merupakan nilai total average. Setiap juri mengevaluasi kategori yang relevan dengan expertise masing-masing,” tuturnya.

        Hari ini (10/12), Majalah MIX menggelar program penganugerahan “INDONESIA'S BEST CORPORATE SUSTAINABILITY INITIATIVES 2021” yang disajikan secara virtual melalui platform Zoom dan Youtube. Dalam rangkaian penganugerahan ini, MIX lebih dulu menggelar sharing session atau webinar bertajuk “No One Left Behind SDGs with Social Marketing”.

        Sejumlah pembicara dihadirkan pada webinar tersebut, antara lain Nina Sardjunani (Koodinator Tim Ahli Sekretariat SDGs), Glenn Manengkei (Head of Marketing Department PT Haier Sales Indonesia/AQUA Japan), Yuvlinda Susanta (General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo), Amalia E. Maulana Ph.D (Corporate Branding Expert), dan Andi Sitti Asmayanti, Associate Director Sustainability South East Asia Mondelez International.

        Berikut Ini Daftar Nama Pemenang “Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2021”:

        Top 10 Indonesia's Corporate Sustainability Warriors 2021, Top Leader Category; Suzy Hutomo, Chairperson The Body Shop Indonesia, Jahja Setiaatmadja, President Director PT Bank Central Asia Tbk, Ahmad Abdulaziz Al-Neama, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Melissa Siska Juminto, COO PT Tokopedia, Ka Jit, Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk, Dani M. Akhyar, Head of Community Development & CSR PT Smartfren Telecom Tbk, Yuvlinda Susanta General Manager of Corporate Affairs & Sustainability PT Lion Super Indo, M. Zaenal Abidin, Head of HR GA & Sustanaibility Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia), Atria Rai, Chief Communication Officer PT AXA Mandiri Financial Services, Intan Pratiwi Darmawanti, Country Head of Corporate Communications PT Herbalife Indonesia. 

        Csr Team Category; PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT AXA Mandiri Financial Services, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Lion Super Indo, SUN Energy (PT Surya Utama Nuansa), Indosat Ooredoo, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim. 

        Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2021. Creative Philanthropy; Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim - Bantuan Pendidikan "Melayani dengan Hati", PT Bank Central Asia Tbk - Beasiswa PPBP & PPTI BCA, PT Asuransi Allianz Life Indonesia - Income Generating for SOS CV, PT Haier Sales Indonesia (AQUA Japan) - AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel, PT Kimberly Clark-Softex (PT Softex Indonesia) - SCC’s Education and Philanthropy Pillar/PAUD Rebuilding. 

        Social Marketing; PT Smartfren Telecom Tbk - smartfren.COMMUNITY, PT Kimberly Clark-Softex (PT Softex Indonesia) - Happify Your School & WASH Program (Partnered with UNICEF), Yayasan Dharma Bhakti Astra - Program Pembinaan UMKM Bengkel di Banyumas, PT Pertamina (Persero) Tbk - Budidaya Lebah Madu, PT XL Axiata Tbk – Sisternet. 

        Responsible Business Practices, PT Lion Super Indo - #SelangkahLebihHijau, PT Kimberly Clark-Softex (PT Softex Indonesia) - Used Baby Diaper Recycling Program; Menstrual Hygiene & Health Program, PT Bank DBS Indonesia - Championing Social Enterprise, PT Coca-Cola Indonesia - #LihatDenganJernih, PT Austindo Nusantara Jaya - Koperasi untuk Masyarakat, PT Tetra Pak Indonesia - Akselerasi Ekonomi Sirkular. 

        Pandemic Initiatives, PT Tokopedia - Top Donasi for COVID-19 Relief, PT Prudential Life Assurance - Bantuan Pandemi Covid-19 Prudential Indonesia, Yayasan Dharma Bhakti Astra - Inovasi dan Kolaborasi UMKM di Tarikolot, PT SiCepat Ekspres Indonesia - Donasi Gerakan #INDONESIAPASTIBISA, PT Great Eastern Life Indonesia - #SiapJalaniHidup, PT Panasonic Gobel Indonesia - Panasonic Peduli Dampak COVID-19. 

        Cause Promotion; The Body Shop Indonesia - Semua Peduli, Semua Terlindungi #TBSfightforsisterhood, PT Bank DBS Indonesia - Towards Zero Food Waste, PT Prudential Life Assurance - Literasi Keuangan Prudential Indonesia, PT Asuransi Allianz Life Indonesia - Empowered 3.0, SUN Energy (PT Surya Utama Nuansa) - Literasi Energi #SinarUntukNegeri.

        Creating Shared Value; PT Frisian Flag Indonesia - Dairy Development Program, PT Mondelez Indonesia - Cocoa Life, Indosat Ooredoo – IDCamp, PT Bank OCBC NISP Tbk - #ONPRENEURSHIP, PT Haier Sales Indonesia (AQUA Japan) - Pembinaan Desa Wisata & Komunitas UMKM.

        Cause Related Marketing; PT Unilever Indonesia Tbk - Donasi untuk Pemulung, Pigeon - Launching Botol Motif Batik, IKEA Indonesia - 1 Toy = 1 Euro.

        Employee Volunteering; PT AXA Mandiri Financial Services - AXA Mandiri Peduli Korban Banjir Jawa Tengah, PT Bank DBS Indonesia - People of Purpose, PT Tokopedia - Nakamate Tokopedia Employee Volunteering Program.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: