Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Aplikasi ini Bantu Lebih dari 85.000 Anak Muda Indonesia jadi #AntiBoncos saat 12.12

        Aplikasi ini Bantu Lebih dari 85.000 Anak Muda Indonesia jadi #AntiBoncos saat 12.12 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sribuu, aplikasi pengatur keuangan untuk Generasi Millenial dan Generasi Z, luncurkan fitur baru berupa integrasi akun Shopee dan Tokopedia agar anak muda Indonesia lebih mudah melacak pengeluarannya saat berbelanja online.

        Generasi milenial dan generasi Z yang saat ini tengah mendominasi usia produktif cenderung memiliki pola konsumsi yang lebih boros dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

        Nyatanya, rata-rata millenial menabung kurang dari 10% pendapatannya (Alvara Strategic, 2020). Hal ini disebabkan oleh kesulitan yang dirasakan anak muda untuk mengerti kondisi keuangan mereka dan langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan keuangan mereka.

        Melihat permasalahan tersebut, Nadia Amalia (CEO and Co-Founder), Fransisca Susan (CTO dan Co-Founder), dan Fadhila (COO and Co-Founder) berinisiatif membangun Sribuu, startup yang berfokus pada aplikasi keuangan pribadi berbasis Artificial Intelligence.

        Sribuu diprakarsai ketika Nadia dan Susan mengikuti fintech pitching competition di Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat. Kemudian mereka membangun Sribuu dengan dengan misi meningkatkan literasi keuangan di Indonesia melalui teknologi.

        Menurut Nadia, Sribuu memiliki misi untuk membantu masyarakat untuk meraih kesejahteraan finansial mereka dengan satu langkah pintar, yakni memahami kondisi kondisi keuangan mereka.

        "Sribuu diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengelola keuangan mereka lebih efektif dari satu genggaman dan dengan analisa data yang terpersonalisasi," kata Nadia dalam siaran persnya.

        Terkenal dengan fitur Automatic Financial Planningnya, sekarang Sribuu tidak hanya menyediakan mengintegrasikan seluruh produk finansial yang dimiliki nasabah berupa bank dan e-wallet untuk memberikan gambaran menyeluruh atas kondisi keuangannya.

        Kini, pengguna Sribuu dapat melacak pengeluaran otomatis dari Tokopedia dan Shopee. Selain menghemat waktu, pengguna Sribuu juga mendapatkan banyak manfaat selama menggunakan fitur baru ini, salah satu pengguna Sribuu, Narendra Wicaksana, Mahasiswa berumur 21 tahun, merasa bahwa fitur ini sangat membantu ia mengendalikan keuangannya.

        "Fitur tracking transaksi otomatis ke Shopee dan Tokopedia bantu aku banget sih untuk catat belanjaan ketika 12.12 kemarin. Kerasa banget aku jadi lebih terkendali pengeluarannya dan bisa lebih banyak nabung," katanya.

        Fitur Financial Habit Analytics, yang menganalisa kebiasaan pengeluaran nasabah dan memberikan rekomendasi mengatur keuangan yang terpersonalisasi, juga salah satu fitur yang menjadi ‘penyelamat’ anak muda Indonesia dari kebiasaan boncos.

        “Sebagai seorang remaja yang sedang menikmati masa mudanya, sudah menjadi kebiasaan bagi saya untuk membelanjakan penghasilan saya untuk hal-hal sepele yang membawa kebahagiaan sementara, aplikasi ini membuat saya menyadari betapa baiknya untuk benar-benar memikirkan keuangan saya,” ucap Naomi Siahaan selaku salah satu pengguna Sribuu.

        Selama lebih dari satu tahun berdiri, Sribuu telah membantu lebih dari 85.000 pengguna untuk mengatur keuangannya dan dapat menabung 20% lebih banyak dari sebelumnya. Maka dari itu Sribuu akan terus berinovasi untuk membantu anak muda Indonesia dalam mencapai kebebasan finansial.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: