Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Tabungan?

        Apa Itu Tabungan? Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tabungan adalah ketika seseorang memiliki uang dan mereka mengurangi pengeluaran konsumtif dari pendapatan yang dapat dibelanjakan selama periode waktu tertentu. Oleh karena itu, tabungan menjadi lebihan atau surplus dana yang dimiliki seseorang setelah semua pengeluaran dan kewajiban dibayar.

        Tabungan disimpan dalam bentuk uang tunai atau setara kas (misalnya sebagai deposito bank), yang tidak memiliki risiko kerugian tetapi juga memberikan hasil yang minimal. Namun, tabungan dapat ditumbuhkan melalui investasi, yang mengharuskan uang itu dipertaruhkan.

        Baca Juga: Apa Itu Metaverse?

        Tabungan juga merupakan sejumlah uang yang tersisa setelah dibelanjakan. Orang mungkin menabung untuk berbagai tujuan atau aspirasi hidup seperti pensiun, pendidikan anak, uang muka rumah atau mobil, liburan, dan lain sebagainya. Tabungan juga biasanya dapat dialokasikan untuk keadaan darurat.

        Jika seseorang tidak memiliki tabungan, mereka mungkin hidup dari gaji ke gaji. Jika orang seperti itu mengalami keadaan darurat, seringkali tidak ada cukup uang yang ditabung untuk hidup dan mereka mungkin berisiko jatuh ke dalam utang atau kebangkrutan.

        Jenis Tabungan

        Ada berbagai jenis rekening tabungan yang ditawarkan oleh bank dengan fitur yang berbeda, antara lain:

        Rekening Tabungan

        Rekening tabungan merupakan rekening biasa yang digunakan untuk sehari-hari. Penyetoran dan penarikan juga bisa dilakukan secara online, melalui telepon, surat, atau di cabang bank fisik atau ATM.

        Suku bunga pada rekening tabungan cenderung rendah tetapi seringkali lebih tinggi daripada rekening giro.

        Rekening Giro

        Rekening giro menawarkan kemampuan untuk menulis cek atau menggunakan kartu debit yang diambil dari rekening user. Rekening giro membayar suku bunga lebih rendah daripada rekening bank lain, dan banyak dari mereka yang tidak memberikan bunga sama sekali kepada nasabah giro. Sebagai imbalannya, pemegang rekening mendapatkan dana yang sangat likuid dan dapat diakses seringkali dengan biaya bulanan yang rendah atau tanpa biaya.

        Rekening pasar uang

        Rekening pasar uang adalah rekening berbunga di bank atau credit union, namun berbeda dengan reksa dana pasar uang. Rekening pasar uang biasanya membayar tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening tabungan buku biasa dan juga termasuk penulisan cek dan hak istimewa kartu debit. Ini juga bisa datang dengan batasan yang membuatnya kurang fleksibel daripada rekening giro biasa.

        Sertifikat Deposito

        Sertifikat deposito merupakan tabungan yang membatasi akses ke uang tunai untuk jangka waktu tertentu dengan imbalan tingkat bunga yang lebih tinggi. Jangka waktu deposito berkisar dari tiga bulan sampai lima tahun; semakin panjang jangka waktunya, semakin tinggi tingkat bunganya.

        Namun, sertifikat deposito memiliki penalti penarikan awal yang dapat menghapus bunga yang diperoleh, jadi yang terbaik adalah menyimpan uang di sertifikat deposito untuk seluruh jangka waktu tersebut. Sehingga untuk mendapatkan harga sertifikat deposito terbaik sangat penting jika ingin memaksimalkan investasi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: