Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Atasi Backlog, Program Sejuta Rumah Tembus 1,1 Juta Unit

        Atasi Backlog, Program Sejuta Rumah Tembus 1,1 Juta Unit Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Realisasi Program Sejuta Rumah tahun 2021 berhasil membangun 1.105.707 unit. Sekitar 75% adalah rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), sedangkan sisanya, 25% rumah non-MBR.

        “Capaian tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan atau stakeholder perumahan. Misalnya dari para pengembang perumahan, kalangan perbankan, sektor swasta, serta masyarakat di seluruh wilayah Indonesia,” Kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, kemarin.

        Para pemangku kepentingan perumahan itu, tambah dia misalnya para pengembang perumahan, kalangan perbankan, sektor swasta, serta masyarakat di seluruh wilayah Indonesi.

        Iwan menjelaskan capaian program sejuta rumah tahun 2021 tersebut terdiri atas 826.500 unit rumah MBR dan 279.207 unit rumah non-MBR.

        Adapun rincian capaian rumah MBR terdiri dari hasil pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR sebanyak 341.868 unit, Kementerian / Lembaga lainnya 3.080 unit, pemerintah daerah 43.933 unit, pengembang perumahan 419.745 unit, CSR Perumahan 2.270 unit dan masyarakat 15.604 unit.

        Sedangkan rumah untuk non MBR berasal dari hasil pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh pengembang perumahan sebanyak 244.010 unit dan masyarakat sebanyak 35.197 unit.

        “Program sejuta rumah merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pembangunan rumah untuk masyarakat Indonesia. Kami harap hasil pembangunan rumah ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekaligus mengurangi angka backlog perumahan di Indonesia,” ujar Iwan. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Boyke P. Siregar

        Bagikan Artikel: