Satu Dekade Transformasi Traveloka Dari Metasearch ke Lifestyle Superapp
Hadir sejak 29 Februari 2012 lalu, Traveloka, lifestyle superapp di Asia Tenggara, tahun ini memperingati 10 tahun perjalanannya tumbuh bersama masyarakat Indonesia.
Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-10, lifestyle superapp ini menghadirkan program promosi bertajuk Salebrat10n serta kampanye Trave10ka BDAY BASH.
Selama satu dekade hadir di tengah masyarakat, Traveloka telah melahirkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang.
Berangkat dari metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp dengan lebih dari 20 produk dan layanan dibawah tiga pilar utama: Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).
Albert, Co-Founder, Traveloka, mengatakan inovasi menjadi kunci utama bagi kami sebagai perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen.
Selama satu dekade ini Traveloka telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkan kemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya telah mencapai jutaan, serta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap industri pariwisata dan perekonomian.
Berkomitmen untuk konsisten bertumbuh dan membawa nama Indonesia ke belahan dunia lainnya. Traveloka menjadi unicorn tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya, Indonesia.
Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
Salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari milestone Traveloka saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada tahun 2018.
Traveloka menjadi pionir yang memperkenalkan konsep yang dikenal sebagai Buy Now Pay Later (BNPL) ini di Indonesia, dengan tujuan utama untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan akses layanan fnansial sehingga membantu mereka untuk dapat mengatur cashfow dengan lebih baik.
“Masih dalam ranah layanan keuangan, Traveloka merupakan yang pertama memperkenalkan terobosan PayLater Virtual Number di Asia Tenggara, yaitu metode pembayaran dengan cicilan yang menggunakan nomor virtual,” jelas Albert.
Saat pandemi menghantam keras sektor perjalanan dan pariwisata, Traveloka tak henti berinovasi dan menyesuaikan layanannya.
Rangkaian inisiatif juga dilakukan untuk membantu penanganan pandemi di tanah air, seperti membentuk Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka di berbagai kota besar, Tes COVID-19, hingga ftur Traveloka Clean Partners.
Untuk membantu mitra yang terdampak pandemi, lifestyle superapp ini juga menggelar program ikonik EPIC Sale yang sukses meningkatkan transaksi 81.000+ mitranya hingga lebih dari 150% ditengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada.
Dalam perjalanannya di satu tahun terakhir, Traveloka terus memperkuat posisinya sebagai lifestyle superapp dengan melengkapi portofolio produk dan layanannya guna menghadirkan solusi yang menyeluruh.
Dibawah bendera Perjalanan (Travel), kini hadir Holiday Stays dengan inventori private accommodation yang lengkap serta QuickRide yang memungkinkan konsumen untuk memesan taksi melalui aplikasi Traveloka.
Sementara, ftur Traveloka Eats Delivery, Health, dan Online Xperience disematkan pada unit bisnis Local Services. Layanan Finansial (Financial Services) pun juga semakin berkembang dengan adanya Traveloka Gold, Traveloka PayLater Virtual Number hingga produk asuransi dengan cakupan yang semakin luas.
Kini, memasuki tahun ke-10, Traveloka ingin mengapresiasi konsumennya dengan menggelar program promosi bertajuk Salebrat10n dan kampanye Trave10ka Bday Bash.
Melalui gelaran Salebrat10n yang didukung oleh Traveloka Clean Partners, pengguna dapat menikmati diskon hingga 70% untuk semua kategori produk dan layanan yang tersedia di aplikasi Traveloka mulai dari 24 Februari - 2 Maret 2022.
Selama periode ini, pengguna juga berpeluang mendapat lebih banyak penawaran menarik dengan mengikuti beberapa aktivitas seperti fash sale pada pukul 19:00-21:00 WIB dan Grand Bazaar pada pukul 12:00-23:59 WIB.
Sementara itu, melalui kampanye Trave10ka Bday Bash yang berlangsung pada 16 Februari - 13 Maret 2022, Traveloka mengajak konsumennya untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Traveloka sekaligus menyampaikan impian perjalanan melalui unggahan foto atau video melalui Traveloka Explore dengan menyertakan tagar #UltahTrave10ka.
Ada kesempatan memenangkan total hadiah hingga Rp100.000.000,00 bagi 100 kreator Traveloka Explore dengan jumlah “likes” terbanyak, dan Traveloka juga akan mengabulkan perjalanan impian untuk 3 konten terbaik yang diunggah oleh konsumen setia.
Konten dari 100 kreator terbaik ini juga akan ditampilkan di Fame Explore yang berada di laman utama aplikasi Traveloka.
Adapun ftur Traveloka Explore merupakan inovasi teranyar Traveloka yang memungkinkan konsumen untuk mengunggah foto dan video singkat mengenai pengalaman perjalanan dan gaya hidup mereka yang bisa dibagikan ke teman dan publik lewat aplikasi Traveloka.
“Pencapaian Traveloka selama 10 tahun ini dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Perjalanan kami tak berhenti sampai di sini, kami akan terus melanjutkan komitmen kami untuk memberikan lebih banyak kontribusi positif kepada tanah air bersama dengan mitra-mitra kami,” tutup Albert.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: