Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tuhan Dibawa-bawa, Barat Kian Kalang Kabut Banyak Tak Paham Tentang Rusia dan Ukraina

        Tuhan Dibawa-bawa, Barat Kian Kalang Kabut Banyak Tak Paham Tentang Rusia dan Ukraina Kredit Foto: New York Times/Sergei Savostyanov
        Warta Ekonomi, Washington -

        Pada tahun 2008, Vladimir Putin mengutarakan kata-kata yang menggelegar di depan pemimpin Amerika Serikat. 

        “Kau harus mengerti, George. Ukraina bahkan bukan sebuah negara.” Itu adalah kata-kata yang ternyata cerdas yang diucapkan oleh orang kuat Rusia pada 2008, selama pertemuan dengan Presiden George W. Bush saat itu.

        Baca Juga: Apa yang Perlu Diketahui Soal Sanksi Ekonomi dan Bagaimana Dampaknya Terhadap Rusia?

        Itu adalah pernyataan kepemilikan yang jelas atas sebuah negara berdaulat, sebuah pernyataan yang memiliki resonansi khusus 14 tahun kemudian, karena saat ini Putin baru saja mengakui kemerdekaan dua wilayah Ukraina dan mengirim pasukan untuk mendukung separatis yang didukung Rusia.

        Barat marah dengan agresi Putin saat ini, serta oleh logika untuk invasi skala penuh yang tampaknya tak terelakkan.

        “Siapa dalam nama Tuhan yang menurut Putin memberinya hak untuk mendeklarasikan apa yang disebut negara baru di wilayah milik tetangganya?” tanya Presiden Biden dalam sambutan yang disampaikan dari Gedung Putih pada Selasa (22/2/2022).

        Kemarahan seperti itu, bagaimanapun, mengabaikan kebenaran yang kompleks dan tidak nyaman. Banyak orang Rusia mengakui sentimen Putin tentang Ukraina sebagian besar sesuai dengan keyakinan yang sudah mapan tentang hubungan antara negara adidaya nuklir dan tetangganya yang jauh lebih kecil, yang memiliki bahasa dan budaya yang sama.

        Itu mungkin menjelaskan mengapa banyak orang Rusia mendukung aksi militer melawan Ukraina, yang mereka lihat sebagai tanggapan yang diperlukan untuk campur tangan Barat.

        “Amerika sangat ingin memulai perang ini,” kata seorang warga Moskow yang sudah tua kepada New York Times, mengutip Putin ekspansi NATO ke Eropa Timur sebagai alasan utama konflik saat ini. Ukraina saat ini tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota, tetapi Rusia telah mengamati dengan cermat saat aliansi Barat semakin dekat selama dua dekade terakhir.

        Dibesarkan di Uni Soviet pada 1980-an, saya dapat mengatakan bahwa sebagian besar orang Rusia memandang Ukraina sebagai bagian dari Rusia. Mustahil berbicara mewakili negara berpenduduk 144 juta jiwa, apalagi lama setelah pergi. Namun, pandangan Rusia tentang geopolitik dan sejarah, secara paradoks, menjadi lebih nasionalistik yang tegas daripada selama era Soviet, ketika secara jelas menganut Joseph Stalin sebagai pemimpin teladan.

        Dengan pembubaran Uni Soviet, 14 republik dibebaskan dari cengkeraman Kremlin, hanya untuk menemukan bahwa kemerdekaan sejati bukanlah masalah sederhana. Rusia “tidak pernah menerima apa pun kecuali kemerdekaan bersyarat dari bekas republik, didasarkan pada aliansi dengan Moskow dan termasuk dalam lingkup pengaruh Rusia,” Serhii Plokhii, seorang profesor Harvard sejarah Ukraina, baru-baru ini menulis di Financial Times. Belarusia menjalin hubungan dekat dengan Rusia, sementara tiga negara Baltik berusaha (dan mencapai) hubungan dekat dengan Eropa Barat.

        Pada saat yang sama, Putin tidak pernah malu mengerahkan kekuatan Rusia jika dia melihat konsekuensi ekonomi dan budaya dari negara-negara bekas Soviet menyimpang terlalu jauh. Dia menginvasi Georgia pada 2008, kemudian Ukraina pada 2014. Krisis saat ini dapat dilihat sebagai upaya berlipat ganda untuk mengingatkan bekas republik bahwa ada konsekuensi untuk menentang Kremlin.

        Di Amerika Serikat dan Eropa Barat, Putin telah digambarkan sebagai pengganggu penghasut perang yang pantas mendapat teguran keras dari Barat.

        "Anda harus meninju hidungnya," kata mantan petugas Badan Intelijen Pusat John Sipher kepada Yahoo News pekan lalu.

        Baca Juga: Putin Akui Kemerdekaan di Wilayah Ukraina, Trump: Dia Orang Jenius!

        Barat sedang bersiap untuk melakukan hal itu, dengan sanksi dan dukungan militer ke Ukraina. Tapi semua itu tidak akan menghapus keluhan Rusia yang telah membusuk selama beberapa dekade --dan tidak dapat disangkal sedang bekerja hari ini. Memahami keluhan tersebut sangat penting untuk terlibat dalam apa yang oleh sebagian orang digambarkan sebagai Perang Dingin baru.

        Orang yang bangga dengan pencapaian intelektual dan artistik selama berabad-abad, orang Rusia tidak suka diajar oleh Barat yang tidak pernah sepenuhnya menerima mereka sebagai orang yang setara. Rusia juga tidak tertarik untuk dicaci oleh Washington tentang invasi ke negara lain, terutama setelah perang kita di Afghanistan dan Irak.

        “Kremlin memperoleh legitimasi domestik dari konfrontasi dengan Barat, selama peluru tidak ditembakkan,” Samuel Greene, seorang sarjana Inggris dari masyarakat Rusia, mengatakan kepada The Guardian.

        Dan meskipun demokrasi tidak ada di Rusia saat ini, godaan kebebasan era 1990-an begitu meresahkan dan kacau sehingga banyak orang hanya menerima otokrasi sebagai fakta kehidupan.

        “Kami tidak diserang oleh Nazi dan ada makanan di toko-toko, sejauh yang saya ketahui dia melakukan pekerjaan dengan baik,” kata seorang penduduk desa Rusia tentang Putin kepada Vice News pada tahun 2014.

        Meskipun ada ledakan protes sesekali, 70 persen orang Rusia menyetujui cara dia memerintah.

        Sejarah bagi orang Rusia juga merupakan pengalaman yang jauh lebih intim daripada kebanyakan orang Amerika, yang cenderung menyukai masa kini, dengan pandangan ke masa depan. Beberapa ketegangan yang terjadi saat ini antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung berabad-abad, ketika tweet yang sengaja provokatif dari Kedutaan Besar AS mengingatkan dunia, dalam serangkaian meme, bahwa Kiev adalah kota yang lebih tua dari Moskow.

        Kerajaan yang dikenal sebagai Kievan Rus jatuh ke tangan Mongol pada abad ke-13, untuk kemudian menjadi bagian dari kekaisaran Rusia dan, kemudian masih, dari Uni Soviet. Ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, Ukraina dan republik Soviet lainnya menjadi merdeka --perpecahan yang dilihat Rusia, bukan tanpa alasan, sebagai teguran.

        “Rakyat Lituania menolak kebohongan, dan mereka tidak takut,” kata Presiden Lituania Vytautas Landsbergis pada tahun 1991, saat negaranya menarik diri dari Uni Soviet dan masuk ke pelukan Eropa.

        Bahasa asli menggantikan bahasa Rusia di lembaga pemerintah dan sekolah. Pada saat yang sama, orang-orang Rusia yang terus tinggal di negara-negara yang sekarang merdeka khawatir bahwa mereka akan dihukum atas tindakan kejam rezim Soviet.

        Putin telah memicu ketakutan itu dengan menyebarluaskan laporan penganiayaan kekerasan terhadap Rusia oleh Ukraina. Para propagandis Kremlin yang cerdas memahami bahwa laporan-laporan itu --yang dibesar-besarkan, ketinggalan zaman, atau hanya tidak benar-- bermain pada kecemasan Rusia yang baru mulai tentang kebencian yang diarahkan kepada mereka oleh mantan rakyat di Ukraina dan di tempat lain.

        Lebih penting lagi, Putin terus merujuk pada sentimen yang sama yang dia suarakan kepada Bush pada 2008: bahwa Ukraina adalah wilayah Rusia yang tidak memiliki klaim kemerdekaan.

        “Ukraina modern sepenuhnya dan sepenuhnya diciptakan oleh Rusia,” kata Putin awal pekan ini.

        Sentimen tersebut jelas bersifat ahistoris, tetapi memiliki daya tarik yang hampir mistis bagi orang Rusia yang melihat negara mereka sebagai mercusuar regional --meskipun dengan cara yang sangat berbeda-- dibandingkan dengan Amerika Serikat.

        Tidak ada yang menyatukan Rusia seperti kenangan Perang Dunia II. Setiap anak yang tumbuh di Rusia ditanamkan dengan legenda tentang kekalahan heroik Hitler, sebuah kemenangan yang meresapi setiap aspek budaya Soviet --dan psikologi Soviet.

        Tumbuh di Leningrad, seperti yang dilakukan Putin dan saya, adalah merasakan perang di depan pintu Anda --Nazi mengepung kota selama hampir tiga tahun, yang kemudian dikenal sebagai 900 Hari.

        Tentara Merah yang mengalahkan Jerman di Front Timur terdiri dari seluruh Uni Soviet, bukan hanya Rusia, tetapi fakta itu sengaja dilupakan. Bahkan sebelum perang dimulai, Stalin melihat keragaman budaya sebagai ancaman bagi dominasi Bolshevik. Perang dengan Jerman hanya memperkuat keinginannya untuk membentuk satu budaya nasional, sebuah proyek yang dikenal sebagai “Rusifikasi.”

        Putin telah melakukan rehabilitasi yang gigih terhadap citra Stalin, yang menderita apa yang tampak seperti pukulan fatal dari pengungkapan puluhan tahun tentang teror yang ia taklukkan di Uni Soviet. Kebangkitan yang lebih baru telah mengejutkan: Stalin sekarang menikmati popularitas luas di Rusia.

        “Stalin adalah master terbaik. Dia memenangkan perang dan membangun negara dari reruntuhan,” kata seorang pengusaha Rusia berusia 44 tahun dari Rusia tengah tahun lalu.

        Sikap seperti itu hanya bisa semakin menguatkan Putin untuk mengejar jenis kebijakan yang pasti akan disetujui oleh Stalin.

        Orang Ukraina juga mengingat Stalin: Dia mengawasi kelaparan yang disengaja dari 4 juta orang Ukraina pada tahun 1930-an, kelaparan yang brutal dan berkepanjangan yang dikenal sebagai Holodomor. Dan sementara kekejaman itu diperingati dengan sebuah monumen di Washington, D.C., dan diakui sebagai genosida di tempat lain, pemerintah Rusia dengan tegas menolak tanggung jawab.

        Dan sementara sebagian besar dunia melihat Rusia sebagai penghasut dalam konflik saat ini, Putin bersikeras bahwa imperialisme Barat yang harus disalahkan.

        “Sekali lagi, mereka mengancam kami dengan sanksi,” kata Putin dalam pidato hari Senin, memprediksi dengan tepat tanggapan Biden.

        “Mereka masih akan memaksakan itu, semakin kuat dan semakin kuat negara kita. Mereka akan selalu menemukan alasan untuk menerapkan lebih banyak sanksi terlepas dari situasi di Ukraina. Satu-satunya tujuan yang mereka miliki adalah menahan perkembangan Rusia.”

        Ini adalah ide lama, yang ditarik langsung dari sejarah Soviet ke masa kini yang penuh kecemasan dan ketidakpastian.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: