Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wajib Tahu! Ternyata Begini Tips Dapatkan Paket CCTV Terbaik

        Wajib Tahu! Ternyata Begini Tips Dapatkan Paket CCTV Terbaik Kredit Foto: Unsplash/Olena Sergienko
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sebuah perusahaan tentu saja harus menjamin keamanan gedung yang dimiliki. Sistem keamanan gedung nantinya harus dapat menjamin keselamatan dan keamanan penghuni gedung ketika melakukan aktivitas. 

        Dengan menggunakan perangkat keamanan yang baik, tentu saja keamanan gedung bisa terjaga dengan maksimal. CCTV menjadi salah satu perangkat keamanan gedung yang harus dipasang. Untuk kebutuhan bisnis, kamu mungkin sudah memiliki security, tetapi untuk menambah keamanan, CCTV menjadi perangkat yang harus kamu gunakan.  

        Saat ini, banyak vendor yang mengaku memiliki paket CCTV terbaik. Tentu saja setiap vendor memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebagai pengguna, kamu pasti ingin mendapatkan CCTV yang tidak memiliki kekurangan sedikitpun, bukan. 

        Baca Juga: Uji Coba Kamera OPPO Reno7 Z 5G, Bisa Abadikan Momen Pembalap Internasional

        Tips Mendapatkan Paket CCTV Terbaik

        1. Pastikan CCTV mampu memberikan resolusi tinggi

        Sebagai sebuah kamera keamanan, tentu saja kualitas video menjadi salah satu pertimbangan utama yang harus diperhatikan. Kualitas video CCTV harus tajam dan jelas untuk melihat wajah serta mengidentifikasi tempat meskipun dari kejauhan. 

        Layaknya kamera pada umumnya, jika kamera memiliki resolusi yang rendah, tentu saja gambar tidak akan terlihat dengan jelas sehingga sulit mengidentifikasi tersangka sesudah insiden terjadi. Minimal paket CCTV terbaik memiliki resolusi 1080p X 1440p. 

        2. Memiliki kemampuan penglihatan di malam hari yang kuat

        Bukan hanya masalah resolusi, kamera yang baik juga harus memiliki teknologi terbaru sehingga bisa menampilkan gambar di malam hari dengan maksimal. Kemampuan ini harus dimiliki ketika kamu memerlukan CCTV yang handal untuk mengawasi bisnis atau lingkungan sekitar rumah di siang hari maupun di malam hari. 

        Selain itu, dengan adanya teknologi ini, CCTV juga akan handal digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Beberapa kamera CCTV sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi seperti darkfighter. Teknologi ini menggunakan optic, hingga sensor yang memberi gambar yang jelas meskipun di malam hari.

        3. Lensa sudut yang lebar

        Paket CCTV terbaik tentu saja juga harus memiliki lensa sudut yang lebar. Lensa sudut lebar ini digunakan agar dapat memberi cakupan maksimal. Dengan lensa sudut yang lebar, kamu bisa melihat banyak orang tanpa perlu menggeser kamera. 

        Dengan lensa sudut yang lebar ini, kamu bisa menggunakan satu kamera untuk memantau area yang sangat luas. Tentu saja hal ini bisa lebih menghemat anggaranmu karena kamu akan mengurangi jumlah kamera yang harus dipasang serta dioperasikan untuk mencakup ruangan yang sama. 

        4. Adanya teknologi sensor gerak

        Ciri kamera CCTV terbaik lainnya adalah memiliki teknologi sensor gerak. Sebenarnya teknologi sensor gerak ini merupakan salah satu teknologi cukup baru yang dimiliki CCTV. 

        Sensor gerak pada dasarnya diprogram agar bisa mendeteksi gerakan pada bidang pandang kamera. Sehingga, jika di dalam bidang pandang kamera terdapat gerakan, CCTV akan mengeluarkan tanda atau bunyi. 

        Kamu bisa memprogram sistem kamera CCTV untuk memperingatkan petugas keamanan yang sedang berjaga ketika ada seseorang yang tertangkap kamera padahal ia bukan anggota dari karyawan. Dengan adanya teknologi ini, tentu saja pemantauan bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah. 

        5. Memiliki pelindung kamera

        Kamera yang berkualitas tentu saja harus bisa tahan pada angin, hingga hujan. CCTV harus mempunyai rumah yang kokoh agar bisa memastikan kamera dapat menangani lingkungan yang ekstrim. 

        Biasanya, untuk kamera outdoor, kamera dibuat dengan menggunakan bahan metal. Sebelum melakukan pembelian, kamu bisa menanyakan seperti apa bahan yang dimiliki kamera tersebut. Selain itu untuk kamera yang dipasang di luar ruangan juga harus memiliki pelindung kamera. Kamu juga bisa menanyakan kelengkapan seperti ini. 

        6. Pelindung kamera anti rusak

        Bukan hanya bisa bertahan pada berbagai macam cuaca, pelindung kamera juga harus kuat. Bisa jadi penjahat mencoba menonaktifkan kamera CCTV agar bisa menghilangkan bukti perilaku mereka. 

        Dengan housing atau rumah kamera CCTV yang kuat, hal ini bisa menjaga kamera dengan baik. Ketika kamu memasang kamera, disarankan untuk memasangnya di area yang lebih tinggi sehingga bisa menjauhkan dari jangkauan. 

        7. Fungsi perekaman bisa berjalan dengan lancar

        Sebuah paket CCTV terbaik harus memiliki fungsi perekaman yang maksimal. Perekaman yang dihasilkan minimal HD atau Ultra HD. Dengan fungsi perekaman yang berjalan dengan lancar, detail gambar bisa dilihat dengan jelas mulai dari ponsel, PC hingga tablet yang kamu miliki. 

        8. Mudah untuk mengatur dan menggunakannya

        Sebuah CCTV tentu saja harus mudah digunakan dan diatur. Ketika melakukan pembelian atau pemilihan, tidak ada salahnya kamu menanyakan seperti apa proses instalasinya. Di dalam paket CCTV memang terdapat buku petunjuk, namun terkadang meskipun sudah membaca buku petunjuk, proses instalasi tetap berjalan dengan rumit dan membutuhkan waktu. 

        Berbagai Fitur yang Harus Dimiliki CCTV

        Selain berbagai hal di atas, CCTV terbaik tentu saja juga harus memiliki berbagai macam fitur. Berikut berbagai macam fitur yang harus dimiliki, seperti:

        1. Bisa membedakan benda mati dan manusia

        CCTV yang dapat mendeteksi pergerakan mungkin sudah banyak ditemukan, namun akan lebih baik jika kamu memilih paket CCTV terbaik yang mampu mendeteksi atau membedakan gerakan antara kendaraan dan gerakan manusia. 

        Dengan adanya fitur ini, ketika ada orang yang tidak dikenal akan masuk ke dalam rumahmu, CCTV akan mengeluarkan tanda atau sirine sebagai pengingat. Namun, jika hanya bisa mendeteksi pergerakan saja, tentu fungsinya akan menjadi kurang optimal. 

        Sebenarnya, untuk masalah pendeteksi gerakan ini dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika kamu ingin melakukan pemasangan di dalam rumah, CCTV yang mampu mendeteksi pergerakan saja sudah cukup. 

        Sedangkan, jika kamu ingin memasang CCTV tersebut untuk gudang atau untuk tempat parkir bisnis, tentu saja CCTV yang mampu membedakan gerakan benda mati dan manusia menjadi pilihan paling tepat. 

        2. Fitur two way audio

        Smart CCTV terbaik juga harus memiliki fitur seperti two way audio. Fitur two way audio ini memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan seseorang yang ada di depan kamera saat kamu sedang tidak ada di tempat. 

        Fitur ini sangat berguna jika kamu melakukan pemasangan CCTV di tempat bisnismu seperti di restoran. Sehingga, ketika pegawaimu membutuhkan informasi, dalam waktu cepat kamu bisa meresponnya. Biasanya, untuk fitur ini bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi dari handphone. Sehingga pengawasan bisa berjalan dengan optimal.

        3. Face recognition

        Face recognition 3D ini merupakan fitur yang bisa menangkap foto permukaan wajah manusia dengan cara 3D. software tersebut bisa mengenali bagian khusus wajah manusia contohnya saja seperti jaringan otot serta tulang wajah yang terlihat menonjol. 

        Dengan adanya fitur face recognition, cekungan mata, dagu, dan hidung bisa dikenali. face recognition bahkan dapat mengenali wajah manusia di kegelapan serta dari sudut pandang berbeda sampai 90 derajat. 

        4. Perhitungan orang

        Sistem perhitungan orang memungkinkan perhitungan jumlah orang di sebuah area dengan rinci dan real time. Contohnya saja untuk bisnis retail yang membutuhkan perhitungan orang dengan basis video untuk memperoleh data pelanggan serta menganalisis perilaku pelanggan ke lokasi mereka. 

        Dengan adanya fitur sistem perhitungan orang ini, kamu bisa dengan mudah melakukan evaluasi. Fitur ini bisa digunakan oleh event organizer sehingga lebih mudah melakukan perhitungan pengunjung. 

        5. Live stream

        Live stream atau yang sering disebut dengan CCTV online bisa memungkinkanmu untuk melihat hasil tangkapan kamera secara langsung dengan cara menyambungkan kamera CCTV dengan komputer, laptop, dan handphone.

        Rekomendasi Paket CCTV Terbaik Saat Ini

        Meskipun mengetahui berbagai macam fitur yang biasanya dimiliki CCTV, tetapi bukan berarti kamu bisa dengan mudah memilihnya, bukan. Apalagi dengan banyaknya penawaran smart CCTV terbaik yang bisa membuat kita bingung menentukan pilihan. 

        Jika masih bingung memilih mana CCTV yang tepat dijadikan sebagai pilihan, Hikvision bisa menjadi jawabannya. Hikvision merupakan vendor CCTV terkemuka yang akan menjawab seluruh kebutuhanmu. Salah satu varian yang ditawarkan Hikvision adalah Hikvision ColorVu. 

        Sebagai sebuah CCTV terbaik, ada berbagai kelebihan yang dimiliki Hikvision ColorVu, antara lain:

        1. Dapat memberikan informasi warna seperti yang sesungguhnya

        Hikvision ColorVu mampu melakukan render warna dengan sangat akurat. Dengan render warna yang sangat akurat ini, semua gambar yang terekam oleh Hikvision ColorVu bisa terlihat seperti aslinya. 

        Dengan kemampuan ini, tentu saja kamu bisa lebih mudah melakukan analisis ketika terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan. Bukan hanya itu, Hikvision ColorVu memiliki kinerja yang sangat luar biasa, meskipun digunakan di lingkungan cahaya yang rendah. 

        Hikvision ColorVu dapat menangkap gambar hingga 0,0005 lux, ukuran ini seperti kegelapan malam tanpa bulan dan bintang serta tidak diterangi oleh cahaya lampu. Hebat sekali, kan!

        2. Memberikan detail yang lebih banyak

        Sebagai paket CCTV terbaik, Hikvision ColorVu juga dapat memberikan detail yang lebih banyak. CCTV ini bisa merekam informasi mulai dari warna hingga detail yang sangat kaya. Bahkan, ketika kamu melakukan analisis gambar dan melakukan zoom, gambar tidak pecah dan seluruh detail tetap terlihat dengan jelas. 

        Tentu saja, detail ini jauh lebih kaya bila dibandingkan dengan CCTV analog yang menampilkan gambar hitam dan putih. Oleh karena itu, gambar yang ditampilkan jauh lebih realistis.

        3. Mampu memberikan pengalaman visual yang jauh lebih baik

        Hikvision ColorVu mampu memberikan pengalaman visual yang jauh lebih baik, bahkan ketika dipasang di luar, kecerahan yang diberikannya sangat seimbang. 

        Hikvision ColorVu juga memiliki fitur aperture super F1.0, fitur ini merupakan sensor lanjutan sehingga dapat menangkap cahaya dengan jumlah sebanyak mungkin untuk kebutuhan sensor. 

        Hikvision ColorVu juga memiliki fitur 1/1.2” large sensor. Fitur ini dapat memaksimalkan penggunaan cahaya yang tersedia saat itu. Bagaimana dengan resolusi? Tidak perlu cemas, Hikvision ColorVu memiliki resolusi hingga 4K. seperti yang kita ketahui, resolusi 4K mampu memberikan hasil gambar dengan sangat jelas. 

        Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan Hikvision ColorVu, tak ayal Hikvision ColorVu menjadi salah satu paket CCTV terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan sekarang ini. Ganti CCTV analogmu dengan teknologi terbaru dari Hikvision ColorVu sekarang juga. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: