Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Keren! Suami Istri di India Bangun Startup Masing-Masing, Keduanya Sudah Unicorn!

        Keren! Suami Istri di India Bangun Startup Masing-Masing, Keduanya Sudah Unicorn! Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Suami istri asal India berhasil membangun startup unicorn bernilai USD1 miliar (Rp14,3 triliun). Tak hanya satu, pasangan ini memiliki startup yang dibangun masing-masing. Terbaru adalah Oxyzo Financial Services, startup pinjaman digital yang didirikan bersama oleh Ruchi Kalra.

        Mereka mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya mencapai tonggak sejarah dengan penggalangan dana perdananya sebesar USD200 juta (Rp2,8 triliun) yang dipimpin oleh Alpha Wave Global, Tiger Global Management, Norwest Venture Partners dan lainnya.

        Kurang dari setahun sebelumnya, OfBusiness, startup milik suaminya Asish Mohapatra mencapai penilaian yang sama setelah mendapat dukungan dari SoftBank Group Corp.

        Baca Juga: Jadi Investor Awal Gojek, Bos Northstar Patrick Walujo Ungkap Rahasia Agar Startup Dilirik Investor

        Melansir Bloomberg di Jakarta, Jumat (25/3/22) Kalra (38) dan Mohapatra (41) adalah alumnus Institut Teknologi India. Mereka bertemu saat bekerja di McKinsey & Co.

        Kedua perusahaan rintisan yang mereka bangun itu menguntungkan, suatu prestasi yang tidak biasa bagi perusahaan-perusahaan muda yang sedang berkembang. Kalra adalah CEO Oxyzo, sementara Mohapatra adalah CEO OfBusiness.

        Matrix Partners and Creation Investments juga berinvestasi di Oxyzo dalam salah satu putaran Seri A terbesar di industri startup India.

        Oxyzo yang merupakan gabungan kata oksigen dan ozon, didirikan oleh Kalra, Mohapatra, dan tiga orang lainnya pada tahun 2017 sebagai cabang dari perusahaan rintisan pertama pasangan itu, OfBusiness, yang mereka mulai bersama tiga orang lainnya pada awal 2016.

        Oxyzo menggunakan teknologi untuk mengolah data dan menyediakan pembiayaan pembelian untuk bisnis dengan memberikan pinjaman berbasis arus kas di negara yang kekurangan kredit, di mana usaha kecil dan menengah berjuang untuk mendapatkan modal kerja.

        OfBusiness yang secara resmi dikenal sebagai OFB Tech Pvt., memasok bahan baku massal seperti baja, solar, biji-bijian makanan, dan bahan kimia industri untuk usaha kecil dan menengah.

        Valuasinya telah melampaui USD1 miliar (Rp14,3 triliun) ketika SoftBank dan lainnya berinvestasi pada April tahun lalu, menurut Mohapatra. Pada bulan Desember, penilaian startup mencapai hampir USD5 miliar (Rp71,6 triliun) karena SoftBank dan lainnya memasukkan lebih banyak uang ke dalamnya.

        Kalra, yang merupakan mitra di McKinsey, meninggalkan perusahaan untuk bergabung dengan kekuatan wirausaha bersama suaminya yang keluar dari perusahaan modal ventura Matrix.

        “Kami berdua sangat ingin keluar dan membangun sesuatu,” katanya.

        Kedua startup tersebut berjalan secara terpisah dengan kantor dan tim yang berbeda, kata Kalra. Namun, mereka menargetkan industri yang sama seperti manufaktur dan subkontrak infrastruktur. Kedua startup ini berbasis di Gurgaon, di pinggiran kota New Delhi.

        Oxyzo memiliki lebih dari 500 karyawan dan gudang data yang berspesialisasi dalam analisis rantai pasokan. Startup ini telah mengucurkan lebih dari USD2 miliar (Rp28,6 triliun) pinjaman dan telah menguntungkan sejak awal.

        Dalam pernyataan itu, investor Norwest menggambarkan Kalra sebagai pendiri wanita pertama di India dari unicorn fintech yang menguntungkan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: