Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BEM SI Gelar Demo 11 April, Dapat Dukungan PA 212: Memang Rezim Ini Sudah Sangat Zalim dan Gagal

        BEM SI Gelar Demo 11 April, Dapat Dukungan PA 212: Memang Rezim Ini Sudah Sangat Zalim dan Gagal Kredit Foto: Instagram/Novel Bamukmin
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menanggapi aksi demo 11 April yang dilakukan Badan Ekskutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) menyatakan dukungannya. Bahkan PA 212 berniat akan berpartisipasi turun ke jalan bersama BEM SI.

        BEM SI akan menggelar aksi demo pada Senin, 11 April 2022. Aksi yang kemudian dikenal dengan Demo 11 April ini akan digelar serentang di seluruh kota di Indonesia.

        Baca Juga: Sebut Mahasiswa Hanya Cari Sensasi, Ruhut Sitompul Tantang BEM SI Lumuri Kotoran Manusia

        Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PA 212 Novel Bamukmin mengatakan tuntutan yang disampaikan BEM SI sejalan dengan PA 212, yakni membela jeritan rakyat.

        "Saya pribadi mendukung aksi BEM se-Indonesia, karena memang rezim ini sudah sangat zalim dan gagal. Sehingga rakyat semakin menjerit," katanya dikutip radartegal, Minggu (10/4/2022).

        Baca Juga: Catatan IPW untuk Polri dalam Demo Mahasiswa 11 April: Tindakan Represif Harus Dihindari

        Meski demikian, Novel belum mengungkapkan secara detail, apakah Alumni 212 nantinya akan ikut turun ke jalan pada 11 April. Tapi dipastikan pihaknya mendukung penuh aksi 11 April.

        "Walau sampai saat ini kami secara resmi belum berkordinasi dari pihak manapun terkait aksi BEM se-Indonesia. Apa yang disuarakan BEM juga sama dengan kami sedari itu kami mendukung aksi besar-besaran BEM," tegasnya.

        Diberitakan sebelumnya, sedikitnya 1000 (seribu) mahasiswa akan menggelar aksi Demo 11 April di depan Istana Negara, Jakarta.

        "Massa aksi demo 11 April 2022 yang akan digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta sekitar seribu orang," kata Ketua BEM SI, Lutfhi Yufrizal, Minggu, 10 April 2022.

        Baca Juga: Kawasan Istana Ditutup karena Demo Mahasiswa, Ini Titik-titik Pengalihan Arus Lalin di Jakarta

        Dikatakannya, ada 18 tuntutan mahasiswa terhadap pemerintah. Namun, yang akan disampaikan di kepada Presiden Joko Widodo di depan Istana hanya enam. Adapun enam tuntutan yang akan dibacakan tersebut, yaitu:

        1. Menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.
        2. Mendesak stabilitas harga kebutuhan pokok.
        3. Mendesak pemerintah memberikan jaminan kesediaan barang-barang pokok bagi masyarakat.
        4. Mendesak membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
        5. Mendesak Presiden Jokowi menunjukkan sikap tegas terhadap wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.
        6. Mendesak Presiden Jokowi mengusut kasus mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja para menteri. Namun, yang paling utama adalah soal tiga periode Joko Widodo dan menunda pemilihan presiden.

        Baca Juga: Viral Yel-yel 'Potong Bebek Angsa' Jelang Demo Mahasiswa 11 April, Liriknya Sindir Pemerintah

        Diungkapkannya pula, terkait Demo 11 April ini pihaknya telah berkirim surat pemberitahuan ke kepolisian. "Kami berharap kepolisian tidak membubarkan paksa massa aksi demo 11 April 2022," katanya. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: