Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Brand Ini Sukses Hadirkan Kampanye Pemasaran Ramadan dan Idulfitri, Apa Saja?

        5 Brand Ini Sukses Hadirkan Kampanye Pemasaran Ramadan dan Idulfitri, Apa Saja? Kredit Foto: Grab
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Seiring dengan persiapan menyambut Idulfitribrand mulai gencar melakukan marketing campaign yang memotret tema-tema lebaran dengan mengangkat nilai-nlai yang bisa mendekatkan brand dengan konsumen.

        Melihat hal tersebut, perusahaan consumer intelligence Talkwalker mengamati dan merangkum sejumlah brand yang berhasil membawa nuansa Ramadan dan Idulfitri dengan baik.

        1. Grab Indonesia - Bisalah Ramadan Lancar Jaya

        Baca Juga: Ketua MPR Ingatkan Tahun 2022 Bulan Ramadan Sebagai Momentum Pemulihan Ekonomi

        Dalam video iklan tersebut, Grab Indonesia mempromosikan layanan dan diskon dengan konsep yang ringan dan lucu dengan penampilan empat kru pesawat ruang angkasa yang diserang oleh alien, lalu kehilangan santapan untuk sahur dan berbuka, sekaligus parsel Idul Fitri. Kemudian, karena pengantaran dari Grab, kru pesawat dapat menyetok kembali suplai makanan mereka dengan cepat.

        Marketing campaign ini mendapat sambutan luar biasa dengan jumlah penonton video di YouTube mencapai 6,8 juta. Salah satu daya tarik dari campaign ini adalah penampilaan makanan, barang kebutuhan sehari-hari, serta layanan pengantaran paket melalui narasi fiksi ilmiah yang unik.

        2. Downy Spesial Ramadan 2022 - The Power of a Hug

        Video ini menampilkan seorang ayah berusia lanjut tak lagi mengenali anak laki-lakinya setelah terpisah selama 2 tahun, namun dengan kekuatan pelukan, ia berhasil mengingat kembali. Melalui kampanye ini Downy menyoroti dua hal penting dalam tema Lebaran, yaitu cinta dan keluarga.

        Baca Juga: Gelar Program Ramadan, Berikut Berbagai Promo dari OPPO!

        Menurut Talkwalker, video dari Downy Indonesia ini tak lekang waktu, khususnya di tengah pelonggaran aturan perjalanan domestik di Indonesia sehingga tahun ini masyarakat bisa mudik dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih. 

        Berdasarkan pengamatan di Talkwalker, persentase sentimen positif dan negatif seputar mudik cukup sebanding. Sebagian warga gembira dengan diperbolehkannya mudik setelah 2 tahun pembatasan perjalanan, sementara sebagian lagi mengungkapkan rasa frustasinya berkaitan dengan keharusan vaksinasi bagi warga yang ingin mudik Lebaran. 

        3. IM3 - Alunan Temu #KembaliSilaturahmi

        Video bertema Lebaran dari penyedia layanan internet IM3 ini berhasil menarik perhatian konsumen yang tercermin pada jumlah penonton video di YouTube yang mencapai 20 juta dalam 7 hari.

        Video iklan ini memiliki semua elemen yang dibutuhkan untuk mendapatkan kampanye marketing Lebaran yang sukses. Video ini menyentuh hati penonton melalui cerita tentang kegembiraan tiga sahabat yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran bersama, setelah terpisah karena adanya pembatasan selama pandemi Covid-19.

        Ditambah dengan iringan lagu Alunan Temu yang dibawakan oleh Isyana Sarasvati, Hindia dan Bilal Indrajaya, penonton dibuat terlarut dalam pesan yang disampaikan.

        4. OPPO Indonesia - Kebersamaan Baru di Ramadan

        Baca Juga: Pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa untuk ketiga kalinya sejak awal Ramadan

        Melalui film pendek dari OPPO Indonesia ini, kita melihat keluarga berkumpul untuk merayakan kegimbaraan Ramadan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dengan menggunakan beragam produk OPPO. Kampanye ini merangkum tema-tema kunci seperti keluarga dan kebersamaan, sambil memperlihatkan hal-hal yang dapat mendekatkan keluarga dengan menggunakan beragam gadget OPPO.  

        5. Tokopedia - Bedug (Bersama Dapat Untung) Mitra Tokopedia

        Menyambut bulan Ramadan tahun 2021, Tokopedia meluncurkan program Bedug Mitra Tokopedia untuk membantu UMKM meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, melalui pemberian cashback, diskon grosir, serta kurikulum #SIAPRAMADAN2021. Sebagai bagian dari program #SIAPRAMADAN2021, pedagang di platform Tokopedia memiliki akses mendapatkan materi edukasi, serta mengikuti virtual talk show dan webinar yang disesuaikan dengan level pedagang, serta bertujuan membekali pedagang dengan informasi yang dibutuhkan agar bisnisnya meningkat. 

        Talkwalker juga melihat bahwa Tokopedia mendorong banyak tagar seputar percakapan Ramadan dan Idul Fitri di Indonesia selama 30 hari terakhir. Dengan tagar #TokopediaTVShow dan #TokopediaRamadanEkstra yang mendapatkan banyak penyebutan (mention), terlihat jelas bahwa brand ini dapat memanfaatkan momen Ramadan untuk menciptakan kampanye bermakna yang menjadi perhatian konsumen.

        Baca Juga: Soal Pengiriman Terbaik dan Tercepat, Selamat! Tokopedia Juaranya

        Berdasarkan sejumlah pengamatan terhadap brand yang telah dipaparkan sebelumnya, Talkwalker menemukan pola umum kampanye yang digemari oleh masyarakat Indonesia selama Ramadan dan Idulfitri, yaitu konsep cinta, keluarga, memberi, kegembiraan, serta kreativitas.

        "Dengan unsur-unsur utama ini, brand yang ingin menarik konsumen Indonesia selama momen Ramadan dan Lebaran akan dapat meluncurkan kampanye yang efektif, yang tidak hanya mempromosikan produk dan layanan mereka, melainkan juga menggugah emosi konsumen," kata Benjamin Soubies, Managing Director (APAC & Japan) Talkwalker.

        Oleh karena itu, Benjamin merekomendasikan agar brand dapat merancang kampanye dengan pesan yang khas dan terpesonalisasi. "Ketika mereka mempunyai pemahaman mendalam tentang nilai dan persoalan yang dekat dengan keseharian konsumen, dan bahkan ini akan semakin kuat ketika dipandu dengan data konsumen," tutup Benjamin.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: