Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Riset Tunjukkan Perusahaan Pengirim Paket Jadi Aspek Penting bagi Konsumen Indonesia

        Riset Tunjukkan Perusahaan Pengirim Paket Jadi Aspek Penting bagi Konsumen Indonesia Kredit Foto: Ninja Xpress
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Laporan E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021: Uncovering SEA online shoppers & delivery preferences yang dirilis oleh Ninja Xpress dan DPD Group menunjukkan 89% konsumen Indonesia yang berbelanja online mementingkan perusahaan jasa kirim yang melakukan pengiriman paket. Dalam hal ini, Indonesia menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan negara SEA lainnya.

        "Informasi siapa perusahaan yang mengirim paket dapat memberikan tingkat kepastian pada saat paket dikirim dan jaminan layanan kepada paket yang mereka pesan," kata Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

        Baca Juga: Ninja Xpress Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan saat Ramadan

        Berdasarkan hasil riset, pembeli online juga mulai terlibat dalam perdagangan ritel lintas batas. Lebih dari separuh responden di Indonesia (52%) telah membeli dari situs web asing, dan sebagian besar menyatakan telah melakukannya beberapa kali. Selain membeli dari dalam wilayah SEA langsung, banyak yang menyatakan bahwa mereka telah membeli dari negara-negara Asia lainnya seperti China, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan/atau Korea Selatan. 

        Perilaku konsumen khususnya di Indonesia ini dinilai menjadi sinyal kuat bagi ritel online untuk memaksimalkan potensi mereka yang besar dan memperluas basis pelanggan secara regional atau bahkan global. Pengiriman, sebagai tahap akhir dari belanja online, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keseluruhan pengalaman.

        Banyak juga pembeli di Indonesia yang menyatakan keinginan yang besar untuk pelacakan paket secara real-time dan layanan cepat seperti same day delivery. Hal ini mencerminkan kebutuhan akan layanan dan fasilitas yang memungkinkan pembeli menyesuaikan pengalaman pengiriman paket sesuai dengan kebutuhan mereka.

        Baca Juga: SiCepat dan Indonesia Pasti Bisa Berikan Bantuan ke Panti Asuhan

        "Pandemi telah banyak mengubah cara masyarakat berbelanja yaitu dengan mengutamakan belanja secara online. Seiring dengan semakin seringnya mereka berbelanja online, pembeli tentu menginginkan pengalaman berbelanja yang semakin beragam namun mudah dan lancar, termasuk pengiriman barang," tutur Andi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Aldi Ginastiar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: