Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Biar Gak Boros, Simak Nih 3 Tips Jitu Atur Keuangan Pasca Lebaran ala DANA

        Biar Gak Boros, Simak Nih 3 Tips Jitu Atur Keuangan Pasca Lebaran ala DANA Kredit Foto: DANA
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menjelang berakhirnya Ramadan dan datangnya Hari Raya Idul Fitri, DANA membagikan tips jitu mengelola keuangan. Pasalnya, momen Ramadan dan Idulfitri juga memancing aktivitas yang mengeluarkan uang banyak, seperti berbelanja, pemberian tunjangan hari raya (THR), hingga mudik ke kampung halaman.

        "DANA memahami kebutuhan masyarakat terhadap fitur yang dapat membantu mereka mengelola keuangan. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Emtrade juga memberikan trik jitu untuk para pengguna agar keuangan mereka tetap sehat pasca Ramadan," kata Putri Dianita, VP of Corporate Communications DANA Indonesia, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

        Baca Juga: Akan Diresmikan Puan Maharani, The New Kemukus Targetkan Peningkatan Wisatawan Saat Lebaran

        Tips tersebut terangkum menjadi tiga poin utama, yaitu mengukur kembali profil keuangan, menyusun portofolio sesuai cita-cita, dan menyusun struktur persentase portofolio investasi ke beberapa kelas aset.

        "Sisihkan dana untuk berinvestasi. Sebelum menentukan jenis investasi yang akan dipilih, langkah penting pertama yang perlu dilakukan adalah melihat kembali profil keuangan," ujar Putri.

        Dalam hal ini, DANA memfasilitas upaya tersebut melalui Rapor DANA. Pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan untuk melihat status, pemahaman, dan kebiasaan pengelolaan keuangannya. Pengguna kemudian akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Tidak hanya itu, pengguna pun akan terus mendapatkan edukasi keuangan secara gratis untuk membantu menentukan langkah finansial dengan lebih bijak.

        Baca Juga: Mendekati Puncak Arus Mudik Lebaran, Pemerintah Terus Tingkatkan Pengamanan

         Kemudian, pertimbangan lain yang juga perlu diperhatikan dalam merencanakan keuangan berikutnya adalah menentukan tujuan yang diinginkan. "Caranya dengan memproyeksikan tujuan investasi, risiko aset, dan kebutuhan yang ditargetkan," jelasnya.

        Terakhir, setelah mengetahui profil keuangan saat ini dan tujuan ke depan, kini waktunya menyusun struktur persentase portofolio yang diharapkan. Ada tiga faktor penentu diantaranya horizon investasi, toleransi risiko, dan usia investor. Sebab, kesuksesan dalam proses investasi 90% ditentukan dari alokasi asetnya.

        Aulia Akbar, CFP®, AEPP®, Financial Planning Coach Emtrade, menambahkan terdapat dua hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun portofolio investasi, yaitu alokasi aset dan diversifikasi. Alokasi aset adalah kegiatan menyusun persentase portofolio ke beberapa kelas aset yang berbeda, misalnya dari total dana investasi disebar ke saham, obligasi, emas, dan cash.

        Baca Juga: THR Mandek? atau Kurang? Segera Laporkan ke Posko THR

        Sementara itu, diversifikasi adalah kegiatan penyebaran dana ke satu kelas aset investasi, misalkan dari aset saham dia sebar di sektor perbankan, manufaktur, teknologi, dan lainnya, sementara di obligasi dia punya obligasi pemerintah tenor panjang dan pendek.

        Selain tiga langkah di atas, DANA juga dapat dipergunakan pengguna untuk mencatat riwayat transaksi keuangan. Lebih dari itu, DANA juga mendukung pengelolaan keuangan dengan lebih baik dengan adanya fitur penting lainnya seperti pembayaran premi asuransi, hingga pembelian investasi emas melalui DANA eMAS. Tunggu apalagi, yuk rencanakan dan kelola keuangan pasca Ramadan secara aman, mudah, dan nyaman bersama DANA.

        Baca Juga: Sebut Ade Armando hingga Abu Janda Kebal Hukum, Ustaz Ini Khawatir Islam Bisa Jadi Hancur!

        Tanya DANA merupakan program regular DANA yang mengedepankan semangat berbagi informasi mengenai berbagai manfaat layanan keuangan digital, yang disampaikan secara praktis dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Program ini juga dibawakan oleh beragam ahli di bidang keuangan digital guna memberikan pendalaman materi yang lebih menyeluruh.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Aldi Ginastiar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: