PT Jasa Marga (Persero) mengembangkan tujuh fitur utama sekaligus pembaruan user interface dalam aplikasi Travoy guna membantu pengguna jalan dalam menyiapkan perjalanan mudik agar lebih aman dan nyaman.
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Aplikasi Travoy dirancang sebagai asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan dari Jasa Marga Tollroad Command Center yang diintegrasikan di dalam aplikasi dan dapat diakses oleh masyarakat.
Baca Juga: Laksanakan Persiapan Maksimal, KAI Harapkan Mudik 2022 Berjalan Lancar
“Setelah melakukan survey kepada user dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze," ujar Heru dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (27/4/2022).
Adapun tujuh fitur tersebut merupakan 4 fitur baru dan 3 fitur yang telah ada di versi sebelumnya serta ditingkatkan efektivitasnya, di antaranya:
Cek Saldo.Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash. Struk Digital atau Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol. CCTV Real Time untuk Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.
Baca Juga: Soroti Dekatnya Anies Baswedan dan Jokowi, Pakar: Ingin Berkuasa, Sekarang Dia Kepepet...
Rest area yang menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir. Tarif Tol untuk Membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan. Informasi Lalu Lintas Terkini yang menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contra flow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.
Fitur ketujuh adalah Chat Us dengan menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.
Heru berharap, penambahan fitur-fitur baru menjawab kebutuhan pengguna jalan, terutama di saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H.
Baca Juga: Mau Mudik Aman ke Kampung Halaman? Kimia Farma Anjurkan Sinopharm Buat Vaksin Booster
"Kami memahami pengguna jalan akan membutuhkan berbagai informasi lalu lintas yang bergerak sangat dinamis, untuk bisa menentukan rute perjalanan dengan baik. Berbagai informasi yang terintegrasi dalam aplikasi Travoy diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga pengguna jalan akan selalu update dengan kondisi terkini,” ujarnya.
Dengan pembaruan aplikasi ini, Heru berharap para pengguna jalan tol bisa mempersiapkan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan lebih baik sehingga tidak terjadi hambatan, seperti terjebak kepadatan yang bisa diantisipasi sebelumnya, kekurangan saldo e-Toll atau kesulitan menemukan titik lokasi rest area.
Baca Juga: Jokowi dan Anies Baswedan Tinjau Formula E, Politisi PKS Langsung Bilang Begini
“Pembaruan ini juga diperkuat dengan dua fitur pamungkas yaitu Chat Us, yang merupakan penambahan layanan customer care kepada pengguna jalan dengan lebih mudah melalui WhatsApp serta fitur Informasi Lalu Lintas Terkini yang menyajikan jadwal pemberlakuan rekayasa lalu lintas hingga informasi gangguan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group,” tutupnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: