Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gulingkan Wakil Sayap Kanan, Pemimpin Dunia Banjiri Macron dengan Ucapan Selamat

        Gulingkan Wakil Sayap Kanan, Pemimpin Dunia Banjiri Macron dengan Ucapan Selamat Kredit Foto: Reuters/Sarah Meyssonnier
        Warta Ekonomi, Paris -

        Para pemimpin dunia membanjiri Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan ucapan selamat setelah kembali memenangi Pilpres.

        Politisi berhaluan tengah itu unggul dalam pemilu putaran 2 hari Minggu (24/4/2022) dan mengalahkan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen.

        Baca Juga: Ditumbangkan Macron, Le Pen bakal Bertarung dalam Pemilihan Parlemen Prancis

        Kemenangan Macron mendapat reaksi positif dan ucapan dari banyak pemimpin dunia.

        Presiden Dewan Eropa Charles Michel menyambut kemenangan Macron dengan mengatakan pihaknya dapat mengandalkan Prancis selama 5 tahun lagi.

        Presiden AS Joe Biden pun turut memberi ucapan. Di Twitter Biden mengatakan bahwa Prancis adalah sekutu tua Paman Sam dan mitra utama dalam mengatasi tantangan global.

        “Saya menantikan kerja sama erat kami yang berkelanjutan – termasuk dalam mendukung Ukraina, membela demokrasi, dan melawan perubahan iklim,” tambahnya 

        Kanselir Olaf Scholz mengatakan pemilih Prancis telah mengirimkan mosi percaya yang kuat di Eropa hari ini. 

        “Saya senang bahwa kami akan melanjutkan kerja sama yang baik kami,” ucap Scholz.

        Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga tak ketinggalan, dengan  menyebut Prancis sebagai salah satu sekutu terdekat dan terpentingnya.

        Johnson, dalam sebuah tweet, mengatakan dia berharap untuk terus bekerja sama dalam isu-isu yang paling penting bagi kedua negara dan bagi dunia.

        Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah berbicara dengan Macron beberapa kali sejak invasi Rusia pada 24 Februari, memberi selamat kepada rekannya dari Prancis melalui telepon.

        Di Twitter, Zelensky menyebut Macron sebagai teman sejati Ukraina.

        “Saya berharap dia lebih sukses demi rakyat (Prancis). Saya menghargai dukungannya dan saya yakin bahwa kita bergerak bersama menuju kemenangan bersama yang baru,” tulisnya dalam bahasa Ukraina dan Prancis.

        Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan kemenangan Macron adalah ekspresi hebat dari demokrasi liberal yang beraksi di waktu yang tidak pasti.

        “Kami berharap Anda dan Prancis sukses, khususnya kepemimpinan Anda di Eropa dan sebagai mitra penting Australia di Indo-Pasifik,” cuitnya.

        Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan dia berharap untuk melanjutkan kerja sama dalam isu-isu yang paling penting bagi orang-orang di Kanada dan Prancis.

        “Dari membela demokrasi, memerangi perubahan iklim, hingga menciptakan lapangan kerja yang baik dan pertumbuhan ekonomi untuk kelas menengah,” ucap Tradeu.

        Perdana Menteri Italia Mario Draghi menggambarkan kemenangan Macron sebagai berita bagus untuk seluruh Eropa.

        Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga memberi ucapan selamat kepada Emmanuel Macron.

        “Warga telah memilih Prancis yang berkomitmen pada UE yang bebas, kuat, dan adil. Demokrasi menang. Eropa menang," cuitnya

        Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo menanggapi kemenangan Macron dengan mengatakan bahwa pemilih Prancis telah membuat pilihan yang kuat.

        "Memilih nilai-nilai kepastian dan Pencerahan,” katanya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: