Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bawa-bawa Kehebatan Uni Soviet, Rusia Kirim Peringatan Sesungguhnya ke Muka Barat

        Bawa-bawa Kehebatan Uni Soviet, Rusia Kirim Peringatan Sesungguhnya ke Muka Barat Kredit Foto: Reuters/Alexander Ermochenko
        Warta Ekonomi, Singapura -

        Duta besar Rusia yang baru diangkat untuk Singapura, Nikolay Kudashev mengatakan Barat mengulangi kesalahan yang menyebabkan invasi ke Uni Soviet oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Konteksnya adalah dalam konflik saat ini di Ukraina.

        Dalam wawancara telepon baru-baru ini dengan Yahoo News Singapore, Kudashev juga mengkritik negara-negara Barat karena tidak mengakui kontribusi Uni Soviet terhadap kemenangan selama apa yang disebut Rusia Perang Patriotik Hebat dari tahun 1941 hingga 1945.

        Baca Juga: Memanas buat Perangi Rusia, Tentara Bayaran Israel Join dengan Resimen Azov

        Komentarnya muncul saat perang Ukraina memasuki bulan ketiga. Invasi skala penuh Rusia terhadap tetangganya pada 24 Februari telah menyebabkan kecaman internasional dan sejumlah sanksi terhadap Kremlin.

        Sebelum pecahnya Perang Dunia II pada 1 September 1939, Uni Soviet dan Nazi Jerman menandatangani pakta Non-Agresi pada 23 Agustus 1939 termasuk protokol rahasia untuk membagi Polandia oleh kedua belah pihak dan membatasi wilayah pengaruh lainnya. Perjanjian itu diakhiri pada 22 Juni 1941, ketika Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet.

        Kudashev mengklaim bahwa Amerika Serikat dan sekutu Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) sedang membangun pangkalan di Ukraina untuk mengulangi tragedi Perang Dunia II.

        “Seperti halnya Perang Patriotik Hebat, salah satu alasan (penyebabnya) adalah negara-negara Barat sama sekali mengabaikan seruan (peringatan) Rusia, dan ini mengilhami Nazi, fasis, dan memicu keinginan mereka untuk pindah ke timur,” kata Kudashev.

        “Sayangnya, tragedi ini berulang dengan kejadian di Ukraina dengan AS dan sekutu NATO-nya menghasut fasis, ekstremis, dan neo-Nazi di Ukraina untuk menargetkan Rusia sebagai target mereka,” imbuh dia.

        Rusia telah memperingatkan selama bertahun-tahun terhadap ekspansi NATO di Eropa timur dan menandai kemungkinan konflik militer dengan Barat atas masalah ini.

        Semua mantan anggota Pakta Warsawa kecuali Rusia, negara penerus Uni Soviet, sekarang menjadi anggota NATO, termasuk Jerman Timur melalui penyatuannya dengan Jerman Barat dan Republik Ceko dan Slovakia setelah pecahnya Cekoslowakia. Terdiri dari negara-negara sosialis, Pakta Warsawa berfungsi sebagai penyeimbang NATO selama Perang Dingin.

        Tiga negara Baltik yang merupakan bagian dari Uni Soviet --Latvia, Estonia dan Lithuania-- juga merupakan anggota NATO.

        Ukraina memprioritaskan bergabung dengan NATO sebagai anggota setelah invasi Rusia ke Krimea pada tahun 2014. Namun rencananya tampaknya goyah di tengah konflik terbaru, dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru-baru ini mengatakan bahwa negaranya tidak dapat menjadi anggota NATO untuk saat ini.

        Rusia telah berulang kali memperingatkan Ukraina tentang konsekuensi serius jika bergabung dengan NATO.

        Tuduhan kejahatan perang Rusia di Ukraina

        Konflik yang sedang berlangsung telah menyebabkan tuduhan dari para pemimpin Barat dan pejabat Ukraina tentang kejahatan perang dan penghancuran infrastruktur tanpa pandang bulu yang dilakukan oleh pasukan Rusia di seluruh Ukraina.

        Di antara mereka, Zelensky mengatakan pada 4 April bahwa pasukan Rusia telah melakukan "genosida nyata" di Bucha, di mana ratusan dilaporkan tewas di kota dekat ibu kota Kyiv.

        Baca Juga: Putin Masih Ngegas, Bos CIA Ingatkan Perang Ukraina Bisa Mengarah ke Konflik Nuklir

        Wali kota Mariupol, Vadym Boychenk, mengatakan kepada Associated Press seminggu kemudian bahwa lebih dari 10.000 warga sipil tewas selama pengepungan Rusia di kota pelabuhan Ukraina.

        Ketika ditanya tentang tuduhan itu, Kudashev dengan keras mengecam klaim "palsu dan sama sekali tidak berdasar" oleh Ukraina.

        “Sebaliknya, militer Rusia di Ukraina memperluas bantuan kemanusiaan skala besar kepada penduduk setempat dan mengamankan koridor kemanusiaan, baik itu di Mariupol, baik itu di Odessa, untuk tetap dibuka,” kata Kudashev.

        “Ini adalah nasionalis Ukraina, ekstremis yang menggunakan penduduk sipil sebagai perisai mereka dan yang menghalangi koridor kemanusiaan untuk mengambil keuntungan militer dari itu.”

        Melihat konflik Ukraina melalui lensa Perang Dunia II

        Dalam pengumumannya tentang “operasi militer khusus” di Ukraina pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan Perang Dunia II dengan mengatakan operasi itu adalah “untuk melindungi orang-orang yang telah menjadi sasaran pelecehan, genosida dari rezim Kiev” dan untuk “demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina".

        Pada hari Senin (9 Mei), Rusia akan merayakan apa yang disebut Putin sebagai "hari libur terbesar" negara itu: peringatan 77 tahun kemenangannya melawan Nazi Jerman dan Blok Poros dalam perang kolosal yang menyebabkan kematian sebanyak 27 juta warga Soviet.

        Kudashev mengatakan Putin akan memimpin perayaan, dengan jutaan orang berkumpul di kota-kota Rusia dan memegang foto nenek moyang mereka yang memimpin Uni Soviet menuju kemenangan.

        Sebuah rebutan lama bagi Rusia adalah kegagalan Barat untuk secara memadai mengakui peran Uni Soviet dalam Sekutu yang menang selama Perang Dunia II.

        Sebuah resolusi yang disahkan oleh Parlemen Eropa pada tahun 2019 mengutuk pemerintah Rusia karena terus “menghapus kejahatan komunis dan memuliakan rezim totaliter Soviet” dan mendesak Rusia untuk berdamai dengan “masa lalu yang tragis” di Perang Dunia II dan ke-20. abad.

        Dalam sebuah komentar panjang yang diterbitkan pada tahun 2020 di National Interest, sebuah majalah hubungan internasional AS, Putin mengecam “revisionisme historis” Barat atas Perang Dunia II dan berkata, “Uni Soviet dan Tentara Merah, tidak peduli apa yang orang coba buktikan hari ini, membuat kontribusi utama dan krusial bagi kekalahan Nazisme.”

        Menggaungkan posisi Putin, Kudashev berkata, “Mereka (negara-negara Barat) tidak hanya mengurangi peran, mereka tidak akan mengakui kontribusi Uni Soviet terhadap penyebab suci kemenangan. Mereka mempertanyakan dasar tatanan pasca perang dunia.”

        Duta Besar menyarankan bahwa konflik yang sedang berlangsung di Ukraina berfungsi sebagai pengingat untuk tidak melupakan pelajaran dari Perang Dunia II dan mendesak dunia untuk melestarikan warisan kemenangan perang.

        “Kita menghadapi bahaya dan tragedi perang bersama. Tidak ada alasan bagi kita untuk berpisah. Ini pesan saya untuk masyarakat Singapura menjelang perayaan (9 Mei) mendatang.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: