Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Industri Fesyen Muslim, Puteri Indonesia 2022 Gelar Road to JMFW 2023

        Dukung Industri Fesyen Muslim, Puteri Indonesia 2022 Gelar Road to JMFW 2023 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu gelar Road to Jakarta Moslem Fashion Week (JMFW) mengusung tema “Glowing with JMFW 2023" bersama 44 Finalis Puteri Indonesia, Minggu 22 Mei 2022.

        Kegiatan ini merupakan kerja sama Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Direktorat Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia pada 2024 mendatang,

        Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan Glowing Road to JMFW 2023 merupakan koordinasi nyata yang inklusif lintas sektor bersama Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Kemendag dan Kadin dalam memajukan fasyen muslim dan kosmetik halal Indonesia. 

        “Kadin berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku industri halal termasuk UMKM untuk menyesuaikan diri menuju ekosistem digital untuk memperluas akses ke pasar global melalui digital teknologi,“ ujarnya. 

        Road to JMFW 2023 dapat menjadi strategi dan promosi bagi industri fasyen muslim baik pada tingkat lokal dan dunia yang tentunya akan mempercepat pemulihan ekonomi setelah pandemi.

        Anggota Dewan Pertimbangan Persiden (Watimpres) yang juga Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani sangat mengapresiasi Road to JMW 2023 bersama Puteri Indonesia 2022, kegiatan ini juga merupakan side event dari G20 yang ditunjukan untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui industri fasyen dan produk halal.

        “Saya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh stake holder pada sektor industri halal untuk membenahi diri, memperbaiki kualitas produk dan terus menyesuaikan  sehingga dapat turut ambil bagian dan langkah strategis untuk mewujudkan industrinya sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024, “ ujarnya. 

        Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan Jasa, Kementerian Perdangan, Frida Adiati mengungkapkan, sinergi yang kuat antara industri fesyen muslim dan kosmetika nasional berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara produsen produk halal terbesar dunia.

        “Kami menyadari upaya membangun ekosistem fesyen muslim secara serius dan berkelanjutan akan memberikan efek domino bagi industri penunjang dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Selain itu, juga dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai kiblat Fasyen muslim dunia tahun 2024.  JMFW hadir  tidak  hanya  mempromosikan  produk  fasyen,  tapi  juga mengangkat potensi produk kosmetik Indonesia,” tutur Frida.

        Frida optimis Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim yang besar dapat menangkap peluang, sehingga  dapat  menguasai  pasar  produk  halal  global.  Hal itu juga mengingat  tren permintaan produk halal saat ini semakin meningkat.

        Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid menambahkan sebagaimana komitmen kita bersama untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fasyen muslim dunia, maka banyak hal yang perlu kita kerjakan bersama-sama. Sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia, tahun 2024, ditargetkan untuk deklarasi Indonesia sebagai pusat fasyen muslim dunia, melalui JMFW sebagai event internasional. Tahun 2023, ditargetkan untuk penguatan networking dengan terjun langsung dalam peta fasyen internasional. Dan, tahun 2022 ini, fokus strateginya  adalah  penguatan branding.

        “Dukungan Kementerian Perdagangan dalam pelaksanaan PPI 2022 merupakan bagian dari Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20--22 Oktober 2022 mendatang back-to-backdengan pengelenggaraanTrade Expo Indonesia 2022, di ICE BSD, Tangerang,” jelas Farid.

        Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani mengatakan Road to JMFW 2023 berkolaborasi dengan Puteri Indonesia 2022 dan Mustika Ratu dilaksanakan sebagai bentuk dukungan yang sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan indonesia sebagai Global Halal Hub di tahun 2024. Inisiatif ini dilaksanakan melalui industri fasyen dan kosmetika dengan kerjasama berbagai pihak seperti Kemendag, KADIN, Asosiasi Kosmetik, Asosiasi Pertekstilan dan juga para designer Indonesia,” ujar Kusuma Anjani.

        Seluruh produk Mustika Ratu baik kosmetika, perawatan dan kesahatan memanfaatkan bahan bahan dari alam Indonesia yang diproses melalui standar internasional dan sudah bersertifikasi halal.  Hal ini menegaskan identitas Mustika Ratu sebagai icon brand makeup yang mendukung kecantikan dan fasyen, dimana fasyen dan kosmetik sudah menjadi bagian dari halal lifestyle.

        Pagelaran Road to JMFW kolaborasi 44 finalis Puteri Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan dan membesarkan usaha disektor fasyen muslim di tanah air dan diharapkan menjadi pagelaran fesyen muslim terbesar di Indonesia yang dapat meningkatkan nilai eksport Indonesia. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: