Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kerawam KWI Ajak Umat Tanggap Soal Sosial Politik, Termasuk Pemilu Mendatang

        Kerawam KWI Ajak Umat Tanggap Soal Sosial Politik, Termasuk Pemilu Mendatang Kredit Foto: Dok. Panpel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketua Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Konferensi Waligereja Indoneia (KWI) Vincensius Sensi Potokota, berharap pertemuan nasioanl yang digelar 14 Juni 2022 sampai dengan 17 Juni 2022 di Pusat Pastoral Samadi, Jakarta Timur, dapat menghadirkan dukungan persisten untuk menjaga Pancasila.

        Adapun pertemuan ini mengusung tema 'Umat Katolik Tanggap dan Terlibat'.

        Dalam pertemuan tersebut, umat katolik didorong agar tanggap dan terlibat secara aktif dalam karya-karya sosial-politik yang menginspirasi dan menghadirkan Gereja di tengah masyarakat luas.

        “Kerasulan awam harus bergerak, menginspirasi, terlibat langsung di tengah kehidupan umat. Salah satu tugas kerasulan ini adalah menghadirkan Gereja dalam bidang sosial politik kepada umat,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/6/2022).

        Sementara itu, Ketua KWI Ignatius Kardinal Suharyo turut menegaskan pentingkan karya dan gerakan kerasulan awam di tengah masyarakat. 

        “Kita tidak sekadar menjalankan tugas  dengan motivasi  tapi juga  dengan  inspirasi iman. Allah menyampakan kehendakNYA lewat realitas sosial-politik yang tidak begitu  saja mampu kita terima dan pahami. Maka perlu kesempatan seperti Pernas untuk membaca  situasi bersama-sama," katanya.

        Dalam Pernas ini ada dua agenda utama yang dibahas, pertama membaca peta ekosistem sosial politik dalam dua tahun ke depan menjelang Pemilu 2024 dan kedua potensi polarisasi politik identitas.

        Adapun turut hadir, Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI), perwakilan Yayasan Bhumiksara, serta perwakilan sejumlah ormas Katolik. Yaitu, Pemuda Katolik (PK), Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Vox Point, Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan  Kebangsaan Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja; anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022 -2027 August Mellaz, serta, Direktur Eksekutif Charta Politika, Totok Yunarto.

        Ia pun mengatakan, “Di sinilah peran kerasulan awam yang  berhubungan langsung dengan rakyat banyak  di setiap daerah untuk memberikan pendidikan dan informasi politik yang tepat,” kata 

        Peran Kerawam KWI sendiri juga penting untuk membantu pemerintah dalam mengajak umat katolik berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

        “Pemerintah tidak dapat melakukan ini sendirian. Untuk itu kami mendorong para pemimpin kerasulan awam membantu meneruskannya kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,” tambah Asisten Deputi Koordinasi Pemilihan Umum dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam RI Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: