Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ikut Rayakan HUT ke-495 Ibu Kota, Shopee Gelar Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta

        Ikut Rayakan HUT ke-495 Ibu Kota, Shopee Gelar Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam rangka merayakan HUT ke-495 DKI Jakarta, Shopee menggelar Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta untuk mempromosikan produk UMKM lokal dan DKI Jakarta dan juga produk khas Betawi.

        Festival UMKM Ulang Tahun DKI Jakarta ini menghadirkan lebih dari 300 produk khas Betawi, di laman khusus Shopee Pilih Lokal yang bisa diakses oleh pelanggan melalui aplikasi maupun situs Shopee.

        Melansir dari siaran resminya, Rabu (22/6/2022), program yang digelar selama sepekan dari 22 hingga 30 Juni 2022 ini merupakan  dukungan Shopee bagi produk lokal DKI Jakarta dalam semangat merayakan Jakarta Hajatan.

        Sejumlah brand yang terkurasi di festival UMKM ini menyuguhkan berbagai jenis produk fesyen menarik khas Jakarta, seperti batik khas Betawi, kebaya encim, kain tumpal dan peci. Ada pula makanan khas seperti roti buaya, asinan Betawi, bir pletok, kue kering, serta produk kerajinan lokal seperti miniatur ondel-ondel, postcard dan aksesoris khas Jakarta lainnya. Tidak hanya itu, untuk semakin memeriahkan Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta, Shopee juga memberikan promo dan diskon hingga 60% bagi para pelanggan. 

        Baca Juga: Bawa Ratusan Produk UMKM Lokal ke Le BHV Marais, Shopee Hadirkan Program 'Java in Paris'

        “Dengan secara aktif mendukung pertumbuhan UMKM lokal di ibu kota melalui teknologi digital, Shopee ingin berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan. Melalui Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta ini, kami berharap produk-produk khas Betawi dapat semakin dikenal luas tidak hanya di wilayah lain di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara,” ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

        Ia melanjutkan Festival UMKM ini juga merupakan wujud Shopee dalam memaknai tema HUT ke-495 DKI Jakarta, yaitu kolaborasi, akselerasi dan elevasi. “Seperti tema ulang tahun Jakarta tahun ini, Shopee ingin menjadi bagian dari pertumbuhan UMKM lokal melalui perkembangan teknologi, sehingga pelaku usaha lokal menjadi naik kelas dan mendorong terciptanya ekosistem ekonomi mandiri,” lanjutnya.

        UMKM di ibu kota terus mengalami pertumbuhan seiring dengan perkembangan teknologi digital. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat setidaknya terdapat 1.100.000 UMKM di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2021.

        Jumlah ini setara dengan 98,78 persen dari total jumlah usaha di DKI Jakarta. UMKM menjadi sumber penyediaan kebutuhan masyarakat DKI Jakarta, dengan kontribusi terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja yang besar. 

        Pusat Pelatihan Bisnis Digital Gratis bagi UMKM DKI Jakarta

        Shopee juga memberikan pelatihan seputar bisnis digital serta pendampingan hingga fasilitas secara gratis bagi para pelaku UMKM di Indonesia melalui Kampus UMKM Shopee Jakarta yang terletak di Gedung Pakuwon Jakarta Selatan. Dukungan ini meliputi: 

        • Pelatihan Intensif: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee, yang meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.
        • Pendampingan Bisnis: Trainer Shopee akan memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis, termasuk pembukuan.
        • Fasilitas untuk Pengembangan Usaha
        1. Studio foto yang dilengkapi dengan peralatan pencahayaan agar UMKM dapat mengambil foto produk yang menarik.
        2. Ruang Live Streaming bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live (jualan secara live streaming) untuk mempromosikan produk.
        3. Fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM, seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nuzulia Nur Rahma
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: