Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Takut Asia Pasifik Dicengkram China, yang Direncanakan Amerika Bikin Xi Jinping Waswas

        Takut Asia Pasifik Dicengkram China, yang Direncanakan Amerika Bikin Xi Jinping Waswas Kredit Foto: Reuters/Aly Song
        Warta Ekonomi, Beijing -

        Koordinator Gedung Putih Indo-Pasifik Kurt Campbell pada Kamis (23/6/2022) mengatakan bahwa dia mengharapkan lebih banyak pejabat tinggi AS untuk mengunjungi negara-negara kepulauan Pasifik.

        Campbell mengatakan AS membutuhkan lebih banyak fasilitas diplomatik di seluruh kawasan, dan lebih banyak kontak dengan negara-negara kepulauan Pasifik yang kadang-kadang "menerima perhatian yang lebih rendah."

        Baca Juga: Peringatan Amerika Menghujam Turki, Anak Buah Joe Biden Ungkit-ungkit Sanksi Rusia

        "Anda akan melihat lebih banyak pejabat tingkat kabinet, lebih senior, pergi ke Pasifik ... mengakui bahwa tidak ada yang menggantikan, sungguh, sepatu bot diplomatik di lapangan," katanya kepada Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington, dilansir Reuters.

        Pemerintahan Joe Biden telah berjanji untuk memberikan lebih banyak sumber daya ke Indo-Pasifik ketika China berusaha untuk meningkatkan hubungan ekonomi, militer dan polisi dengan negara-negara kepulauan Pasifik yang haus akan investasi asing.

        Pengaruh Beijing yang berkembang disorot oleh pakta keamanannya dengan Kepulauan Solomon tahun ini, sebuah langkah yang memicu kekhawatiran di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

        “Kedaulatan adalah pusat dalam hal bagaimana kita melihat Pasifik secara keseluruhan. Setiap inisiatif yang berkompromi atau mempertanyakan kedaulatan itu, saya pikir kita akan khawatir,” kata Campbell, tanpa merujuk ke China.

        Washington mengatakan akan mempercepat pembukaan kedutaan di Kepulauan Solomon, diumumkan awal tahun ini ketika Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengunjungi Fiji, perjalanan pertama diplomat tinggi Amerika di sana dalam empat dekade.

        Campbell mengatakan dia membayangkan Fiji akan menjadi salah satu "pusat" keterlibatan Amerika Serikat.

        "Mantra kami tidak akan berarti apa-apa di Pasifik tanpa Pasifik ... kami tidak menganggap remeh ikatan ini," katanya, mengakui persepsi bahwa Washington tidak selalu cukup mempertimbangkan kebutuhan penduduk pulau.

        Monica Medina, yang bertanggung jawab untuk Kelautan dan Lingkungan Internasional dan Urusan Ilmiah di Departemen Luar Negeri AS, mengatakan daerah-daerah di mana pulau-pulau Pasifik sangat membutuhkan bantuan termasuk mengatasi perubahan iklim dan melawan penangkapan ikan ilegal.

        "Kami tahu kami memiliki banyak, banyak, lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," katanya.

        Duta Besar Fiji untuk PBB, Satyendra Prasad, mengatakan kepada acara CSIS bahwa pulau-pulau itu membutuhkan "prediktabilitas yang hebat" dan tidak ada "stop-start" dalam hubungan dengan Washington.

        "Orang-orang Pasifik dan pemerintah mereka akan menyambut kemitraan yang langgeng dengan AS yang ada untuk jangka panjang," katanya.

        Utusan Samoa untuk PBB mengatakan ada kebutuhan untuk melihat apakah perjanjian AS dengan Pasifik yang mencakup tuna dapat diperluas menjadi perjanjian perdagangan yang lebih luas.

        "Saya kira itu sudah dalam pertimbangan," kata Fatumanava-o-Upolu III Pa'olelei Luteru. "Itu sesuatu yang akan sangat membantu."

        Washington juga dapat membantu dengan mendukung Indeks Kerentanan Multi-Dimensi yang digerakkan oleh PBB untuk membantu negara-negara kepulauan mengakses pembiayaan lunak.

        Mengacu pada daya tarik China, Luteru mengatakan politisi memiliki tanggung jawab kepada rakyat mereka.

        "Jika ... Anda bertanya kepada negara tertentu dan mereka tidak dapat membantu Anda, Anda kemudian memiliki pilihan untuk mengatakan tidak, kami tidak akan memberikan layanan itu kepada orang-orang; atau Anda pergi ke negara lain yang mungkin bukan mitra tradisional, dan Anda berkata kepada mereka, dapatkah Anda membantu kami?" dia berkata.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: