Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan kegiatan Business Gathering in Republic of Korea sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia sekaligus evaluasi atas beragam program yang sudah berjalan, khususnya untuk pasar Korea Selatan.
Bekerja sama dengan Trip.com Travel Singapore Pte Ltd, Business Gathering in Republic of Korea dilaksanakan di Lotte Hotel Seoul pada 12 Juli 2022 dan dihadiri oleh 23 travel agents dan media yang memiliki paket tur ke Indonesia dan tertarik bekerja sama dengan Kemenparekraf dalam rangka meningkatkan penjualan paket wisata tersebut melalui program kerja sama terpadu.
Baca Juga: Kemenparekraf Sebut Event Internasional Dongkrak Perekonomian Nasional, Begini Rinciannya!
Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022), mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan daya tarik wisata dan produk kreatif serta memberikan kepercayaan kepada para mitra di pasar terkait penanganan pandemi dan travelling policy di Indonesia yang sangat dinamis.
"Dilakukan juga pemaparan terkait 5 Destinasi Super Prioritas. Beragam keunikan dan kekhasan tiap destinasi disampaikan secara terperinci. Dijelaskan juga kelebihan aksesibilitas dan posisi dari amenitasnya. Kami optimistis, Business Gathering ini akan memberi dampak positif ekonomi bagi pariwisata Indonesia," kata Ni Wayan Giri Adnyani .
Menurutnya, Busineess Gathering ini turut membahas rencana Korean Air yang akan melakukan penerbangan perdana ke Denpasar dari Incheon pada 14 Juli 2022, dijadwalkan 4 kali seminggu. "Dengan jenis pesawat A333, kapasitas 24 business seats dan 260 economy seats, mulai tanggal 25 Juli 2022 penerbangan Korean Air route Incheon ke Denpasar ini direncanakan menjadi daily," kata Ni Wayan Giri.
Adapun pembahasan juga terkait rencana kolaborasi program pemasaran pariwisata 2023 yang menandai 50 Tahun Hubungan Indonesia-Republik Korea.
Baca Juga: Kemenparekraf Dukung Pemulihan Industri Retail: HIPPINDO Harus Jadi Pemacu dan Pemicu Kemajuan
Sementara itu Plt. Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Kemenparekraf Agustini Rahayu, dalam keterangannya, menyampaikan terkait Indonesia Care dalam bentuk CHSE, yang merupakan upaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan. "Di tengah masa pandemi, Indonesia berhasil naik 12 peringkat menjadi 32 dari 117 negara dalam Travel Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021," kata Agustini.
Selain itu, Agustini menyampaikan bahwa pada tahun 2022 Indonesia menyambut baik penyelenggaraan event bertaraf internasional, seperti menjadi ketua presidensi KTT G20, perhelatan MotoGP, peringatan Hari Pariwisata Dunia, World Creative Economy Conference, juga menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum pada tahun 2023.
"Oleh karena itu, kami harapkan adanya kerja sama dan sinergi serta kolaborasi untuk mendapatkan benefit yang memberikan manfaat kepada kedua belah pihak," kata Agustini.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: