Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Presiden Lakukan Kunjungan ke China, Rocky Gerung Sampaikan Pesan Serius untuk Jokowi: Mereka Melanggar Hak Etnis Muslim Uighur!

        Presiden Lakukan Kunjungan ke China, Rocky Gerung Sampaikan Pesan Serius untuk Jokowi: Mereka Melanggar Hak Etnis Muslim Uighur! Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Terbangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China menjadi salah satu hal yang disoroti oleh publik. Kunjungan Jokowi ke China ini disebut sebagai upaya memperkuat kerja sama ekonomi.

        "Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dikutip dari laman CNNIndonesia Senin (25/7/22).

        Mengenai kepergian Jokowi ke China ini, Pengamat Politik Rocky Gerung ikut angkat suara.

        Lewat video di akun YouTube miliknya yang dipandu oleh Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Rocky menganggap bahwa selama ini investasi China di Indoensia cenderung melahirkan masalah karena beberapa sebab salah satunya China yang diduga kuat melakukan pelanggaran HAM terhadap muslim Uighur.

        “Kita tetap ingin melihat apa sebetulnya pentingnya China di Indonesia sementara cakupan masalah kita itu bukan hanya dengan China. Ya memang investasi di Indonesia selalu bermasalah karena diproduksi oleh sebuah negara yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM),” jelas Rocky melalui akun Youtube miliknya, dikutip Senin (25/7/22).

        Baca Juga: Jangan Harap Habib Rizieq Berubah Setelah Dapat Hukuman Penjara! Rocky Gerung Beber Kemampuan Habib Rizieq yang "Dikhawatirkan" Penguasa

        Untuk itu, Rocky berharap Jokowi bisa melihat berkaitan dengan relasi politik global.

        Bahkan Rocky menyebut kemungkinan China akan dikucilkan oleh negara lain yang juga dikahwatirkan akan berdampak pada Indonesia.

        “Lebih penting sebenarnya melihat relasi politik karena dunia sekarang berurusan dengan relasi politk, China mungkin akan dikucilkan dalam waktu dekat. Kita ingin Pak Jokowi mnegerti bahwa China itu melanggar hak-hak muslim Uighur. China juga bermasalah dengan India jadi semua hal yang didulukan supaya kita bisa baca peta global lebih baik tapi langsung berita hari ini Jokowi akan pergi ke China dan itu artinya sinyal yang agak aneh bagi Amerika padahal mereka baru mengirim pasukannya untuk latihan bersama,” jelas Rocky.

        Melanjutkan analisisnya, Rocky juga menduga Presiden Jokowi tidak memiliki penasehat sehingga beranggapan bahwa “Pergi ke China atau Kita Bangkrut”.

        Baca Juga: Komentari "Misteri Berdarah" di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Rocky Gerung Nggak Main-main Sampai Bawa-bawa Sherlock Holmes, Simak!

        Padahal menurut Rocky, dengan skema yang selama ini China lakukan, China sendiri sebenarnya sedang “membangkrutkan” negara lain.

        “Padahal China lagi membangkrutkan banyak negara, kan itu paradoxnya,” ungkap Rocky.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: