Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tingkatkan Kualitas SDM, Kementerian ESDM Lakukan Langkah Ini

        Tingkatkan Kualitas SDM, Kementerian ESDM Lakukan Langkah Ini Kredit Foto: Kementerian ESDM
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memerintahkan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian ESDM agar dapat memahami dan menerapkan tujuh nilai dasar core values Ber-AKHLAK dan employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) Bangga Melayani Bangsa.

        Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syaharial mengungkapkan tujuh nilai dasar tersebut meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Komitmen Core Values BerAKHLAK telah dilaksanakan sehingga mendorong kualitas dan percepatan pelayanan Kementerian ESDM

        "Segeralah sesuaikan perilaku kita dengan Core Values Ber-AKHLAK. Lakukan Sosialisasi, Internalisasi, Adaptasi, dan Performansi atau SIAP berkelanjutan," ujar Ego dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (26/7/2022).

        Baca Juga: Kementerian ESDM Ungkap Kerugian Perusahaan Tambang Timah, Ini Penyebabnya

        Ego menjelaskan, Core Values ber-AKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa telah dicanangkan oleh Presiden RI sejak tanggal 27 Juli 2021. Nilai-nilai tersebut berlaku bagi seluruh ASN di kementerian/lembaga dan daerah.

        Untuk menumbuhkan ber-AKHLAK menjadi pondasi yang kuat dan membudaya di lingkungan kerja. Kementerian ESDM telah menyelesaikan penyusunan Buku Budaya Kerja KESDM, sebagai panduan mengembangkan core values ber-AKHLAK sebagai budaya kerja.

        "Contoh perilaku sudah disusun pada Buku Budaya Kerja, segera kita semua sesuaikan perilaku kita dengan butir-butir contoh perilaku ber-AKHLAK," jelasnya.

        Menurut Ego, dalam melaksanakan dua pilar tersebut, cara berpikir yang harus dilakukan seluruh pegawai Kementerian ESDM adalah bagaimana dapat melakukan kinerja dengan baik dan belajar dengan keras untuk meningkatkan kapasitasnya. 

        "Ke depan, akan sangat berpengaruh pada karier dan tunjangan kita. Saat dilakukan penilaian kinerja, usahakan perilaku kita sesuai dengan core values ber-AKHLAK," ungkapnya.

        Pembenahan internal organisasi menjadi salah satu fokus yang tengah digarap Kementerian ESDM. Penyederhanaan birokrasi, transformasi kelembagaan, dan perbaikan kualitas manajemen kinerja terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan dan sasaran strategis dengan berorientasi hasil (outcome) dan terdapat penjenjangan kinerja (cascading). 

        "Ini dapat dibuktikan dengan Nilai SAKIP terus membaik dari tahun ke tahun," ujarnya.

        Selain itu, Ego menekankan upaya penataan sistem kerja di Kementerian ESDM menghasilkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan kategori baik (2,99) dari maksimal 5,00, indeks Arsip Kementerian ESDM dengan kategori sangat memuaskan (93,23), penggunaan aplikasi pegawai, pelatihan online, persuratan dinas dan perjalanan dinas yang terintegrasi, dan penggunaan aplikasi perizinan online ESDM yang telah terintegrasi dengan data SDA, operasional, produksi, pemasaran/penjualan setiap jenis energi dan mineral.

        Di samping itu, transformasi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian ESDM juga terbukti memberikan hasil positif dengan memperoleh beberapa penghargaan, antara lain BKN award selama empat tahun berturut-turut, menerima anugerah Meritokrasi dengan kategori sangat baik, dan menerima penilaian LHKPN dan e-LHKPN terbaik.

        "Raihan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada para pengelola kepegawaian unit untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian lebih baik lagi," ujar Ego.

        Proses panjang dari tata kelola ini juga menghasilkan penyederhanaan deregulasi, dari 186 menjadi hanya 96 regulasi, perolehan WTP 6 kali berturut-turut hasil tata kelola keuangan dan barang milik negara (BMN). "Bidang komunikasi kita menjadi kementerien terpopuler di medsos dan yang terbaik dalam pengelolaan humas," Ego menambahkan.

        Di akhir sambutan, Ego berpesan agar seluruh pegawai melakukan kolaborasi bersama untuk mengimplementasikan core values BerAKHLAK sebagai budaya kerja baru. "Ayo bersama-sama menjadi change leader dengan tidak hanya menjadi role model, tapi harus menjadi guardian core values ber-AKHLAK," ungkapnya.

        Sebagai informasi, penandatanganan komitmen dan deklarasi Core Values ber-AKHLAK dihadiri sekitar 700 pegawai dan seluruh pimpinan di lingkungan biro/pusat Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM beserta pimpinan perwakilan unit kerja.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: