Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kapal Induk India INS Vikrant Bisa Angkut Lebih dari 30 Jet Tempur, China Ketar-Ketir

        Kapal Induk India INS Vikrant Bisa Angkut Lebih dari 30 Jet Tempur, China Ketar-Ketir Kredit Foto: Wikimedia Commons/Ministry of Defence India
        Warta Ekonomi, New Delhi -

        Angkatan Laut India menerima kapal induk Indigenous Aircraft Carrier (IAC) Vikrant dari Cochin Shipyard Limited (CSL). Kapal dirancang oleh Direktorat Desain Angkatan Laut (DND) Angkatan Laut India.

        Kapal induk Vikrant berukuran sepanjang 262 meter memiliki perpindahan penuh hampir 45.000 ton yang jauh lebih besar dan lebih maju dari pendahulunya. Kapal ini ditenagai oleh empat Turbin Gas dengan total daya 88 MW dan memiliki kecepatan maksimum 28 Knot.

        Baca Juga: Kehadiran Kapal Induk Buatan Dalam Negeri Pertama India Sukses Bikin Pengamat China Berkomentar karena...

        Dibangun dengan biaya keseluruhan mendekati Rs20.000 Crs, proyek telah berkembang dalam tiga Fase kontrak antara Kementerian Pertahanan dan CSL, masing-masing diselesaikan pada Mei 2007, Desember 2014, dan Oktober 2019.

        Lunas kapal diletakkan pada Februari 2009, diikuti dengan peluncuran pada Agustus 2013. Dengan kandungan asli keseluruhan 76%, IAC adalah contoh sempurna dari pencarian bangsa untuk "Aatma Nirbhar Bharat" dan memberikan dorongan untuk Pemerintah 'Make in India' inisiatif.

        Dengan pengiriman Indigenous Aircraft Carrier Vikrant, India telah bergabung dengan sekelompok negara terpilih yang memiliki kemampuan khusus untuk merancang dan membangun sebuah Aircraft Carrier secara lokal.

        Vikrant telah dibangun dengan otomatisasi tingkat tinggi untuk operasi mesin, navigasi kapal, dan kemampuan bertahan, dan telah dirancang untuk mengakomodasi berbagai macam pesawat sayap tetap dan putar.

        Kapal akan mampu mengoperasikan sayap udara yang terdiri dari 30 pesawat yang terdiri dari jet tempur MIG-29K, helikopter multi-peran Kamov-31, MH-60R, di samping Advanced Light Helicopters (ALH) dan Light Combat Aircraft yang diproduksi dalam negeri (LCA) (Angkatan Laut).

        Menggunakan mode operasi pesawat baru yang dikenal sebagai STOBAR (Short Take-Off tapi Arrested Landing), IAC dilengkapi dengan ski-jump untuk meluncurkan pesawat, dan satu set 'arrester wires' untuk pemulihan mereka di atas kapal.

        Kapal tersebut memiliki sejumlah besar peralatan dan mesin asli, yang melibatkan rumah-rumah industri besar di negara tersebut yaitu. BEL, BHEL, GRSE, Keltron, Kirloskar, Larsen & Toubro, Wartsila India dll serta lebih dari 100 UMKM. Upaya pribumisasi juga telah mengarah pada pengembangan industri pendukung, selain penciptaan lapangan kerja dan memperkuat efek bajak pada ekonomi, baik lokal maupun pan-India.

        Sebuah spin-off utama dari ini adalah pengembangan dan produksi baja kelas kapal perang asli untuk kapal melalui kemitraan antara Angkatan Laut, DRDO, dan Steel Authority of India (SAIL), yang telah memungkinkan negara untuk menjadi mandiri dengan menghormati baja kapal perang. Saat ini semua kapal perang yang sedang dibangun di negara ini diproduksi menggunakan baja asli.

        Beberapa iterasi desain, termasuk penggunaan model Realitas Virtual 3D dan perangkat lunak rekayasa canggih, digunakan oleh Direktorat Desain Angkatan Laut dalam membentuk desain kapal induk. CSL juga telah meningkatkan infrastruktur pembuatan kapalnya serta meningkatkan keterampilan produktivitas selama pembangunan kapal.

        Penyerahan Vikrant ditandai dengan penandatanganan dokumen penerimaan atas nama Angkatan Laut India oleh Commanding Officer Designate of Vikrant, perwakilan dari Naval Headquarters and Warship Overseeing Team (Kochi), dan oleh Chairman dan Managing Director atas nama Cochin Shipyard Ltd, di hadapan Perwira Senior Angkatan Laut India dan Galangan Kapal Cochin.

        Vikrant telah dikirim ke Angkatan Laut India oleh CSL setelah uji coba penerimaan pengguna ekstensif yang dilakukan antara Agustus 2021 dan Juli 2022, di mana kinerja kapal, termasuk lambung, propulsi utama, PGD, peralatan tambahan, fasilitas penerbangan, senjata & sensor serta pemeliharaan laut & kemampuan manuver terbukti memuaskan sesuai dengan protokol percobaan dan parameter sistem.

        Pengiriman Vikrant hari ini adalah puncak dari fase desain, pembuatan, dan uji coba yang panjang, di mana Angkatan Laut India dan CSL harus mengatasi banyak tantangan teknis dan logistik yang belum pernah terjadi sebelumnya termasuk pandemi COVID-19 dan skenario geo-politik yang berubah.

        Keberhasilan pengiriman kapal induk asli, aktivitas tonggak utama, dan peristiwa bersejarah, adalah kesaksian atas upaya berdedikasi dari sejumlah besar pemangku kepentingan di Angkatan Laut India, galangan kapal, industri, OEM & UMKM selama lebih dari dua dekade.

        Indigenous Aircraft Carrier akan segera ditugaskan ke Angkatan Laut India sebagai Indian Naval Ship (INS) Vikrant yang akan meningkatkan posisi India di Indian Ocean Region (IOR) dan pencariannya untuk Angkatan Laut air biru.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: