Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kementrian Pertanian Siap Produksi Bibit Kopi 3 Juta Ton

        Kementrian Pertanian Siap Produksi Bibit Kopi 3 Juta Ton Kredit Foto: Antara/Syifa Yulinnas
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitan dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) siap memproduksi bibit kopi sebanyak tiga juta pohon untuk disebar pada awal Desember 2022.

        Inovasi bibit yang dihasilkan dapat dikembangkan di berbagai daerah sehingga Indonesia yang saat ini menduduki posisi ketiga produksi kopi, ke depannya dengan cepat menduduki posisi pertama di dunia.

        Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry, mengatakan pihaknya melalui Badan Penelitian Tanaman Industri (Balitri) Sukabumi, Jawa Barat, memiliki kapasitas produksi bibit kopi sebanyak empat juta pohon dan saat ini memiliki bibit kopi yang siap disalurkan sebanyak 130 ribu bibit kopi arabika dan 80 ribu bibit kopi robusta.

        “Alhamdulilllah, tahun ini, arahan Pak Menteri (Mentan) untuk menyiapkan bibit kopi tiga juta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan dan kami siap menyiapkan dan menyaluarkan di awal Desember 2022. Kita juga telah menghasilkan bibit kakao yang potensi hasilnya 3,7 ton yang sudah tersebar di beberapa daerah,” ujar Fadjry, di Jakarta, kemarin.

        Tahun depan, kata dia, seluruh balai yang ada di daerah menghasilkan benih berstandar tersertifikasi sehingga biaya pengiriman jauh lebih murah. “Kita akan membangun kebun induk untuk menghasil benih sumber di setiap provinsi,” tambah Fadjry.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Boyke P. Siregar

        Bagikan Artikel: