Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Business Matching di DPSP Labuan Bajo Sukses Capai Transaksi Rp2,5 miliar

        Business Matching di DPSP Labuan Bajo Sukses Capai Transaksi Rp2,5 miliar Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka peluang potensi pasar yang besar melalui kegiatan business matching rantai pasok pelaku UMKM ekonomi kreatif dan industri pariwisata dalam Integrated Industry and Investment (3i) di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

        DPSP tersebut yang dinilai sukses dengan meraih potensi transaksi sebesar Rp2,5 Miliar. Di kedua DPSP sebelumnya telah terealisasi transaksi sebesar Rp2,2 miliar untuk Mandalika dan sebesar Rp2,89 miliar di Borobudur, dan hingga saat ini permintaan terus bertambah seiring dengan adanya purchase order baru produk UMKM  dari beberapa hotel. 

        Baca Juga: Pemerintah Menyesuaikan Harga BBM, Pertamina Tetap Data Penerima Subsidi

        Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung mengatakan, meski UMKM mengalami keterpurukkan akibat dari pandemi Covid-19, tetapi, dengan memanfaatkan peluang yang ada serta terus melakukan inovasi, UMKM kembali bisa bangkit. Saat ini Kemenparekraf mengoptimalkan program bagi UMKM melalui kegiatan Integrated, Industry dan Investment (3i). 

        “Kami akan terus menerus melakukan inovasi, khususnya bagi para pelaku ekonomi kreatif dan memberikan dukungan dari berbagai aspek agar bisa pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," ujar Hengky dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (11/9/2022). 

        Sementara itu, Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menyampaikan mengenai program – program unggulan yang dimiliki oleh Pertamina, yang tentunya memberikan banyak keuntungan kepada para mitra binaan, program tersebut yakni, Catalog SME 1000, UMK Academy, PADi (Pasar Digital) , Pertamina SMEXPO, serta Pameran yang dilakukan di dalam maupun luar negeri. 

        Rudi menilai semua program tersebut bertujuan untuk memajukan UMKM agar dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa di terima oleh pasar. 

        “UMKM harus dapat memanfaatkan momentum yang sangat bagus seperti ini untuk dapat menawarkan dan menyampaikan secara detail kelebihan dari produk yang dihasilkan kepada para potential buyer agar terjadi transaksi yang baik. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pelaku industri perhotelan yang telah membuka pintu peluang kepada UMKM memasok produknya untuk dikonsumsi atau diperjualbelikan kembali di hotel," ujarnya.

        Dalam rangkaian kegiatan Business Matching, para pelaku UMKM sebelumnya telah mendapatkan pembekalan  pelatihan, berupa public speaking, coaching  dan mentoring serta teknik negosiasi, agar ketika berhadapan langsung dengan para potential buyer dapat mempresentasikan produknya dengan baik.  

        Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Harvard Business Review, 79% pelanggan mengatakan pertemuan tatap muka adalah cara paling efektif untuk menjual produk ke klien baru, dan 89% setuju bahwa deal business membutuhkan pertemuan tatap muka. 

        Salah satu Mitra Binaan yang hadir dalam acara temu bisnis ini adalah EXO Coffe, produk yang di tawarkan berupa kopi dengan jenis Robusta dan Juria. Bastian, yang merupakan pemilik EXO Coffe merasa sangat antusias untuk mengikuti Business Matching ini karena bisa langsung menawarkan produknya kepada potential buyer. 

        Baca Juga: Pertamina Bantu 455 UMKM Binaan Go Global, Ini Strateginya!

        “Saya senang sekali booth saya dapat kunjungan pertama dari Pertamina, di tambah lagi sudah ada beberapa hotel yang  menawarkan kerja sama, tinggal kami follow up untuk proses pembelian," ujarnya.  

        Vice President CSR & SMEPP Management, Fajriyah Usman memastikan para UMKM mitra binaan di Labuan Bajo mampu menyuguhkan produk-produk unggulan yang kreatif dan berkualitas tinggi. 

        “Saya optimis, bahwa produk yang dihasilkan oleh mitra binaan mampu bersaing, terbukti potensi transaksi dalam business matching kali ini mencapai Rp2,5 miliar. Belajar dari penyelenggaraan sebelumnya, komitmen ini difollow up oleh kedua belah pihak sampai sukses menjadi transaksi riil," ujarnya. 

        Dengan berakhirnya Business Matching hari ini, di harapkan akan membuka peluang kerja sama lainnya. Kepercayaan yang di berikan oleh para potential buyer kepada produk lokal untuk memenuhi kebutuhan usahanya, sekaligus turut membantu mengampanyekan kecintaan terhadap produk karya anak bangsa. 

        Pertamina terus melakukan pendampingan kepada UMKM, melalui Pembinaan dan Pelatihan, serta melibatkan mitra binaan dalam agenda pameran. 

        "Semoga kegiatan Business Matching dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Labuan Bajo dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya.  

        Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen ESG Pertamina terutama aspek Sosial melalui kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil. Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, Pertamina sebagai salah satu BUMN strategis milik Indonesia, berkomitmen kuat untuk mendukung kebangkitan usaha mikro, kecil dan menengah dengan spirit "Energizing You dan Energizing Indonesia.

         Energi yang menjadi bahan bakar, energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, dan energi yang mampu menggerakkan roda perekonomian

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: