Demi Ambisi Jadi LVMH China, Miliarder Ini Justru Hidup Terlilit Utang, Sekarang Nasibnya...
Enam tahun lalu, pembuat tekstil yang kurang dikenal bernama Shandong Ruyi Group memulai akuisisi besar-besaran atas ambisi untuk menjadi LVMH dari China.
Berbasis di kota kelahiran Confucius, sang Ketua Qiu Yafu menghabiskan lebih dari USD3 miliar (Rp44,9 triliun) untuk membeli aset dari jalan raya Paris hingga jantung kota London untuk menjahit di Savile Row.
Qiu membeli merek fesyen Prancis Sandro dan Maje, serta pembuat trenchcoat warisan Inggris Aquascutum dan pembuat kain elastis Lycra. Impian besar itu telah terurai, dan Ruyi berada di tengah kekacauan yang melibatkan beberapa lembaga keuangan terbesar di dunia.
Baca Juga: Hati-hati, China Tidak Main-main dengan Media di Indonesia, Siaran Radio Ini Buktinya
Mengutip Yahoo Finance di Jakarta, Selasa (20/9/22) Ruyi sekarang kehilangan kendali atas bisnis utama dan terkunci dalam perselisihan dengan kreditur termasuk Carlyle Group Inc.
Pada bulan Juni, pemberi pinjaman mengambil alih Wilmington, Lycra Co. yang berbasis di Delaware, produsen spandeks yang dibeli Ruyi dari miliarder Koch bersaudara. Bulan berikutnya, likuidator untuk lengan lain dari Ruyi mulai mengundang tawaran untuk Gieves & Hawkes, penjahit dipesan lebih dahulu yang mendandani setiap raja Inggris sejak George III. Keputusan pengadilan dalam beberapa bulan mendatang bisa memutuskan nasib aset lainnya.
Kebangkitan Ruyi terjadi di tengah gelombang kesepakatan keluar senilai USD400 miliar (Rp5.992 triliun) dari China saat pemerintah berusaha membangun juara global. Pihak berwenang mendorong produsen tradisional untuk meningkatkan rantai nilai dan membantu membangun ekonomi yang didorong oleh konsumsi.
Ruyi sekarang mencoba melepas aset di pasar yang sulit, bergabung dengan konglomerat China seperti HNA Group Co. dan Anbang Insurance Group Co. yang telah membalikkan kesepakatan global mereka.
Qiu merupakan seorang mantan pekerja pabrik yang hari ini berusia 64 tahun. Ia telah bersembunyi di kamar hotel Hong Kong selama beberapa bulan terakhir untuk bernegosiasi dengan kreditur. Dia mencoba mempertahankan bagian dari kerajaan internasionalnya, yang juga mencakup label Cerruti 1881 yang terinspirasi Italia dan pengecer pakaian pria Inggris Kent & Curwen.
Seorang perwakilan Ruyi mengatakan bahwa perusahaan yang diakuisisi adalah investasi strategis dan bekerja keras untuk meningkatkan kinerja mereka, dengan menggunakan tim lokal untuk mengelola operasi di luar negeri.
“Sangat disayangkan bahwa pandemi Covid-19, ditambah dengan ketegangan Tiongkok-AS dan lingkungan kredit yang lebih ketat, telah memukul kami dengan buruk,” kata perwakilan Ruyi.
Pada awalnya, strategi Ruyi tampak seperti pemenang yang pasti. Pembeli China yang semakin kaya berbondong-bondong ke barang-barang mewah Eropa. Oleh karena itu, Ruyi mencaplok merek asing yang telah mengabaikan pasar China. Setelah membeli saham mayoritas di grup mode Prancis SMCP SA dari KKR & Co. pada tahun 2016, Ruyi membantunya membangun jaringan lebih dari 100 toko di mal gemerlap di kota-kota yang sedang booming seperti Shanghai dan Beijing.
Sebuah kesuksesan memberi Ruyi kepercayaan diri untuk melakukan lebih banyak akuisisi. Qiu menjadi suka mengutip pepatah tentang "berlayar dengan angin" yang diyakini sebagai referensi untuk memanfaatkan sepenuhnya lingkungan kesepakatan yang menguntungkan.
Ruyi memanfaatkan pembiayaan berlimpah dari bank termasuk JPMorgan Chase & Co. dan Barclays Plc untuk membuat akuisisi yang memberinya ribuan karyawan baru di Amerika Utara dan Eropa serta fasilitas canggih yang menghasilkan produk seperti isolasi Thermolite. Ia bahkan membawa salah satu bankir investasi favoritnya saat menggenjot perburuan target.
Pada tahun 2018, Qiu secara terbuka menyatakan tujuannya untuk mengubah Ruyi menjadi LVMH China, dan perusahaan tersebut mulai dianggap sebagai pembeli potensial setiap kali bisnis konsumen Barat ditutup.
Seorang investor yang mengunjungi kantor pusat perusahaan selama periode itu ingat terkesan dengan dekorasi kelas atas. Para eksekutif menjadi ekspansif tentang rencana internasional mereka. Tapi ambisi itu tidak cukup untuk menghidupkan kembali merek yang bintangnya sudah mulai memudar.
Ruyi mengalami kesulitan menghidupkan kembali Gieves & Hawkes, yang sudah berjuang dari kenaikan biaya dan pasar yang stagnan. Serta membalikkan label seperti Aquascutum yang memuncak bertahun-tahun lalu sehingga membutuhkan rencana yang baik ditambah dengan banyak uang dan kesabaran, katanya.
Ruyi sekarang fokus pada deleveraging (mengurangi aset) daripada ekspansi, kata perwakilan perusahaan. Dana internasional masuk untuk membeli aset berharganya.
“Perusahaan-perusahaan China ingin tumbuh terlalu cepat, terlalu cepat,” kata Naaguesh Appadu, seorang peneliti di Bayes Business School City University of London yang mempelajari pembuatan kesepakatan lintas batas. “Beberapa dari mereka memulai dengan cukup leverage dan karena mereka terus menambah lebih banyak utang, itu menjadi tidak berkelanjutan untuk melanjutkan.”
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: